Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli di E-Commerce Tokopedia di Tangerang Selatan

Authors

  • Wawan Supriyatna Universitas Pamulang
  • Zakaria Zakaria Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.38823

Keywords:

Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahaan, Persepsi Manfaat, Minat Beli

Abstract

Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi risiko, persepsi kemudahaan dan persepsi manfaat terhadap minat beli di E-Commerce Tokopedia. Metode yang digunakan dengan metode kuantitatif.

Metode. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kasualitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Tokopedia di Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pegumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistic dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software PLS 3.0.

Hasil. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan Persepsi Risiko terhadap Minat Beli. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Kemudahaan terhadap Minat Beli. Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli.

Implikasi. Website Tokopedia harus mempertahankan dan meningkatkan keyakinan akan jaminan keamanan bagi konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen telah merasakan adanya privasi dalam pengelolaan data pribadi konsumen dalam bertransaksi.

References

Ahdiat, A. (2022). 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal II 2022. Diakses di https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-ii-2022#:~:text=Tokopedia%20masih%20memimpin%20pasar%20e,2022%2C%20tertinggi%20dibanding%20para%20pesaingnya. Pada tanggal 02 Oktober 2023.

Ahmada, S.N.B., Shaarib, A., Hussinc, H., Tajudind. M.H., & Hansaram, S.K. (2019). Influence of Perceived Risk on Consumer Attitude and Repurchase Intention among Gen Y Online Shoppers in Malaysian. International Journal of Innovation, Creativity and Change. 6(4).

Basyar, K., & Sanaji, S. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 204–217.

Bhatti, A., & Ur Rahman, S. (2019). Perceived benefits and perceived risks effect on online shopping behavior with the mediating role of consumer purchase intention in Pakistan. International Journal of Management Studies, 26(1), 33-54.

Brüseke, L. (2016). The influence of privacy perceptions on online shopping behavior: A comparison between millennials and baby boomers. University of Twente

Chen, C.-C., Hsiao, K.-L., & Wu, S.-J. (2018), Purchase intention in social commerce: An empirical examination of perceived value and social awareness, Library Hi Tech, 36(4). pp. 583-604.

Cho, Y. (2015). Exploring Factors That Affect Usefulness, Ease Of Use, Trust, And Purchase Intention In The Online Environment. International Journal of Management & Information Systems. 19(1).

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STEI. 3(2).

Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 239-250.

Farivar, S., O. Turel, & Y. Yuan. (2017). A trust-risk perspective on social commerce use: An examination of the biasing role of habit. Internet Research 27 (3):586–607.

Fauzi, R.U.A. (2021). Does Trust Mediation Benefits and Risk Consumer Perceptions Increase E-Commerce Buying Intention. Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science. 1(1).

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program. AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, M. A., Besra, E., & Verinita. (2022). The Effect of Perceived Risk and Perceived Usefulness on Purchase Intention with Customer Attitude as a Mediation Variable (Survey of Tokopedia Consumers in Padang City). Enrichment : Journal of Management, 12(4), 2918-2930

Hair, J., Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2018). A Primier On Partial Least. Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: SAGE. Publication.

Haryosasongko, F. A. (2015). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Pembelian Online Pada Website Lazada.co.id di Kota Malang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1-6.

Hasan, A. (2018). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps.

Hidajat, K., & Setiawan,R. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, terhadap Keputusan Belanja pada Aplikasi Digital Cumart dengan Kepercayaan Pelanggan sebagai Variabel Moderating. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 25–33.

Hing, W,Y., & Vui, C.N. (2021). Malaysian consumers’ purchase intention towards online seafood shopping amid pandemic: The moderating role of the Covid-19 risk perception. International Journal of Business, Marketing and Communication. 1(3).

Hongjoyo, R.L.Y., Mangantar, M., & Arie, F.V. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Resiko, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Shopee. Jurnal EMBA. 10(1) Hal. 548-556

Hsu, M.H., Chuang, L.W., & Hsu, C.S. (2014). Understanding online shopping intention: the roles of four types of trust and their antecedents. Internet Research, 24(3), 332–352.

Humaidi., Utomo, S., & Lestari, D. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa FISIP ULM Di Kota Banjarmasin). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 11(1).

Iqbal, M. K., Amer, S., Raza, A., Mushtaq, H., & Faraz, N. A. (2018). An Empirical Study on the Effect of Perceived Usefulness and Ease of Use on Purchase Intention Throught Mobile Device in Pakistan: A Mediating Role of Online Trust. Europe Journal of Business and Management, 10.

Isma, Hudayah, & Indriastuti (2021). The Influence of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, And Perceived Risk on Purchase Interestand Use Behavior through Bukalapak Application in Samarinda. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR).5(3).

Istiqomah, L., & Usman. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kepercayaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi terhadap Mahasiswa pengguna Platform Pasar Online). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 76–88.

Jogiyanto. (2016). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi. Kesepuluh. Yogyakarta: BPFE.

Kian, T. P., Boon, G. H., Fong, S. W. L., & Ai, Y. J. (2017). Factors that influence the consumer purchase intention in social media websites. International Journal of Supply Chain Management.

Kotler, P & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid. 2. Jakarta: PT Indeks.

Le, H. B. H., Ngo, C. T., Trinh, T. T. H., & Nguyen, T. T. P. (2020). Factor Affecting Customers’ Decision to Use Mobile Banking Service: A Case of Thanh Hoa Province, Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2), 205-212.

Lora, S.E., Hidayati, T., & Asnawati (2021). Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness tehadap repurchase intention yang dimediasi oleh customer trust. Kinerja. 18(2).

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Masoud, E.Y. (2018). The Effect of Perceived Risk on Online Shopping in Jordan. European Journal of Business and Management, 5(6).

Mentari, N. W. (2019). Influence Factor of Consumers Interest on Using E-Money. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3 (2), 176-186.

Moslehpour, M., Pham, V., Wong, W.-K., & Bilgiçli, İ. (2018). e-Purchase Intention of Taiwanese Consumers: Sustainable Mediation of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use. Sustainability, 10(1), 234-244

Muftiasa, A., Sugesko, Sultan, M.A., & Hurriyati, R. (2021). The Integration of Perceived Usefulness, Ease of Use and Perceived Risk in Increasing Customer Usage Intention to Access E-channel during Covid-19: Evidence from Indonesia. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 657.

Mulyani, V.G., Najib, M.F., & Guteres, A.D. (2021). The Effect of Perceived Usefulness, Trust and Visual Information on Attitude and Purchase Intention of Instagram Food Blogger. Journal of Marketing Innovation 1(1) 78-93.

Nancy, L., & Sitorus, G. (2016) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Eceran (Retail Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Swalayan Lotte Mart Gandaria City). [Teaching Resource]

Nguyen, O. T. (2020). Factors Affecting the Intention to Use Digital Banking in Vietnam. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(3), 303-310.

Novindra, N. P.B., & Rasmini, N.K. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Computer Self Efficacy Pada Minat Penggunaan E-SPT. E-Jurnal Akuntansi, 19(2), 1116-1143.

Nugraha, U., & Lukitaningsih. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan Subjective Norm Terhadap Purchase Intention Melalui Attitude Pengguna OLX. Jurnal Bingkai Ekonomi. 6(2).

Nugroho, J.M. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontempporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada media Group.

Nurhalim, A. D. (2021). Analisis Pergeseran Perilaku Konsumen Dalam Niat Beli Di Sektor Otomotif E-Commerce Indonesia. Jurnal Bina Manajemen, 9(2), 113-125.

Nurmalia, V.D., & Wijayanti, L.E. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Secara Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 13(1).

Nursea, D., & Islamuddin, I. (2022). Pengaruh Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Niat Pembelian secara Online pada Konsumen di Kota Bengkulu. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 18 - 30.

Phongsatha, T., & Jirawoottirote. V. (2018). Factors Influencing Online Purchase Intention. AU-eJournal of Interdisciplinary Research. 3(2) 249-258.

Pramudana, K.A.S., & Santika, I.W. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Harga dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.7(10).

Priansa, D.J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu (pada era media sosial). Bandung: CV Pustaka Setia.

Purwaningdyah, S. W., Haerunnisa, N., Hairunnisa, S, Wardhani, N, Larasati, C, Siahaan, Y., & Sinaga, O. (2021) The Influence of Perceived Usefullnes, Perceived Ease of Use, Perceived Risk in the Shopee Application on Consumer Decisions in Online Shopping During the Covid-19 Pandemic. Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(5), 65-72.

Rahmadi, H., & Malik, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.Com Di Jakarta Pusat. Reformasi Administrasi Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani. 3(1).

Ratnadi, N.M.D., & Widanaputra, A.G.P. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Norma Subyektif pada Minat Berperilaku Penggunaan E-Billing. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. 14(2).

Rehman, S., Bhatti, A., Mohamed, R., & Ayoup, H. (2019). The moderating role of trust and commitment between consumer purchase intention and online shopping behavior in the context of Pakistan. J Glob Entrepr Res 9, 43.

Rodiah, S., & Melati, S. I. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66–80.

Rumondang, A. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Medan: Yayasan Kita Menulis

Salsabila, H.Z., Susanto, & Hutami, L.T.H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. 9(1).

Sari, H.C. (2022). The Impact of Perceived Risk, Perceived Benefit, and Trust on Customer Intention To Use Tokopedia Apps. Jurnal Bisnis Strategi. 31(2)

Setiawan, F. R. (2020). Analysis of Factors Affecting the Interest of People to Use DANA Application Using Principal Component Analysis Method (PCA). International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 5 (1), 226-232.

Setyo, H, B & Ramadhan, M. (2019). The Effect of Usefulness, Ease of Use, Credibility, Social Environment and Supporting Facilities on Millennial Generation Interest Using E-Money. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol (377), 57-60.

Sitompul, Y., & Siharis, A. (2022). Pengaruh Wom, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Belanja Konsumen Pada Bukalapak. Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2), 38 - 46.

Sitorus, S. D., & Mawardi, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Online (Studi pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Jual Beli Online Carousell). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 73 (1), 144.

Soleimani, M., H. Danaei, A. Jowkar, & M. M. Parhizgar. (2017). Factors affecting purchase intention and social media publicity of green products: The mediating role of concern for consequences. Corporate Social Responsibility and Environmental Management. 25 (3):225–367.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51.

Solihin, D. (2022). Service Pemasaran. Jakarta: CV. AA RIZKY.

Sopiah. (2018). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Subagio, H., & Jesica, J. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Subjective Norm, Dan Customer Experience Terhadap Intention To Use Mytelkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya). Jurnal Strategi Pemasaran 7(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suleman, D., Ali, H., Nusraningrum, D., & Ali, M. M. (2019). Perceived Ease of Use, Trust and Risk toward Attitude and Intention in Shopping for Online Fashion Products In Indonesia. Archives of Business Research, 7(4), 240–253.

Sundararaj, V., & Rejeesh, M. (2021). A detailed behavioral analysis on consumer and customer changing behavior with respect to social networking sites. Journal of Retailing and Consumer Services, 58, 102-190.

Tjiptono, F. (2018). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tseng, W.-Y., Chiu, W., & Leng, HK (2020). A comparative study of consumers' intention to purchase counterfeit outdoor products in Taiwan and Hong Kong. Journal of Asian Business and Economic Studies.

Ulansari, L.P.U., & Yudantara, I.G.A.P. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Norma Subjektif terhadap MInat Menggunakan Sistem Informasi Pembayaran Elektronik (E-Payment). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. 11(2).

Umaningsih, W. P., & Wardani, D.K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. JAE (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 5(3), 113-119.

Utami, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 79-93.

Ventre, I., & Kolbe, D. (2020).The Impact of Perceived Usefulness of Online Reviews, Trust and Perceived Risk on Online Purchase Intention in Emerging Markets: A Mexican Perspective. Journal of International Consumer Marketing, 32(4).

Wai, K., Dastane, O., Johari, Z., & Ismail, N. B. (2020) Perceived Risk Factors Affecting Consumers’ Online Shopping Behaviour. The Journal of Asian Finance, Economics and Business. 6(4) pp.246-260.

Wardani, Primastiwi, & Hermalia (2020). Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan pada Minat Membayar PBB Menggunakan Go-Pay dengan Sikap Penggunaan sebagai Variabel Intervening. EXERO Journal of Research in Business and Economics. 3(1).

Widhiaswara, I. A., & Soesanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Gofood di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(2), 114-125.

Yani, A.S., & Rani (2022). Effect of Marketing Mix and E-Wom on Consumer Purchase Decisions by Moderating Buying Interest during the Covid'19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). 5(2).

Yogananda, A. S., & Dirgantara, M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1-7

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Supriyatna, W., & Zakaria, Z. (2024). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli di E-Commerce Tokopedia di Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 4(2), 495–508. https://doi.org/10.32493/jaras.v4i2.38823

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.