Pelatihan Pembuatan Grafik Fungsi Linear dan Nonlinear dengan Mathway Pada Siswa SMK PGRI 39 Jakarta

Authors

  • Magfiroh Yanuarti Universitas Pamulang
  • Endah Asmarawati Universitas Pamulang
  • Aidil Putra Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36563

Keywords:

Pelatihan, Mathway, Fungsi Linear dan Nonlinear

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa sosialisasi dan penyuluhan yang meliputi suatu tindakan, proses, hasil, atau pernyataan yang lebih baik. Dalam hal ini menunjukkan adanya kemajuan, peningkatan pertumbuhan, evolusi atas berbagai kemungkinan, berkembang atau peningkatan atas sesuatu. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah (1) Memberikan pengetahuan kepada siswa tentang materi fungsi linear dan nonlinear; (2) Mengidentifikasi perbedaan anatara fungsi linear dan nonlinear untuk diterapkan dalam membuat grafik dengan mathway; (3) Mengidentifikasi        kenda yang dialami siswa dalam membuat grafik fungsi linear dan nonlinear; (4) Menyediakan informasi dan langkah pemecahan masalah bagi siswa mengenai cara mengatasi kesulitan dalam menggambar grafik dengan mathway.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anjani, S., Supriadi, H., & Wardani, E. (2023). Membangun Jiwa Enterpreneur pada Remaja untuk Mengurangi Pengangguran. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 193-198. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33553

Asmarawati, E., Wardani, E., & Aprianda, B. (2023). Peningkatan Omset Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Society 5.0 di UMKM Pamulang Estat. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 187-192. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33552

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistic Education on Symbolizing and Computer

Maritasari, D., Husni, M., Rodiah, H., Ramadhan, A., & Apriana, D. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Android untuk Pembuatan Produk Multimedia Pembelajaran di MA Ridlol Walidain Batu Bangka. DEDIKASI PKM, 4(3), 451-458. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33125

Teguh Triyanto. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tiur Malasari S, dkk. (2023). Aanalisis Kesalahan Mahasiswa Dalam menyelesaikan permaslahan Fungsi non-linear Pada matakuliah Matematika Ekonomi berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Journal Of Social Science Research. Vol.3 No. 2. 7363–7375.

Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Van den Heuvel-Panhuizen. M. (2000). Mathematics Education in the Netherlands: A

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Yanuarti, M., Asmarawati, E., & Putra, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Grafik Fungsi Linear dan Nonlinear dengan Mathway Pada Siswa SMK PGRI 39 Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(4), 318–323. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36563