Pelatihan Pembuatan Grafik Fungsi Linear dan Nonlinear dengan Mathway Pada Siswa SMK PGRI 39 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36563Keywords:
Pelatihan, Mathway, Fungsi Linear dan NonlinearAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa sosialisasi dan penyuluhan yang meliputi suatu tindakan, proses, hasil, atau pernyataan yang lebih baik. Dalam hal ini menunjukkan adanya kemajuan, peningkatan pertumbuhan, evolusi atas berbagai kemungkinan, berkembang atau peningkatan atas sesuatu. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah (1) Memberikan pengetahuan kepada siswa tentang materi fungsi linear dan nonlinear; (2) Mengidentifikasi perbedaan anatara fungsi linear dan nonlinear untuk diterapkan dalam membuat grafik dengan mathway; (3) Mengidentifikasi kenda yang dialami siswa dalam membuat grafik fungsi linear dan nonlinear; (4) Menyediakan informasi dan langkah pemecahan masalah bagi siswa mengenai cara mengatasi kesulitan dalam menggambar grafik dengan mathway.References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Anjani, S., Supriadi, H., & Wardani, E. (2023). Membangun Jiwa Enterpreneur pada Remaja untuk Mengurangi Pengangguran. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 193-198. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33553
Asmarawati, E., Wardani, E., & Aprianda, B. (2023). Peningkatan Omset Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Era Society 5.0 di UMKM Pamulang Estat. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 187-192. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/33552
Bakker, A. (2004). Design Research in Statistic Education on Symbolizing and Computer
Maritasari, D., Husni, M., Rodiah, H., Ramadhan, A., & Apriana, D. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Android untuk Pembuatan Produk Multimedia Pembelajaran di MA Ridlol Walidain Batu Bangka. DEDIKASI PKM, 4(3), 451-458. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33125
Teguh Triyanto. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tiur Malasari S, dkk. (2023). Aanalisis Kesalahan Mahasiswa Dalam menyelesaikan permaslahan Fungsi non-linear Pada matakuliah Matematika Ekonomi berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Journal Of Social Science Research. Vol.3 No. 2. 7363–7375.
Uno, Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Van den Heuvel-Panhuizen. M. (2000). Mathematics Education in the Netherlands: A
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.