PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK MENGENAI MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP TOLERANSI
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v5i1.y2018.p85-96Keywords:
persepsi peserta didik, media sosial, sikap toleransiAbstract
Belakangan ini, media sosial berkembang semakin masif dan digunakan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Kehadirannya, telah mempengaruhi aktivitas, sikap, dan perilaku manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh persepsi peserta didik mengenai media sosial terhadap sikap toleransi dengan studi korelasi di SMA Bakti Idhata Cilandak Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei melalui analisis korelasi yakni melihat variabel-variabel yang akan diteliti. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik mengenai media sosial terhadap sikap toleransi. Maka, dapat diinterpretasikan bahwa perubahan pada sikap toleransi tidak terpengaruh dari persepsi peserta didik mengenai media sosial.
References
Atkinson dkk. (1987). Pengantar Psikolog Jilid II. Batam: Intereks.
Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi, diterjemahkan: Kartini Kartono. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Drever, J. (2010). Kamus Psikologi. Jakarta: Bina Aksara.
Kartono, K. (1984). Psikologi Umum. Bandung: Alumni.
Muhaimin, I. (2008). Psikologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sarlito, S. W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarwono, S. W. (1976). Pengantar Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walgito, B. (1989). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.