Penggunaan Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Dalam Pembentukan Student Well-Being

Authors

  • Patmisari Patmisari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Widanti Permatasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Muhibbin Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v8i2.y2021.p132-142

Keywords:

Pendekatan TPACK, Student Well-being, Pembelajaran

Abstract

Student well-being di Indonesia masih kurang diperhatikan. Adanya berita siswi bunuh diri akibat tugas menumpuk, dan siswa yang depresi dengan alasan yang serupa membuktikan bahwa student well-being diperlukan. Contoh kedua kasus tersebut perlu ditindak lanjut agar tidak menimbulkan lebih banyak korban lagi. Upaya yang perlu dilakukan yaitu mewujudkan student well-being di mulai dengan cara menggunakan pendekatan pembelajaran yang cocok dengan keadaan PJJ saat ini. Pendekatan pembelajaran yang digunkan yaitu TPACK. Studi ini bertujuan menguji korelasi antara penggunaan pendekatan TPACK dan pembentukkan student well-being. Desain penelitian menggunaan korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup yang disebarkan kepada sampel penelitian secara online. Teknik sampling menggunakan cluster sampling yaitu siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak, Boyolali. Uji validitas menggunakan indeks Aiken dari 27 item pertanyaan/pernyataan semuanya valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alfa dengan bantuan program SPSS 26 dan mendapatkan hasil reliabel. Teknik analisis menggunakan T-tes dengan bantuan program SPSS 26. Hasil studi menunjukkan bahwa nilai signifikasi T-tes lebih besar dari nilai table, maka hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nihil diterima. Kesimpulannya  tidak terdapat hubungan antara penggunaan pendekatan TPACK dan pembentukkan student well-being dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi.

References

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei.

BPS. (2020). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19. In Investing in Low-Carbon Energy Systems: Implications for Regional Economic Cooperation (pp. vi–23). BPS RI. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0761-3_4.

CNN. (2020). KPAI Sebut Siswa Bunuh Diri Diduga Banyak Tugas Selama PJJ. CNN. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201031194605-20-564467/kpai-sebut-siswa-bunuh-diri-diduga-banyak-tugas-selama-pjj.

Fany, R. (2021). School Well Being di Masa Pandemi COVID-19. Pronesiata.Id. https://pronesiata.id/single/Esai/school-well-being-di-masa-pandemi-covid-19.

Fatimah, B.S. (2010). Hubungan antara Stress dengan School Well-being pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Jakarta. Skripsi (Tidak diterbitkan). Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Hartono. (2008). SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta: LSFK2P bekerja sama dengan Pustaka Pelajar.

Hayati, E., Rahmadi, I. F., & Nursyifa, A. (2019). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Prosiding Seminar Nasional Enhancing Innovations for Sustainable Development: Dissemination of Unpam’s Research Result, 1–13.

Hidayat, O. T., Muhibbin, A., Prasetiyo, W. H., Setyadi, Y. B., Yanzi, H., Drupadi, R., Johnstone, J. M. G., & Dewantara, J. A. (2020). Global citizen preparation: Enhancing early childhood education through Indonesian local wisdom. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4545–4554. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081023.

Karyani, U., Prihartanti, N., Dinar, W., Lestari, R., Hertinjung, W., Prasetyaningrum, J., Yuwono, S., & Partini, D. (2015). Seminar Psikologi & Kemanusiaan The Dimensions of Student Well-being. 978–979.

Khatimah, K. (2015). Gambaran School Well-Being pada Peserta Didik ProgramKelas Akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Psikopedagogia, 4(1), 20-30.

Kompas. (2020). Diduga Stres karena Tugas Daring, Siswi SMA Nekat Bunuh Diri dan Tinggalkan Rekaman Video. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2020/-10/18/18060031/diduga-stres-karena-tugas-daring-siswi-sma-nekat-bunuh-diri-dan-tinggalkan?page=all.

KPAI. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020. Tim KPAI. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-anak-di-awal-2020-begini-ata-komisioner-kpai.

Mustaricha, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalamMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 368-373.

Muhibbin, A., & Sundari. (2017). Model Pengembangan Perkuliahan Patroli Keamanan Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial pada Mahasiswa PPKn sebagai Bekal Calon Guru dan Pembina Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 137–144.

Nidianti, W. E., & Desiningrum, D. R. (2015). Hubungan antara School Well-being dengan Agresitivitas. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 4(1), 202–207.

Nurcahyaningsih, & Maryati. (2019). School Well-being pada Siswa SMP. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 1, 153–160.

Nurhayati, S. (2020). Pengaruh Kemampuan Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPCK) Guru PAI terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI SISWA SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Tesis, 1-84. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Prakoso. (2015). Kesejahteraan Siswa yang Bersekolah di Yayasan Anak Jalanan di Kota Surakarta. Naskah Publikasi, 151, 10–17.

Prasetiyo, W. H., Ishak, N. A., Basit, A., Dewantara, J. A., Hidayat, O. T., Casmana, A. R., & Muhibbin, A. (2020). Caring for the environment in an inclusive school: The adiwiyata green school program in indonesia. Issues in Educational Research, 30(3), 1040–1057.

Quddus, A. (2019). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram. Jurnal Tatsqif, 17(2), 213-230. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.1911.

Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi Ict dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX tahun 2017, 1-14.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74.

Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2019). Integritas Akademik: Prediktor Kesejahteraan Siswa di Sekolah. Indonesian Journal of Educational Assessment, 2(1), 29. https://-doi.org/10.26499/ijea.v2i1.14.

Rizkasari, Oktiana, & Karyani, U. (2017). Kesejahteraan Siswa di Sekolah Studi Komparasi pada Sekolah yang Mengimplementasikan Program Pendidikan Sekolah Adiwiyata dan Belum Mengimplementasikan Program Pendidikan Sekolah Adiwiyata di SMP. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyahadi & Yanuvianti. (2017). Studi Deskriptif mengenai Student Well-being pada Siswa SMA X Bandung. Prosiding Psikologi, 4(1), 32-37.

Setyadi, Y. B., Wafda, A. H., & Setyaningsih, U. (2018). The Implementation of a Collaboration Between Reading Guide and Talking Stick Strategies to Increase Students’. August, 7–9.

Sigit, S. C. (2017). Student Well-Being dan Dukungan Sosial Orangtua pada Siswa Kelas Iv-Vi Sd Katolik Santa Clara Surabaya [Universitas Katolik Widya Mandala]. In Universitas Katolik Widya Mandala. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Thohiroh, H., Novianti, L. E., & Yudiana, W. (2019). Penerapan persepsi dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif di sekolah pada siswa pondok pesantren modern. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 131-144.

Wati, K. D., & Leonardi, T. (2016). Perbedaan Student Well-Being Ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Perilaku Interpersonal Guru. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 5(1), 1–10. http://journal-.unair.ac.id/download-fullpapers-jppp5e023092772full.pdf.

Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Araska.

Wijayanti, P. A. K., Pebriani, L. V., & Yudiana, W. (2019). Peningkatan Subjective Well-being in School pada Siswa Melalui “Peer Support and Teaching Method Program.†Journal of Psychological Science and Profession, 3(1), 31. https://doi.org/10.24198/jpsp-.v3i1.19363.

Wijayanti, P. A. K., & Sulistiobudi, R. A. (2018). Peer Relation Sebagai Prediktor Utama School Well-Being Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 17(1), 56. https://doi.org/10.14710/jp.17.1.56-67.

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Patmisari, P., Permatasari, W., & Muhibbin, A. (2021). Penggunaan Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Dalam Pembentukan Student Well-Being. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 132–142. https://doi.org/10.32493/jpkn.v8i2.y2021.p132-142