Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i2.y2023.p114-125Keywords:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Pemahaman BelajarAbstract
Abstrak
Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan produk media pembelajaran berbasis video animasi untuk peserta didik kelas X TBSM Sekolah Menengah Kejuruan Nur El Falah Kabupaten Serang, Materi sistem politik Indonesia. Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran video animasi dalam meningkatkan pemahaman belajar peserta didik serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi sistem politik Indonesia yang telah dikembangkan oleh pengembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini Research and Development (RnD) dengan menggunakan model Sugiyono yang dikembangkan melalui proses obeservasi dengan mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan data atau informasi, membuat desain produk, melakukan validasi desain kepada 3 ahli yakni ahli pendidikan, ahli materi, dan ahli media atau desain, melakukan perbaikan, melakukan uji coba lapangan utama, dan revisi akhir produk sesudah uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan terhadap ahli pendidikan mendapatkan persentase kelayakan rata-rata 96% dengan kategori sangat layak. Pada hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase kelayakan rata-rata sebanyak 84% dengan kategori sangat layak, serta validasi orang ahli media atau desain menerima skor rata- rata 96%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan jika menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dan tercapai.
References
Amir Hamzah. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development.. Malang: Literasi Nusantara Abadi
Islamia, N. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis keterampilan berpikir kritis sebagai bahan ajar mata pelajaran biologi skripsi. Skripsi Biologi, 4(1), 4.
Nurdyansyah, S.Pd., M. P. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (M. P. Pandi Rais, S.Pd. (Ed.)).
U.-U. R., & 2002, N. 18 T. (2019). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Islamia, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Biologi Skripsi. Skripsi Biologi, 4(1), 4.
Marlina.L, A. . U. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Ppkn Digital Interaktif Berbasis Aplikasi Flip Builder Terhadap Pembentukan Civic Skill. 34(2).
Muhammad Khoir Hamdi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran ELearning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitianâ€, Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil) Volume 9, No. 1 Januari.
Nur Azizah, Moh. Zmaroni, R. R. G. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Mi Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 79.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. Https://Doi.Org/10.33511/Misykat.V3n1.171
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Wulandari, Y., & Saud, S. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman. Journal Of Language And Literature, 2(1), 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.