Fenomena Echo Chamber di Media Sosial dan Dampaknya Terhadap Polarisasi Politik bagi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i2.y2022.p121-130Keywords:
echo chamber, polarisasi politik, dan media sosialAbstract
Artikel ini mencoba untuk meneliti efek dari echo chamber pada sosial media terhadap sudut pandang politik. Efek echo chamber terhadap sudut pandang politik telah menjadi perhatian pada beberapa tahun terakhir khususnya karena platform sosial media yang telah menjadi sumber utama berita dan informasi. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah mixed method research yang didalamnya menggunakan kuesioner sebagai data kuantitatif dan wawancara semi-terstruktur sebagai data kualitatif dengan total responden 47 orang. Pada hasil penelitian ditemukan mayoritas responden merasakan dampak fenomena ini tanpa mengetahui apa itu echo chamber. Dengan penelitian ini diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan efek echo chamber di media sosial. Penelitian dengan sampel yang lebih beragam dan banyak diperlukan untuk menentukan efek echo chamber bagi masyarakat secara luas.
References
APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022.
Bakshy, E., Messing, S., & Adamic, L. A. (2015). Exposure to ideologically diverse news and opinion on Facebook. Science, 348(6239), 1130–1132. https://doi.org/10.1126/science.aaa1160
Cassese, E. C. (2021). Partisan Dehumanization in American Politics. Political Behavior, 43(1), 29–50. https://doi.org/10.1007/s11109-019-09545-w
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research (3rd ed.). SAGE.
Eslami, M., Rickman, A., Vaccaro, K., Aleyasen, A., Vuong, A., Karahalios, K., Hamilton, K., & Sandvig, C. (2015). “I always assumed that I wasn’t really that close to [her].†Proceedings of the 33rd Annual ACM Conference on Human Factors in Computing Systems, 153–162. https://doi.org/10.1145/2702123.2702556
Hong, S., & Kim, S. H. (2016). Political polarization on twitter: Implications for the use of social media in digital governments. Government Information Quarterly, 33(4), 777–782. https://doi.org/10.1016/j.giq.2016.04.007
Ricci, F., Rokach, L., & Shapira, B. (2015). Recommender Systems: Introduction and Challenges. Dalam Recommender Systems Handbook (hlm. 1–34). Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-7637-6_1
Takikawa, H., & Nagayoshi, K. (2017). Political polarization in social media: Analysis of the “Twitter political field†in Japan. 2017 IEEE International Conference on Big Data (Big Data), 3143–3150. https://doi.org/10.1109/BigData.2017.8258291
Törnberg, P. (2022). How digital media drive affective polarization through partisan sorting. Proceedings of the National Academy of Sciences, 119(42). https://doi.org/10.1073/pnas.2207159119
Tyagi, A., Uyheng, J., & Carley, K. M. (2021). Heated conversations in a warming world: affective polarization in online climate change discourse follows real-world climate anomalies. Social Network Analysis and Mining, 11(1), 87. https://doi.org/10.1007/s13278-021-00792-6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.