Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membentuk Kepribadian Gen Z di Era 5.0

Penulis

  • Diah Ayu Praharani Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Trisna Sukmayadi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i2.y2023.p66-74

Kata Kunci:

Pendidikan Kewarganegaraan, karakter, Generasi Z

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan karakter dan kepribadian bangsa Indonesia. Metode yang dipakai merupakan kajian literatur yang mengkaji 22 jurnal yang berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan dan Generasi Z di era society 5.0. Berdasarkan hasil kajian literature ini peneliti menemukan PKN memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter generasi Z di era Society 5.0. Melalui pendidikan kewarganegaraan, generasi Z dapat memahami nilai-nilai demokrasi, berpartisipasi aktif dalam kehidupan sosial dan politik, serta memiliki rasa peduli terhadap isu-isu global dan memiliki rasa tanggung jawab sebagai warga negara. Hal ini akan membantu mereka berperan sebagai anggota masyarakat yang beradab, menyisir terbuka,

 

Referensi

Aulia, S.A., & Dewi, D.A. (2021). Pengaruh pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter generasi muda. Jurnal Kewarganegaraan , 2(5), Retrieved July 24, 2023, from https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1354

Dewi, D.A., & Ulfiah, Z. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan terhadap pembangunan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 2(9), https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34152

Faridah, T.N., Dewi, D.A., & Furnamasari, Y.F. (2021). Meningkatkan Karakter Generasi Muda di Era 5.0 Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal pendidikan tambusai, 3(5), Retrieved July 26, 2023, from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2145

Fitriani, D., & Dewi, D.A. (2021). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam pengimplementasian pendidikan karakter. Jurnal Kewarganegaraan , 2(5), Retrieved July 24, 2023, from https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1840

Lestari, N.A.P., & Habibah, S.N. (2023). Karakter peserta didik pada era society 5.0 di sekolah dasar dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan . Widyacarya jurnal pendidikan agama dan budaya, 1(7), Retrieved July 26, 2023, from http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/widyacarya/article/view/2721

Nur , R. D. (2021, February 4). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? . Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Retrieved July 24, 2023, from https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Zulfikar, M.F., & Dewi, D.A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa . Jurnal pekan jurnal pendidikan kewarganegaraan , 1(6), Retrieved July 26, 2023, from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/1171/0

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Praharani, D. A., & Sukmayadi, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membentuk Kepribadian Gen Z di Era 5.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 66–74. https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i2.y2023.p66-74

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.