Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pengajaran Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v8i1.y2021.p30-40Keywords:
STAD, nilai-nilai Pancasila, PPKnAbstract
Abstrak
Penerapan nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar belum maksimal sehingga perlu adanya alternatif dalam proses pembelajaran PPKn supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait model pembelajaran STAD, penerapan, serta hasil dari penerapan model pembelajaran STAD dalam kegiatan pembelajaran PPKn terutama pada nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan merupakan metode deksriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan atau Library Research berupa hasil penelitian terdahulu dan jurnal-jurnal publikasi. Berdasarkan metode tersebut dihasilkan kesimpulan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap prestasi hasil belajar siswa dan dapat membentuk prilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal, guru harus menggunakan model STAD secara berkesinabungan dan sebagai fasilitator guru harus memahami langkah-langkah model pembelajaran STAD dengan baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.