Pengembangan Usaha Sembako di Tangerang Kabupaten Kelapa Dua

Authors

  • Andrie Alviansah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Firullah Nur Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaranl; Sembako; Keuangan.

Abstract

Pengabdian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pemasaran, penataan toko, manajemen keuangan, dan SDM dalam toko sembako dengan menyediakan pelatihan online dalam pemasaran, pelayanan konsumen, penataan toko yang tepat, dan penyusunan laporan keuangan yang sederhana. Metode yang digunakan mencakup identifikasi kebutuhan, perancangan, pembuatan, pendampingan operasional, dan implementasi kepada UKM. Contoh toko sembako yang menjadi fokus pengabdian ini adalah "KHAFA. BERKAH" di daerah Tangerang.Tren pemasaran saat ini cenderung pasif, dengan mengandalkan pembeli yang datang langsung ke outlet dan komunikasi 'dari mulut ke mulut', namun fungsi pemasaran masih perlu ditingkatkan. Beberapa masalah yang dihadapi oleh UKM perlu segera diatasi untuk mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah. Solusi yang ditawarkan termasuk peningkatan keterampilan dalam melayani pembeli, memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk, serta meningkatkan kemampuan dalam penyusunan dan penggunaan laporan keuangan dengan memperkenalkan aplikasi dan teknologi seperti barcode.

References

Adhiyanto, 2012. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Konsumen Pelanggan Restoran Baruna Sanur.

Kotler & Keller, 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Bersaing Terhadap Kepuasan Pelanggan Tangki Air Penguin Pada Toko Bahan Bangunan di Gading Serpong.

Kottler, Philip,dan Keller, Kevin lane, 2008. “Manajemen Pemasaran”.Penerbit:Erlangga, Jakarta.

Paila, Jeremia Alfredo, John AF Kalangi, and Joula J. Rogahang, 2018. "Pengaruh suasana toko terhadap minat beli konsumen pada UD. Sinar Anugerah Pratama Manado." JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB) 6.001.

Reniarti, Eneng, 2004. PENGARUH penataan (display) terhadap minat beli konsumen pada Toko Roti dan Kue Merdeka Bandung. Diss. Universitas Komputer Indonesia.

Sari, Novita, and Syofia Achnes, 2016. Kepuasan Wisatawan Terhadap Wisata Kuliner Di Objek Wisata Pantai Indah Selatbaru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Diss. Riau University.

Sri, Maulida, and Yunani Ahmad, 2017. "Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi." Jurnal Ilmiah

Manajemen Dan Bisnis 2.1: 181-197.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Alviansah, A., & Akbar, F. N. (2024). Pengembangan Usaha Sembako di Tangerang Kabupaten Kelapa Dua . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1674–1678. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40769