Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Yang Berdampak Kepada Impulse Buying Pada Store Gramedia Citra Raya Cikupa Tangerang

Authors

  • Andi Surya Rahmana Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh secara signifikan antara promosi terhadap shopping emotion. 2) Apakah terdapat pengaruh secara signifikan antara store atmosphere terhadap shopping emotion. 3) Apakah terdapat pengaruh secara signifikan antara promosi terhadap impulse buying. 4) Apakah terdapat pengaruh secara sginifikan antara store atmosphere terhadap impulse buying. 5) Apakah terdapat pengaruh secara signifikan antara shopping emotion  terhadap impulse buying. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan program statistic dianalisis dengan program SPSS dan AMOS (Analisisof Moment Structures) versi 24. Dalam penelitian ini, jumlah sampel adalah sebanyak 145 pelanggan member My Value Gramedia. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diolah, melalui studi lapangan dengan metode kuesioner. Metode angket adalah metode pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan yang harus diisi oleh responden. Hasil penelitian promosi berpengaruh secara signifikan terhadap shopping emotion, Store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap shopping emotion, promosi berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying, store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying dan shopping emotion berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying.

Kata Kunci: Promosi, Store Atmosphere, Shopping Emotion dan Impulse Buying

References

Amiri, F., Jalal, J., Mohsen, S., and Tohid, A. 2012. Evaluation of Effective Fashionism Involvement Factors on Impulse Buying of Costumers and Condition of Interrelation between These Factor. Journal of Basic and Applied Scientific Research. 2(9), pp. 9413-9419.

Anggoro, Sandra Puspasari. 2012. Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emotional Response Di Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Nasional. 1(3).

Yanti, L. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Berdasarkan Aspek Kepribadian Diri. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 27-33.

Juliati, F. (2021). The Influence Of Organizational Culture, Work Ethos And Work Discipline On Employee Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 34-39.

Agustine, C. (2021). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK PERIODE 2010-2018. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 68-76.

Baeli, J. (2021). Analysis Of Tax Compliance Based On Psychological Factors And Tax Administration. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(3), 87-94.

Majid, I. K. (2021). Governance-Based Library Management, More Effective and Efficient. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 68-76.

Karim, I. N. (2021). CORRELATION ANALYSIS: Are Religious Scavengers More Motivated?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 59-67.

Ulfah, M. (2021). Building Teacher Performance Based Islam Religious Values. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 9-17.

Mukminat, S. S. (2021). Realitas Kinerja Dosen, Apa Dampaknya?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 1-8.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Anggraeni, F. N. (2020). DETERMINAN MOTIVASI INTERNAL TERHADAP KINERJA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(2), 161-170.

Anggraeni, F. N. (2020). SURVEY MOTIVASI KERJA DRIVER OJEK ONLINE GRAB. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Anggranei, F. N. (2020). REALITAS KOMPETENSI GURU PASCA SERTIFIKASI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Astuti, R. D. dan Fillippa, M., 2008, Perbedaan Pembelian Secara impulsive Berdasarkan Tingkat Kecenderungan, Kategori Produk, dan Pertimbangan Pembelian. Jurnal Ichsan Gorontalo, 3(1) , pp: 1441-1456.

Chang, Hyo Jung,et al. 2013. Moderating Effects of Situational Characteristics on Impulse Buying .International Journal of Retail & Distribution Management.Vol. 42 No. 4.

Cummins, Julian dan Mullin, Roddy. 2014. Sales Promotion. Jakarta: PPM Engel, J.,Roger D. Blackwell and Paul W. Miniard. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Budyanto. Jilid I.. Jakarta: Binarupa Aksara Publisher.

Fahd, Faishal. 2015. Analisis Pengaruh Promosi Dan Atmosfer Gerai Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Toko Busana Muslim Kharisma Banyumanik Semarang). Skripsi Mahasiswa Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomika Dan Bisnis

Gilbert, D. 2013. Retail Marketing Management. England: Prentice Hall. Graa, Amel, Dani-Elkebir , Maachou, Bensaid, Mohamed. 2014. The Impact of Environmental Factors on Impulse Buying Behavior Using the Mehrabian and Russell’s Framework.Leonardo Journal of Sciences.pp: 101-114.

Griffin, Ricky W., dan Ebert, Ronald J. 2012. Business 5th Edition. Prentice Hall International Inc.

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Hetharie, Jondry Adrin. 2011. Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency pada Matahari Departement Store kota Ambon. Journal Aplikasi Manajemen. 10(4): 890-898.

Hussain, Riaz dan Ali,Mazhar. 2015. Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies.Vol. 7, No. 2.

Iqbal, Anam, Akhtar, Shahzad, Lodhi, Rab Nawaz. 2014. Determinants of Impulsive Buying for Clothing In Pakistan.British Journal of Marketing Studies.Vol.2,No.8.

Kartajaya, Hermawan. 2016. Hermawan Kartajaya on Marketing Mix Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Kharis, Ismu Fadli. 2010. Studi Mengenai Impulse Buying Dalam Penjualan Online. Jurnal Nasional.

Kotler, P. 2015. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-Sebelas. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Indeks.

Kurniawan, Denny dan Kunto, Yohanes Sondang. 2014. Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Nasional. 1(2) pp: 1-8.

Kurniawati, Devi dan Restuti, Sri. 2014. Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Dan Impulse Buying Pada GiantPekanbaru. 6(3) pp: 24-37.

Lee, Grace Yuna dan Yi, Youjae. 2008. The Effect of Shopping Emotions and Perceived Risk on Impulsive Buying: The Moderating Role of Buying Impulsiveness Trait. Seoul Journal of Business.Vol. 14, No. 2.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167.

Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1-12.

Levy, M., & Weitz, B. A. 2011. Retailling Management (4th ed.). Richard D. Irwin Inc.

Lovelock, Christopher and Wirtz, Jochen. 2004. Service Marketing fifth edition. Pearson Prentice Hal.

Madjid, Rahmat. 2014. The Influence Store Atmosphere Towards Customer Emotions and Purchase Decisions. International Journal of Humanitiesand Social Science Invention. Vol. 3 Issue 10 pp: 11-19.

Mangkunegara, A.A.Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung : PT. Refika Aditama.

Mowen, John C. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Dwi Kartini Yahya. Jilid2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.

Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).

Muruganantham, G. dan Bhakat, Ravi Shankar. 2013. A Review of Impulse Buying Behavior.International Journal of Marketing Studies.Vol. 5, No. 3; 2013.

Naentiana, Putu Vera dan Setiawan, Putu Yudi. 2014. Peran Positive Emotion Dalam Memediasi Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying, Jurnal Nasional. pp: 2314-2332.

Nasir, Khoirun. 2010. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Respon Emosi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Skripsi Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Park, Eun Joo, Kim, Eun Young, Forney, Judith Cardona. 2006. A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, 433 – 446.

Putra, Brian Permana. 2014. Analisis Pengaruh Promosi, Emosi Positif Dan Store Environment Terhadap Perilaku Impulse Buying, Skripsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Rahmana, A. S., Haryoko, U. B., & Kurniawan, A. F. (2020). The Effect Of Giving Incentives, Work Facilities And Work Discipline On Sales Productivity At PT. Gramedia Asri Media Business Unit To Business Wholesale Jakarta. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(1).

Ratnasari, Vika Ary, Kumadji, Srikandi dan Kusumawati, Andriani. 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value Dan Impulse Buying. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 1 No. 1.

Rittipant, Nattharika, et al. 2013. Thai Consumer Response To SalesPromotions For Personal Care Products. International Conference on Engineering, Project, and Production Management .pp: 700-709

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sutisna, dan Pawitra, Teddy 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu. 2014. Pengantar Bisnis Modern(Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern),Edisi ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Tendai, Mariri dan Crispen, Chipunza. 2009. In-store environment and impulsive buying. African Journal of Marketing Management. Vol. 1(4) pp. 102-108. Theresia, Vanny Meilany. 2014. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Impulsif Pada Remaja Gereja GMIM Wilayah Manado Winangun. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol.2 ,No.4, 2014:60-72.

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat. Vishnu, Parmar dan Raheem, Ahmed Rizwan. 2013. Factors Influencing Impulse Buying Behavior.European Journal Of Scientific Research. Vol. 100 No.3.

Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).

Wahyudi, M. (2018). DETERMINAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN DI WILAYAH KOPERTIS IV. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.

Wahyudi, W. (2020). KINERJA DOSEN: KONTRIBUSINYA TERHADAP AKREDITASI PERGURUAN TINGGI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 401-410.

Yistiani, Ni Nyoman Manik. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik Dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza Di Denpasar. Tesis Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Udayana Program Magister Program Studi Manajemen.

Downloads

Published

2021-06-20