Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Jual Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Butik Ceria Pondok Ranji Tangerang Selatan
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Butik Ceria Pondok Ranji Tangerang Selatan. 2) Untuk mengetahui pengaruh harga jual produk terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Butik Ceria Pondok Ranji Tangerang Selatan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga jual produk secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Butik Ceria Pondok Ranji Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah asosiatif dengan metode kuesioner atau angket. Menggunakan statistik perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan bertransaksi serta terdaftar sebagai pelanggan di database Toko Butik Ceria pada bulan Desember 2017 yang berjumlah 134 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5% didapat sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Butik Ceria Pondok Ranji Tangerang Selatan. 2) Harga jual produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Butik Ceria Pondok Ranji Tangerang Selatan. 3) Kualitas produk dan harga jual produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Butik Ceria Pondok Ranji Tangerang Selatan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga Jual Produk, Keputusan Pembelian.
References
Aaker, A, 2004. “Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merekâ€. Edisi Pertama. Mitra Utama, Jakarta..
Algifari, 2010, “Analisis Regresiâ€, Yogyakarta, 2010.
Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2011.
Anggraeni, F. N. (2020). DETERMINAN MOTIVASI INTERNAL TERHADAP KINERJA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(2), 161-170.
Yanti, L. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Berdasarkan Aspek Kepribadian Diri. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 27-33.
Juliati, F. (2021). The Influence Of Organizational Culture, Work Ethos And Work Discipline On Employee Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 34-39.
Agustine, C. (2021). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK PERIODE 2010-2018. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 68-76.
Baeli, J. (2021). Analysis Of Tax Compliance Based On Psychological Factors And Tax Administration. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(3), 87-94.
Majid, I. K. (2021). Governance-Based Library Management, More Effective and Efficient. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 68-76.
Karim, I. N. (2021). CORRELATION ANALYSIS: Are Religious Scavengers More Motivated?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 59-67.
Ulfah, M. (2021). Building Teacher Performance Based Islam Religious Values. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 9-17.
Mukminat, S. S. (2021). Realitas Kinerja Dosen, Apa Dampaknya?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 1-8.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Anggraeni, F. N. (2020). SURVEY MOTIVASI KERJA DRIVER OJEK ONLINE GRAB. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Anggranei, F. N. (2020). REALITAS KOMPETENSI GURU PASCA SERTIFIKASI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Angipora Marius P. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.
Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2012.
Astuti, Dwi, Yetti. 2014. “Analisis Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian produk Sanquaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.
David W.Craven “Strategic Marketingâ€, Mc-Graw Hill International, 2014.
Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T. Hani. 2013. “Manajemen Pemasaran Analisis Prilaku Konsumenâ€. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
G.R. Terry, & Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta 2013.
Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2011
Griffin, Jill. 2012. “Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep Itâ€. Simon and Chuster. Inc. New York.
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Hasan, Ali. 2013. “Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta.
Hasibuan, SP, “Dasar-dasar Perbankanâ€, Haji Masagung, Jakarta, 2012.
Hurriyati, Ratih, “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumenâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2012.
Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2012.
Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2012.
Kotler, Philip, Armstrong, Garry. 2003. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€. Alih Bahasa. PT Indeks. Edisi 9, Jakarta.
Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. 2013. “Manajemen Pemasaranâ€. Erlangga. Edisi 13. Jakarta.
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.
Lupiyoadi, Rambat, 2012. “Manajemen Pemasaran Jasaâ€. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.
Marhaeni. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Persatuan Cinereâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.
Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.
Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213
Nurkhasanah. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Nokia Di Semarangâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.
Prasetyo, Sigit. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mitra 10 Cabang Bintaroâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang.
Purwaningsih. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Aneka Food Jakartaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
S Sugiyanto, FdFebrianti - The Indonesian Accounting Review, 2021the Effect Of Green Intellectual Capital, Conservatism, Earning Management, To Future Stock Return And Its Implications On Stock Return
Santoso. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indolam Industriesâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.
Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.
Singgih Santoso, “SPSS Statistik Parametik†Cetakan Kedua, PT. Elek Media
Sudjana, “Metode Statistika, Penerbit Tarsito. Bandung. Edisi 6. 2005
Sugiarto, T., Madu, L., &Subagyo, A. (2018). International Application Model Short-Long Term Between GDP and Consumption: Case Study Indonesia. Economics, 6(1), 81-90.
Sugiyanto, S., Putri, A., &Kartolo, R. (2021). PotensiKekayaanIntektual Pada PemberdayaanUmkm Dan Koperasi Kota Tangerang Selatan. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2014.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2012.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2010..
Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2012.
Umar, Husen, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta , 2013.
Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaranâ€, Amoro book, Yogyakarta, 2013.
Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).
Wahyudi, M. (2018). DETERMINAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN DI WILAYAH KOPERTIS IV. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.
Zeithaml & Bitner, “Service Marketingâ€, McGraw Hill Companies, Singapore, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.