Determinan Strategi Pelayanan Era New Normal Terhadap Loyalitas Konsumen Implikasi Pada Meningkatnya Hasil Penjualan (Studi Empiris pada Ojek Online & UMKM Kota Depok)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah determinan strategi pelayanan era new normal terhadap loyalitas konsumen yang dilakukan para pelaku UMKM dalam meningkatkan hasil penjualan. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode statistik deskriptif dan metode analisis yang digunakan adalah uji validasi dan reliabilitas, uji regresi linier, uji regresi berganda, uji t, uji analisis jalur/uji path, analisis uji dan perbandingan pengaruh langsung dan tidak langsung. Metode pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner/angket dengan skala likert, dimana analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis regresi berjenjang/analisis jalur (path analysis). Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 2.835 sedangkan jumlah sampel yang diambil adalah sejumlah 100 responden dimana teknik pengambilan sampel menggunakan metode solvin. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa loyalitas pelanggan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penjualan namun kualitas pelangganlah yang dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan penjualan, hal ini menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan bukan merupakan variabel intervening, sedangkan jika melihat pada nilai Adjusment R Square, yang menghasilkan nilai 0,734, hal ini menunjukan variasi variabel Kualitas Pelayanan (X) dan Kepuasan Pelanggan (Z) dapat menjelaskan variasi variable Peningkatan Pendapatan (Y) sebesar 73,4% dan sisanya yaitu sebesar 26,6% dijelaskan oleh variable-variable lainnya yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pelayanan, Loyalitas, Peningkatan Hasil Penjualan
References
Anang M Firmansyah. (2018). Prilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Group Penerbit CV Budi Utama.
Anggranei, F. N. (2020). REALITAS KOMPETENSI GURU PASCA SERTIFIKASI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Anggraeni, F. N. (2020). SURVEY MOTIVASI KERJA DRIVER OJEK ONLINE GRAB. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Anggraeni, F. N. (2020). DETERMINAN MOTIVASI INTERNAL TERHADAP KINERJA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(2), 161-170.
Yanti, L. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Berdasarkan Aspek Kepribadian Diri. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 27-33.
Juliati, F. (2021). The Influence Of Organizational Culture, Work Ethos And Work Discipline On Employee Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 34-39.
Agustine, C. (2021). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK PERIODE 2010-2018. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 68-76.
Baeli, J. (2021). Analysis Of Tax Compliance Based On Psychological Factors And Tax Administration. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(3), 87-94.
Majid, I. K. (2021). Governance-Based Library Management, More Effective and Efficient. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 68-76.
Karim, I. N. (2021). CORRELATION ANALYSIS: Are Religious Scavengers More Motivated?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 59-67.
Ulfah, M. (2021). Building Teacher Performance Based Islam Religious Values. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 9-17.
Mukminat, S. S. (2021). Realitas Kinerja Dosen, Apa Dampaknya?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 1-8.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Wahyudi, M. (2018). DETERMINAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN DI WILAYAH KOPERTIS IV. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.
Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).
Falaq, A. F., Asj’ari, D. F., & Surabaya, U. P. A. B. (2021). Keberadaan Ojek Online dalam Meningkatkan Perkembangan UMKM di Kota Surabaya. 8719(2006), 313–320.
Foster, B. dann I. S. (2019). Dasar-Dasar Manajemen.pdf (1st ed.).
Haryoko, U. B., & Dina, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Donatur pada Yayasan Yatim Indonesia Cabang Graha Raya Bintaro. Pemasaran Kompetitif, 2, 30–42.
Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan (11th ed., Issue 2009).
Marleni, D. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Waroeng Spesial Sambang Cabang Gonilan-Sukoharjo denagn Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening.
Maulana, R. K., & Yunus, M. (2018). Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dan Kepercayaan Nasabah Tabungan Bank Bri Syariah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(1), 36–45.
Portal Resmi Kota Depok. (2020). https://www.depok.go.id/ikon-kota#:~:text=Kota Depok terbentuk pada tahun 1999 berdasarkan UU,%3A Pancoran Mas%2C Beji%2C Sukmajaya%2C Limo%2C Sawangan%2C Cimanggis.
Rusilowati, U., & Atamaja, F. J. (2019). Jurnal Ilmiah Feasible Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi. 1(1), 13.
Wahyudi, W. (2020). KINERJA DOSEN: KONTRIBUSINYA TERHADAP AKREDITASI PERGURUAN TINGGI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 401-410.
Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.
Satu, B. (2020). Pemkot Depok Siapkan Strategi Bangkitkan UMKM. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/feri-awan-hidayat/megapolitan/659427/pemkot-depok-siapkan-strategi-bangkitkan-umkm
Setyowati, E., & Wiyadi. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 102. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4507
Siregar Sofyan. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif (Suwito (Ed.); 2nd ed.). Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyanto, Sugiyanto And Febrianti, Fitri Dwi And Maddinsyah, Ali And Sarwani, Sarwani And Pranoto, Pranoto (2021) The Influence Of Intellectual Capital, Conservatism, Earning Management, To Future Stock Return And Its Implications On Stock Return (Case Study Of Mining Companies In Indonesia Listed On Indonesia Stock Exchange For The Period Of 2013-2018). In: Inceess 2020, 17-18 July 2020, Bekasi, Indonesia.
Sugiyanto, S. (2021). Intellectual Capital And Earning Management, To Future Stock Return. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1), 558-567.
Febrianti, F. D., Sugiyanto, S., & Fitria, J. R. (2020). Green Intellectual Capital Conservatism Earning Management, To Future Stock Return As Moderating Stock Return (Study Of Mining Companies In Indonesia Listed On Idx For The Period Of 2014-2019). The Accounting Journal Of Binaniaga, 5(2), 141-154.
Sugiyanto, . (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853
Sugiyanto, . and Luh Nadi, . and I Ketut Wenten, . (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Serang. ISBN 978-623-7815563
Sugiyanto, . and Anggun Putri Romadhina, . (2020) Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 978-623-92764-4-7
Sugiyanto, E. M. (2018). Earning Management, Risk Profile And Efficient Operation In The Prediction Model Of Banking: Eviden From Indonesia.
Sugiyanto, . and Luh Nadi, . and I Ketut Wenten, . (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Serang. ISBN 978-623-7815563
Sugiyanto, . and Anggun Putri Romadhina, . (2020) Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 978-623-92764-4-7
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (1st ed.). CV. Pustaka Abadi.
Sugiyanto, & Budi, U. H. (2020). Manajemen Pemasaran Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 978-623-92764-4-7.
Sugiyanto, D. H., Kartolo, R., & Yusuf Muhamad. (2020). Implikasinya UMKM pada Ekonomi Kreatif dan Inovasi di Kabupaten Garut Jawa Barat. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 8. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAL/article/download/4969/3587
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif. In Journal of Experimental Psychology: General.
Sugiyono, P. D. (2016). Pengaruh Pemasaran Relasional dan Pelayanan Purna Jual terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampakya terhadap Niat Berprilaku (Studi Kasus di PT Atlas Copco Nusantara). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.