Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Barbershop Mr. Head Slipi II Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Mr. Head Barbershop Slipi II Jakarta. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner menggunakan skala Likert kepada 98 konsumen dengan teknik non-probability sampling dan statistik inferensial parametik. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1. Uji validitas, 2. Uji reliabilitas, 3. Uji asumsi klasik, 4. Uji regresi linier berganda, 5. Uji koefisien determinasi 6. Uji hipotesis secara parsial dan simultan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan 1. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji parsial diperoleh nilai t hitung 5,367 lebih besar dari t tabel 1,661 > t tabel dan tingkat signifikansi kurang dari 0,000 < 0,05 maka, Ho1 Ha1 ditolak dan diterima. 2. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji parsial diperoleh nilai t hitung sebesar 5,66 lebih besar dari t tabel 1,661 > t tabel maka, Ho2 Ha2 ditolak dan diterima. 3. Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terlihat dari hasil pengujian secara simultan diperoleh nilai F sebesar 236,51 lebih besar dari F tabel 3,090 F hitung > F tabel 4. Hasil pengujian koefisien determinasi menggunakan metode Adjusted R square menunjukkan besarnya pengaruh pelayanan kualitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,833 atau 83,3% dan sisanya 16,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan PelangganReferences
Anggraeni, F. N. (2020). DETERMINAN MOTIVASI INTERNAL TERHADAP KINERJA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(2), 161-170.
Anggraeni, F. N. (2020). SURVEY MOTIVASI KERJA DRIVER OJEK ONLINE GRAB. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Anggranei, F. N. (2020). REALITAS KOMPETENSI GURU PASCA SERTIFIKASI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Athoilah, Anton. 2010. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.
Yanti, L. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Berdasarkan Aspek Kepribadian Diri. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 27-33.
Juliati, F. (2021). The Influence Of Organizational Culture, Work Ethos And Work Discipline On Employee Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 34-39.
Agustine, C. (2021). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK PERIODE 2010-2018. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 68-76.
Baeli, J. (2021). Analysis Of Tax Compliance Based On Psychological Factors And Tax Administration. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(3), 87-94.
Majid, I. K. (2021). Governance-Based Library Management, More Effective and Efficient. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 68-76.
Karim, I. N. (2021). CORRELATION ANALYSIS: Are Religious Scavengers More Motivated?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 59-67.
Ulfah, M. (2021). Building Teacher Performance Based Islam Religious Values. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 9-17.
Mukminat, S. S. (2021). Realitas Kinerja Dosen, Apa Dampaknya?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 1-8.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Buchari, Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: CV Alfabeta.
Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Pt. Sarana Tutorial Nurani.
G.R. Terry. dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Cetakan kesebelas. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gitosudarmo, Indriyo. 2005. Manajemen strategi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Gui, Shellen; Simanjuntak, Jontro. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Starbox Barbershop Kota Batam. Scientia Journa: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, [S.L.], V. 1, N. 2, Nov. 2019. Issn 2714-593x.
Hamid, A., Yuliviona, R., & Trianita, M. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan the Tjoekoer Premium Barbershop Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan the Tjoekoer Premium Barbershop Di Kota Padang). Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 17(2).
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Hasibuan, Malayu S. P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta.
Kontan.co.id 2017. Bisnis Barbershop Optimis Tumbuh 30 Persen. https://industri.kontan.co.id/news/bisnis-barbershop-optimistis-tumbuh-30. Diakses Maret 2021. Jam 08:30.
Kotler, Philip dan Amstrong, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran 2. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks. Kelompok Gramedia.
Kurniawan Heru. Wati Linda dan Kamela Ice. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Soopercut Barbershop Di Kota Padang. Kumpulan Executive Summary Mahasiswa Prodi Manajemen Wisuda Periode 73 April 2020. Vol 16, No 2.
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.
Mullins, John, W. dan Walker, Jr Orville, C. 2013. Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill: International Edition.
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
Saputra, Erich Fajar. 2017. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Shine Barbershop Di Kabupaten Tulungagung. Simki-Economic Vol. 01 No. 05 Tahun 2017 ISSN: Bbbb-Bbbb
Sugiono 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Swastha dan Sukotjo. 2010. Pengantar Bisnis Modern edisi 3. Liberty: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Jasa Prinsip Penelitian Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).
Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.