Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Deavhijab Fashion

Authors

  • Eni Setyaningsih Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsment terhadap minat beli produk Fashion Deavhijab. Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang wanita dewasa dini yang memiliki akun instagram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan alat ukur berupa skala. Skala celebrity endorsment disusun berdasarkan teori yang dikemukan Simp (2003) dan skala minat beli disusun berdasarkan teori yang dikemukakan Schiffman dan Kanuk (2007). Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisa regresi linear sederhana. Hasil analisis statistik menunjukkan secara simultan, celebrity endorsment r memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Koefisien determinan (R square) celebrity endorsment  menunjukkan nilai sebesar 0.919 artinya minat beli konsumen dipengaruhi oleh celebrity endorsment sebesar 91,9% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Dari hasil penelitian ini diharapkan para pelaku bisnis dapat memperhatikan karekteristik celebrity endorsment seperti daya tarik (attractive), kepercayaan (trustworthiness), dan keahlian (expertise) sebagai tolak ukur pebisnis dalam memilih celebrity endorsment yang layak untuk meng-endors produk fashion fashion deavhijab agar dapat meningkatkan minat beli konsumen.

 Kata Kunci : Celebrity Endorsment, Minat Beli

References

Abdurachman, Ujianto. 2004. Faktor-Faktor yang Menimbulkan kecendrungan Minat Beli Konsumen Sarung. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Vol. 6, No. 1.

Assael, H. 2002. Consumer Behavior and Marketing Action. Fourth Edition. Boston: PWS-Kent Publishing Company.

Awallia, Diah Lailatul. (2018). Pengaruh Testimoni Dan Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Skripsi, Fakultas Syariah, Institut Agama Istam Negeri Ponorogo.

Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Belch, George E, dan Belch, Michael A. (2004). Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communications Perspective. Sixth Edition. New York:McGraw-Hill/Irwin.

Bohang, Fatimah Kartini. (2017). Orang Indonesia Masuk 5 Besar Terbanyak Jualan di Instagram. Kompasiana.com https://tekno.kompas.com/read/2017/09/28/ 15280077/orang-indonesi masuk-5-besar- terbanyak-jualan-di-instagram. Diakses pada tanggaal 1 April 2019).

Cooper, dkk. 1998. Tourism Principals and Practice. England: Longman.

Dewi, Adhita Maharani. (2008). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner

Ervina. 2018. Efektivitas Celebriti Endorsment Sebagai Media Iklan Pada Sosial Media Instagram. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Febrianti, F. D., Sugiyanto, S., & Fitria, J. R. (2020). Green Intellectual Capital Conservatism Earning Management, To Future Stock Return As Moderating Stock Return (Study Of Mining Companies In Indonesia Listed On Idx For The Period Of 2014-2019). The Accounting Journal Of Binaniaga, 5(2), 141-154.

Ferdinand. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi

Frans M Rayan. 2004. Marketing Celebrities.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hadi, S. (2000). Metodologi Research: Jilid 1–

Hafisa, Dinda Yulia. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “Wardahâ€. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.

Handoko,Widi.“PengertianEndorsArtis,â€(http:/ /www.kompasiana.com/retina/).Diakses pada tanggal 05 September 2018.

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Hestianingsih. 2019. Mengenal Jenis-jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers. Detik.com

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.

Lokal. Jurnal Pengaruh Iklan Vol. 3. NO. 1, 2018.

Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.

Pertama. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

S Sugiyanto, Fd Febrianti - The Indonesian Accounting Review, 2021 the Effect Of Green Intellectual Capital, Conservatism, Earning Management, To Future Stock Return And Its Implications On Stock Return

Sugiyanto, . and Luh Nadi, . and I Ketut Wenten, . (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Serang. ISBN 978-623-7815563

Sugiyanto, E. M. (2018). Earning Management, Risk Profile And Efficient Operation In The Prediction Model Of Banking: Eviden From Indonesia.

Sugiyanto, S. (2021). Intellectual Capital And Earning Management, To Future Stock Return. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1), 558-567.

Sugiyanto, S., Putri, A., & Kartolo, R. (2021). Potensi Kekayaan Intektual Pada Pemberdayaan Umkm Dan Koperasi Kota Tangerang Selatan. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.

Yanti, L. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Berdasarkan Aspek Kepribadian Diri. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 27-33.

Juliati, F. (2021). The Influence Of Organizational Culture, Work Ethos And Work Discipline On Employee Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 34-39.

Agustine, C. (2021). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK PERIODE 2010-2018. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 68-76.

Baeli, J. (2021). Analysis Of Tax Compliance Based On Psychological Factors And Tax Administration. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(3), 87-94.

Majid, I. K. (2021). Governance-Based Library Management, More Effective and Efficient. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 68-76.

Karim, I. N. (2021). CORRELATION ANALYSIS: Are Religious Scavengers More Motivated?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 59-67.

Ulfah, M. (2021). Building Teacher Performance Based Islam Religious Values. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 9-17.

Mukminat, S. S. (2021). Realitas Kinerja Dosen, Apa Dampaknya?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 1-8.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Downloads

Published

2021-06-19