Persepsi Pelanggan Terhadap Bauran Pemasaran Di Mccafe Lodaya Bogor

Authors

  • Eni Sumarsih Universitas Pamulang
  • Hendry Juli Widodo Universitas Pamulang
  • Satrio Harseno Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Bauran pelanggan McCafe Lodaya Bogor terhadap Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Fisik, Proses dan Loyalitas Pelanggan McCafe Lodaya Bogor, serta Rekomendasi yang Dapat Diberikan untuk menyatakan Bauran Dan Pemasaran Loyalitas Pelanggan McCafe Lodaya Bogor. Metode yang digunakan adalah Kuantitatif Deskriptif dengan bantuan program WMS (weight mean score ). Metode penentu sampel menggunakan non-probebility sampling melalui cara purposive sampling, yaitu teknik sampling non probabilitas yang penentuan sampelnya dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel yang diukur adalah 100 sampel dengan cara menyebar kuesioner. Secara rekapitilasi diperoleh dari nilai rata-rata seluruh variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, fisik, proses terhadap loyalitas pelanggan sebesar 4,08 yang berarti baik, dengan nilai rata-rata tertinggi yaitu variabel prodak sebesar 4,26 yang berarti baik dan nilai rata-rata terendah adalah variabel fisik sebesar 3,94  yang berarti baik. Oleh karena itu menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi pelanggan McCafe Lodaya Bogor terhadap pemasaran dan loyalitas dapat dinyatakan baik (4,08).

Kata Kunci :       Kualitas Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Fisik, Proses terhadap Bauran dan Loyalitas.

References

Abdurahman, Dudung. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2003.

Assauri, Sofjan.Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value.Jakarta : Rajawali Pers, 2012

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Media Group,2009

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Hasan, Ali .Marketing Bank Syari’ah .Bogor : Ghalia Indonesia, 2010.

Ismail Yusanto, Muhammad dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. Menggagass Bisnis Islami. Jakarta: Gema Insani, 2008.

Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media, 2004 , Kewirausahaan.Jakarta: Rajawali, 2014.

Konsumen di Toko Alat Tulis Hadi Sutrisno Putra 2 Limpung.â€skripsi. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2015.

Kotler, P Phillip. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan,Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT Prenhallindo,2000

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2009.

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction.

Mahmud.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia,2011.

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif : Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder.Jakarta : Rajawali Pers,2011

Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif . Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2008

Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.

Nawawi, Ismail, Manajemen Pengetahun, Bogor: Ghalia Indonesia, 2012.

Pengertian Loyalitas Konsumen†dalam http://skripsimanajemen.blogspot.com /2011/03/pengertian-loyalitasSipsima konsumen.html (diakses pada tanggal 02 Mei 2018 pukul 17.00 WIB)

Rahmawati,Suci.â€Pengaruh Bauran PemasaranTerhadap (Marketing Mix) Terhadap Tingkat Permintaaen Efektif Konsumen di Wisata Kuliner Langen Bogan, Surakarta.†skripsi. Surakarta: UNS Surakarta,2009.

Rivai, Veithzal. Islamic Marketing Membangun Dan Mengembangkan Bisnis Dengan Praktik Marketing Rasulullah saw. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Setiani, Erina. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian

Shinta, Agustina.Manajemen Pemasaran.Malang : UB Press, 2011

Silalahi, Ulber .Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Revika Aditama,2012 Siregar, Syofian.Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014. Somantri, Ating dan Sambas Ali muhidin.Applikasi Statistik dalam Penelitian. Bandung: Pustaka setia, 2011.

Sugiyono.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta: 2008.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Susetyo ,Budi. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS Dan MS. Office Excel (Bandung : Refika Aditama,2010

Tjiptono ,Fandy.Pemasaran Strategic .Yogyakarta : Andi Offset,2008

Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.

Wahyudi, W. (2018). The Influence of Emotional Intelligence, Competence and Work Environment on Teacher Performance of SMP Kemala Bhayangkari Jakarta. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 211-220.

Wahyudi, W. (2018). The Influence Of Job Satisfaction And Work Experience On Lecturer Performance Of Pamulang University. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 221-230.

Wahyuno, Sentot Imam .Managemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Wasis.Pengantar Ekonomi Perusahaan. Bandung : Alumni, 1992

Whidya Utami, Christina .Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat,2010

Yanti, L. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Berdasarkan Aspek Kepribadian Diri. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 27-33.

Juliati, F. (2021). The Influence Of Organizational Culture, Work Ethos And Work Discipline On Employee Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 34-39.

Agustine, C. (2021). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK PERIODE 2010-2018. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 68-76.

Baeli, J. (2021). Analysis Of Tax Compliance Based On Psychological Factors And Tax Administration. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(3), 87-94.

Majid, I. K. (2021). Governance-Based Library Management, More Effective and Efficient. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 68-76.

Karim, I. N. (2021). CORRELATION ANALYSIS: Are Religious Scavengers More Motivated?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 59-67.

Ulfah, M. (2021). Building Teacher Performance Based Islam Religious Values. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 9-17.

Mukminat, S. S. (2021). Realitas Kinerja Dosen, Apa Dampaknya?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 1-8.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Downloads

Published

2021-06-19