Analisis Kriteria Berpasangan Faktor Memilih Jasa Bank (studi kasus mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah – Jakarta)
Abstract
Pengambilan keputusan dalam memilih jasa perbankan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pada umumnya dipengaruhi oleh faktor ekonomi yang berdasarkan prinsip untung dan rugi dalam bertransaksi. Namun prinsip tersebut agak berbeda dengan seorang muslim, karena dalam Islam segala kegiatan muamalah harus berdasarkan syariat Islam. Seorang muslim idealnya tidak hanya mempertimbangkan faktor ekonomi dalam kegiatan transaksi keuangan, namun juga berdasarkan faktor keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pertimbangan keagamaan dan pertimbangan ekonomi dalam memilih jasa perbankan. Dalam penelitian ini diambil informasi secara acak kepada 120 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini adalah metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Dalam penelitian ini terdapat dua faktor yang mempengaruhi pertimbangan informan yaitu keagamaan dan ekonomi. Faktor keagamaan mencakup kriteria; bunga bank adalah riba dan kesesuaian prinsip syariah. Sedangkan faktor ekonomi mencakup kriteria; bunga bank menguntungkan dan kemudahan transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi pertimbangan informan yaitu kesesuaian prinsip syariah 34,2%, kemudahan transaksi 32%, bunga bank adalah riba 19.5%, dan bunga bank menguntungkan 14,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah preferensi informan dalam memilih jasa perbankan diperoleh rata-rata 56,2% pada bank syariah. Secara umum informan telah menggunakan bank konvensional, hal ini dikarenakan transaksi dan layanan jaringan bank syariah yang ada belum bisa mengimbangi bank konvensional.
Kata Kunci : Faktor keagamaan, faktor ekonomi, Analytic Hirearchy Process
References
Ali, Zainuddin.(2008). Hukum Perbankan Syariah, Cet. I. Jakarta: Sinar Grafika.
Djakfar, Muhammad.(2007). Agama, Etika, dan Ekonomi: Wacana Menuju Pengembangan Ekonomi Rabbaniyah. Malang: UIN-Malang Press.
Djamil, Fathurrahman.(2013). Hukum Ekonomi Islam: Sejarah, Teori dan Konsep. Jakarta: Sinar Grafika.
Effendi, Sofian dan Tukiran.(2012) Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Hamid, Arfin.(2007) Hukum Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Hosen, Muhamad Nadratuzzaman. (2012) Diktat Mata Kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi. Jakarta: Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ikatan Bankir Indonesia.(2014). Memahami Bisnis Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ismail (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Karim, Adiwarman.(2011). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kasmir.(2002). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Laily, Nur dan Budiyono Pristyadi.(2013). Teori Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Morissan,(2012). Metodologi Penelitian Survei, Cet. I. Jakarta: Kencana.
Pertiwi, Dita dan Haroni Doli H. Ritonga. (2012). “Analisis Minat Menabung Masyarakat pada Bank Muamalat di Kota Kisaran.†Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.1 No.1/Desember.
Perwataatmadja, Karnaen dan Muhammad Syafii Antonio.(1992) Apa dan Bagaimana Bank Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
Saaty, Thomas L (2006). Fundamentals of Decisions Making and Priority Theory with the Analytic Hierarchy Process. Pittsburgh: RWS Publications.
Saaty, Thomas L. dan Luis G. Vargas.(2012). Models, Methods, Concepts and Applications of the Analytic Hierarchy Process. New York: Springer Science+Business Media.
Saaty, Thomas L.(1988). The Analytic Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation. Pennsylvania: University of Pittsburgh.
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Sekaran, Uma.(2003). Research Method For Business. New York: John Wiley and Sons, 2003.
Soemitra, Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Sumarwan, Ujang.(2011) Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Tanjung, Hendri dan Abrista Devi.(2013) Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing.
Umar, Husein.(2005) Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wahab, Abd. (2013) “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Masyarakat Muslim dalam Memilih Perbankan Syariah di Kota Makassar.†Jurnal Vol. 3 No. 2, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar.
Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).
Wahyudi, M. (2018). DETERMINAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN DI WILAYAH KOPERTIS IV. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Wahyudi, M. (2019). PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(3), 351-360.
Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.
Wahyudi, W. (2018). The Influence of Emotional Intelligence, Competence and Work Environment on Teacher Performance of SMP Kemala Bhayangkari Jakarta. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 211-220.
Wahyudi, W. (2018). The Influence Of Job Satisfaction And Work Experience On Lecturer Performance Of Pamulang University. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 221-230.
Yusanto, Ismail dan Arif Yunus (2009). Pengantar Ekonomi Islam. Bogor: Al Azhar Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.