Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Domino’s Pizza Indonesia Cabang Giant CBD Bintaro, Tangerang Selatan

Authors

  • Indy Indy Universitas Pamulang
  • Andi Surya Rahmana Universitas Pamulang
  • Tuti Adriliyani3 Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah asosiatif dengan metode kuesioner atau angket. Menggunakan statistik perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 20. Populasi dalam penelitian ini  adalah semua Pelanggan yang makan di Gerai Pizza Domino’s cabang Bintaro pada bulan Oktober 2017 yang berjumlah 5.242 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% didapat sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. 2) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. 3) Kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

References

Aaker, A, 2012. “Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merekâ€. Edisi Pertama. Mitra Utama, Jakarta.

Algifari, 2010, “Analisis Regresiâ€, Yogyakarta, 2010.

Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2011.

Amirudin, Fatakh. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Casa D’Oro Restaurant Jakartaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang

Angipora Marius P. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.

Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1).

Arianto, N., & Muhammad, J. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Jurnal Semarak, 1(1), 108-115.

Arianto, N., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(1), 27-37.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2012.

Ashari, Taufik. 2014. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Kepada Keputusan Pembelian Pada Sevel Ciputat Tanggerang Selatanâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Assegaf. 2016. “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Astra Autopartsâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Padjajaran.

Astuti, Dwi, Yetti. 2014. “Analisis Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian produk Sanquaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.

David W.Craven “Strategic Marketingâ€, Mc-Graw Hill International, 2014.

Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T. Hani. 2013. “Manajemen Pemasaran Analisis Prilaku Konsumenâ€. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

G.R. Terry, & Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta 2013.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2011

Griffin, Jill. 2012. “Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep Itâ€. Simon and Chuster. Inc. New York.

Harfani, Rachmat. 2014. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester 8 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indraprastaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Hasan, Ali. 2013. “Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta.

Hasibuan, SP, “Dasar-dasar Perbankanâ€, Haji Masagung, Jakarta, 2012.

Hurriyati, Ratih, “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumenâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2012.

Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip, Armstrong, Garry. 2012. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€. Alih Bahasa. PT Indeks. Edisi 9, Jakarta.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. 2013. “Manajemen Pemasaranâ€. Erlangga. Edisi 13. Jakarta.

Kurnianingsih, W., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lupiyoadi, Rambat, 2012. “Manajemen Pemasaran Jasaâ€. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.

Marhaeni. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Persatuan Cinereâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Noviyanti, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Usaha Mandiri Jakarta Selatan. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(2).

Nurkhasanah. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Nokia Di Semarangâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Diponogoro.

Prasetyo, Sigit. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mitra 10 Cabang Bintaroâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang.

Purwaningsih. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Aneka Food Jakartaâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Rabiula, S. R., Van Fatimah, K., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Permata Tbk. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Romadhina, A. P. (2020). Sugiyanto.". Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Dan Makro.

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Salimun, S., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Santoso. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Indolam Industriesâ€. Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Indraprasta.

Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.

Singgih Santoso, “SPSS Statistik Parametik†Cetakan Kedua, PT. Elek Media

Sudjana, “Metode Statistika, Penerbit Tarsito. Bandung. Edisi 6. 2010

Sugiyanto, . (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853

Sugiyanto, Luh Nadi, and I. Ketut Wanten. "Studi Kelayakan Bisnis Penerbit Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten 2020." Cetak Perdana (2020).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2010..

Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2012.

Umar, Husen, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta , 2013.

Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaranâ€, Amoro book, Yogyakarta, 2013.

Zeithaml & Bitner, “Service Marketingâ€, McGraw Hill Companies, Singapore, 2013.

Downloads

Published

2021-06-18