Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Authors

  • Julia Herniwati Universitas Pamulang
  • Leni Suhartati Universitas Pamulang
  • Eka Thermi Kelvi Safira Universitas Pamulang

Abstract

Melihat Fenomena  yang terjadi saat ini di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta selama pandemi covid-19 dalam kurun waktu 1 tahun lebih, bahwa kinerja karyawan terhadap pelayanan mengalami penurunan. Oleh sebab itu,  peneliti melakukan penelitian untuk mencari tahu penyebab penurunan kinerja karyawan terhadap pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, sampel dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data utama. Lokasi penelitian dilakukan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan sampel yang digunakan sejumlah 30 orang karyawan. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu kepuasan kerja (X1) , Loyalitas Karyawan (X2) dan variabel terikat yaitu Kinerja Karyawan (Y). Dengan hasil hipotesis uji validitas  pada variabel kepuasan kerja sebesar 0.660, sementara pada variabel loyalitas karyawan uji validitasnya sebesar 0.711, dan untuk variabel kinerja karyawan uji validitasnya sebesar 0.801. Artinya pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan dapat diterima  terhadap kinerja karyawan. Dan untuk hasil hipotesis uji reliabilitas  pada variabel kepuasan kerja Cronbach’s Alpha sebesar 0.767. Sementara pada variabel loyalitas karyawan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0.811 , dan untuk variabel kinerja karyawan Cronbach’s Alpha sebesar 0.878. Artinya penelitian ini dapat dikatakan reliabel, karena nilai tersebut lebih besar dari batas minimum Cronbach’s Alpha sebesar 0,6. Berdasarkan analisis koefisien korelasi (R) Persentase pengaruh kedua variabel bebas tersebut sebesar 0.683 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 46.6%. Artinya pengaruh variabel tersebut sangat kuat terhadap kinerja karyawan dan dapat dibuktikan bahwa kepuasan kerja dan loyalitas karyawan pengaruhnya sebesar 46.6%. Sedangkan sisanya sebesar 53.4% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara simultan kepuasan kerja dan loyalitas karyawan nilai signifikansinya sebesar 0,000. Artinya pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan sangat signifikan terhadap kinerja karyawan. Dan secara parsial untuk kepuasan kerja nilai signifikansinya sebesar 0,038 dan loyalitas karyawan sebesar 0,020 Artinya pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan signifikan terhadap kinerja karyawan, dapat diartikan bahwa kedua variabel Kepuasan Kerja dan Loyalitas Karyawan memiliki sangat mempengaruhi Kinerja Karyawan.

Kata Kunci: kepuasan kerja, loyalitas dan kinerja karyawan

References

Aden Prawiro Sudarso1) ; Widhi Wicaksono2) ; Suyatin3) ; M. Duddy Dinantara 4) ; Dodi Prasada5).

Anggraeni, F. N. (2020). DETERMINAN MOTIVASI INTERNAL TERHADAP KINERJA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(2), 161-170.

Anggraeni, F. N. (2020). SURVEY MOTIVASI KERJA DRIVER OJEK ONLINE GRAB. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Anggranei, F. N. (2020). REALITAS KOMPETENSI GURU PASCA SERTIFIKASI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Canakci A, Erdemir F, Varol T and Ozkaya S 2013 Powder Technology 247 24

Chen C, Zhang J, Duan C, Feng X and Y Shen 2016 J. Alloys and Compounds 660 208

E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Pengaruh Kepuasan Kerja dan

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Hasibuan,S.P., Malayu.H.Drs. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia.

http://sarjanaekonomi.co.id/pengertian-loyalitas-karyawan Loyalitas Karyawan dikutip oleh Guru Ekonomi (Juni 17, 2020) (diakses tanggal 29 April 2021)

http://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/08/17-pengertian-kepuasan-kerja-menurut-para-ahli-teori-aspek-faktor.html 17 Pengetian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli,Teori,Aspek dan Faktornya (Agustus 1, 2017) (diakses tanggal 06 Mei 2021)

Istijanto,M.M.,M.Com (2005). Riset Sumber Daya Manusia.

Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Jakarta: PT Bumi Aksara

Jurnal Humanis. The Effect Of Competency On Employee Performance at

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Loyalitas Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan.Volume 4

Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.

Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).

Pengertian, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Oleh Muchlisin Riadi (Januari 12, 2014).

PT Steelforce Indonesia In Jakarta. Volume 1 Nomor 1. 62-68

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Saputra Tunggal A., Bagia Wayan I., Yulianthini Nyoman N. (2016).

Sudarso Prawiro A., Wicaksono W., Dinantara Duddy M., Prasada D. (2020).

Sugiyanto, S., & Candra, A. (2019). Good Corporate Governance, Conservatism Accounting, Real Earnings Management, And Information Asymmetry On Share Return. Jiafe (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 4(1), 9-18.

Sugiyanto, S., & Setiawan, T. (2020). Liquidity, Profitability, Good Corporate Goverance, Corporate Value Committee. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Surname A, Surname B and Surname C year Journal Name vol page

Tannady, Hendy. (2017). Manajemen SUmber Daya Manusia. Yogyakarta : expert

Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).

Wahyudi, M. (2018). DETERMINAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN DI WILAYAH KOPERTIS IV. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.

Wahyudi, W. (2020). KINERJA DOSEN: KONTRIBUSINYA TERHADAP AKREDITASI PERGURUAN TINGGI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 401-410.

Downloads

Published

2021-06-18