Monitoring dan Sistem Perbaikan Perangkat Access Point Jakwifi di PT. Bali Towerindo Sentra, Tbk.

Authors

  • Kukuh Muslim Hakiki PT. Bali Towerindo Sentra
  • Masbah T Siregar Institut Sains Teknologi Nasional (ISTN)
  • Taswanda Taryo Universitas Pamulang

Abstract

Internet sudah menjadi kebutuhan primer dewasa ini oleh karena itu PT. Bali Towerindo Sentra, Tbk. selaku penyedia jasa interet bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan internet tersebut, terutama di daerah padat penduduk di DKI Jakarta yang diberi nama dengan program JakWifi. Ditengah era pandemi ini yang mengharuskan masyarakat untuk tetap dirumah saja oleh karena itu pemerintah dan pihak swasta bekerjasama dalam melakukan program tersebut dengan menggunakan access point ke setiap area di DKI Jakarta. Program JakWifi sendiri sudah terimplementasi sebanyak 1066 access point di DKI Jakarta sehingga mendorong penulis untuk membuat sebuah sistem monitoring berbasis web dengan database dari setiap access point terpasang untuk menjaga kualitas internet tersebut serta dalam melakukan perbaikan jika terdapat masalah pada access point akan dikirim secara otomatis dengan menggunakan bot telegram dan memberikan notifikasi agar dilakukan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan Sistem monitoring access point ini sudah dapat digunakan untuk memantau seluruh access point yang sudah terinstall di “JakWifiâ€. Aplikasi ini dapat secara otomatis mengirimkan notifikasi jika access point tidak aktif. Aplikasi ini dapat membuat log histori perbaikan oleh tim yang melakukan perbaikan access point. Jumlah client yang terasosiasi dengan jaringan wifi ini juga dapat dimonitor oleh aplikasi ini.

Kata Kunci: Internet, JakWifi, Access point, Monitoring, Database, Web

References

Mulyata, E. (2005). Pengenalan Protokol Jaringan Wireless. Yogyakarta: Andi.

Ikawati, Y., Siswandari, Nur A., Puspitorini, O. (2011). Analisa interferensi elektromagnetik pada propagasi wifi outdoor. Seminar Proyek Akhir Jurusan Teknik Telekomunikasi PENS-ITS 2011. Surabaya.

Hantoro, Gunadi D. (2009). WiFi (Wireless LAN) Jaringan Komputer Tanpa Kabel. Bandung. Informatika Bandung.

Mojo Networks. (2018). Datasheet O-90 Dual radio, dual concurrent 3x3:3 MIMO 802.11ac Wave 1 outdoor access point. securewifiworks.com. Diakses pada tanggal 14 April 2020 melalui https://www.securewifiworks.com/datasheets/Mojo/mojo-o-90-datasheet.pdf. (Diakses tanggal 14 April 2020, 15:05)

Mojo Networks. (2018). Datasheet C-100 Dual radio 2x2:2 MU-MIMO 802.11ac Wave 2 access point. securewifiworks.com. Diakses pada tanggal 14 April 2020 melalui https://www.securewifiworks.com/datasheets/Mojo/mojo-c-100-datasheet.pdf. ()

Lite On Technology. (2019). User Manual Model: WP838I, WP838I-BT. usermanual.wiki. Diakses pada tanggal 14 April 2020 melalui https://usermanual.wiki/LITE-ON-TECHNOLOGY/WP838.User-Manual-WP838I-WP838I-BT.

Connolly, Thomas M., and Begg, Carolyn E. (2005). Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management Fourth Edition. Harlow. Pearson Education.

Dubois, Paul. (2009). MySQL Fourth Edition. New Jersey. Addison Wesley

Vugt, Sander van. (2008). Beginning Ubuntu LTS Server Administration: From Novice to Professional, Second Edition. New York. Apress.

Hadi, Diki Alfarabi. (). Ebook Belajar HTML & CSS Dasar. malasngoding.com. Diakses Diakses pada tanggal 19 April 2020 Melalui https://www.malasngoding.com/download-ebook-belajar-html-dan-css-dasar-gratis/

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Downloads

Published

2021-06-19