Pengaruh Budaya Sekolah dan Sarana Pendukung Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dampaknya pada Mutu Pendidikan di Lingkungan SMK Triguna 1956
Abstract
Tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui apakah Budaya Sekolah Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2) Untuk mengetahui apakah Sarana Pendukung Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa 3) Untuk mengetahui apakah Budaya Sekolah Berpengaruh Terhadap Mutu Lulusan SMK Triguna 1956. 4) Untuk mengetahui apakah Sarana Pendukung Berpengaruh Terhadap Mutu Lulusan SMK Triguna 1956 5) Untuk mengetahui apakah Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Mutu Lulusan SMK Triguna 1956. Alat analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan alat bantu SPSS 20. Populasi yang diteliti adalah pegawai warga sekolah dan instansi yang bekerja sama dengan SMK Triguna 1956 yang berjumlah 100 orang. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2) Terdapat pengaruh Sarana Pendukung Terhadap Motivasi Belajar. 3) Terdapat pengaruh Budaya Sekolah Berpengaruh Terhadap Mutu Lulusan. 4) Terdapat pengaruh Sarana Pendukung Berpengaruh Terhadap Mutu Lulusan. 5) Terdapat pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Mutu Lulusan SMK .
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Sarana Pendukung, Motivasi Belajar, Mutu Lulusan
References
Ajat Sudrajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?â€. Jurnal Pendidikan Karakter. Volume I Nomor 1
Ali. (2004). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.
Anggranei, F. N. (2020). REALITAS KOMPETENSI GURU PASCA SERTIFIKASI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Brophy. (2004). Motivating Student to Learn (2nd ed). London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Djamarah, dan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka.
Erlina, 2007. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, USU Press, Medan.
Fathoni, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Rineka.
Ghozali, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hamidi, 2007. Metodologi Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM.
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Ibrahim, 2003. Peningkatan Profesional Guru SD. Jakarta, Bumi Aksara.
Kuncoro. 2001. Metode Kuantitatif : Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : UPP-AMP YKPN.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Masaong. dan Tilomi (2011). Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta
Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440
Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka. Cipta. Jakarta.
Nursalam. Ferry, Efendi. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Rangkuti dan Anggraini. 2005. Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Auditor. Universitas Negeri Medan.
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
Saifuddin 2003. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santrock. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman, (2000). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Schein. 2010. Organizational Culture and Leadership. Fourth Edition.Jossey-Bass. A Wiley Imprint, Market Street. San Fransisco CA.
Siagian (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Suarli – Yanyan Bahtiar. Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktis. Jakarta : Erlangga. 2009.
Sugiyono (2004), Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Tarmidi & Hadiati (2005). Prestasi Belajar Ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Iklim Kelas pada Siswa yang Mengikuti Program Percepatan Belajar. Psikologia Volume 1 No. 1 Juni 2005. Medan: Fakultas Kedokteran USU.
Usman, dan Akbar. 2004. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta.
Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).
Wahyudi, W. (2018). The Influence of Emotional Intelligence, Competence and Work Environment on Teacher Performance of SMP Kemala Bhayangkari Jakarta. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 211-220.
Wlodkowsk. dan Jaynes. (2004). Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-anak Termotivasi dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf dan Nurihsan. 2008. Teori Kepribadian. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Zainal Asril. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Maulana.
Zamroni. 2011. Efektifitas Bimbingan Karir Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa (Bimbingan dan Konseling). Skripsi (Tidak diterbitkan). Kudus: Unuversitas Muria Kudus.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.