Quiziz, Kesiapan Belajar dan Belajar Mandiri?
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Quizizz terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMAK Ketapang Jakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan populasi 57 siswa IPS (kelas X, XI dan XII). Penulis mengambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI IPS dan XI IPA sebagai netral. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Data yang terkumpul di analisis menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa r hitung sebesar 0.341 dengan n= 31. Dengan demikian dapat diterima dengan penafsiran bahwa terdapat pengaruh variabel x (media quizizz) cukup dinikmati oleh siswa kelas X-XII IPS namun disisi lain variabel Y (Karakter Mandiri) tergolong rendah. Oleh karena itu, berdasarkan hasil hipotesis H1 dapat diterima dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang rendah terhadap karakter kemandirian siswa.
Kata kunci: Media Quiz; Kemandirian; Sejarah
References
Anggranei, F. N. (2020). REALITAS KOMPETENSI GURU PASCA SERTIFIKASI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Arianti. 2018. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 12, No. 2, Desember 2018
Arikunto. 2006. ’Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Pt. Rineka Cipta. Badan Pusat Statistik. 2020. Persentase Penduduk Yang Memiliki/Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi Dan Klasifikasi Daerah, 2012-2018. Https://Www.Bps.Go.Id. Diakses Pada 15 Agustus 2020
Bisri, K., Samsudi, S., & Supraptono, S. (2009). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Elearning Berbasis Browser Based Training Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Dan Komponen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 9(1), 129527.
Bustanil Maenuddin, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan : Jurnal Teknologi Pendidikan http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp Vol. 21, No. 2, Agustusl 2019 119
C. Rudy Prihantoro.2018. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 20. No. 2, Agustus 2018 105 Pengaruh E-readiness, E-learning dan E-book pada Implementasi Kurikulum Program Studi D3 Teknologi Mesin terhadap Prestasi Lulusan Program Diploma
Dosen Pendidikan Ekonomi. 2021. Efektivitas Pembelajaran Online Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol. 6 No. 1 Tahun 2021, Pp 15 - 24 P-ISSN : 2502 – 5406, E-ISSN : 2686 - 2344 Journal Homepage: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Eduka/inde
Fitranty Adirestuty. 2017. Jurnal wahana pendidikan. Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Kirom, askhabul. 2017. “Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikulturalâ€. Vol.3, No.1. dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam:Purwosari
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440
Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 26-27 Agustus 2020 1235 Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19 (Kajian di Politeknik Negeri Bandung) Herlina Darsono1 , Aryanti Nur Fitri2 , Bianca Rahardjo3 , Meyli Z Imanuela4 , Carolina M Lasambouw
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
Shreya Vinay Patil. The Role of TIK in Educational Sector. Lokavishkar International E-Journal, ISSN 227- 727X.Vol. I, (Aydin, 2005)Issue IV, Oct-Dec 2012.
Sibuea, M. fitri L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal of Science and Social Research, 3(1), 73–77
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, 2016. W. Sanjaya, D. Darmawan, D. Supriadie. Pengembangan Perangkat Kurikulum dan Rancangan Pembelajaran. Pedagogia, 2016.
Suhaemi Andi,dkk. 2019. PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPS SD. ISSN : 2579 – 6151 e-ISSN : 2614 – 8242. Website : jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika Email : holistika@umj.ac.id 36
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara Woolfok,
Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).
Wahyudi, M. (2018). DETERMINAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN DI WILAYAH KOPERTIS IV. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Wahyudi, M. (2019). PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(3), 351-360.
Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101-110.
Wahyudi, W. (2018). The Influence of Emotional Intelligence, Competence and Work Environment on Teacher Performance of SMP Kemala Bhayangkari Jakarta. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 211-220.
Wahyudi, W. (2018). The Influence Of Job Satisfaction And Work Experience On Lecturer Performance Of Pamulang University. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 221-230.
Wahyudi, W. (2020). KINERJA DOSEN: KONTRIBUSINYA TERHADAP AKREDITASI PERGURUAN TINGGI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 401-410.
Waryanto, N.H. E-readiness. Artikel. Http://blog.uny.ac.id/ nurhadi/2010/08/23/e-readiness, 2010
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.