Optimalisasi Pelayanan Ijin/Cuti Bagi Personel di lingkungan Itwasum Polri Melalui Sistem informasi Pengajuan Ijin/Cuti

Authors

  • Retno Tri Utami Universitas Pamulang

Abstract

Untuk mengoptimalisasikan kinerja Bagrendafung Rorenmin Itwasum Polri dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kepegawaian bagi Anggota dan PNS Polri di lingkungan Itwasum Polri, diperlukan adanya suatu perubahan dalam hal sistem informasi dengan tujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kepegawaian kepada seluruh personel di lingkungan Itwasum Polri khususnya pelayanan pengajuan ijin/cuti sehingga menjadi lebih cepat, tepat serta hemat pemakaian kertas. Alat dan instrumen monitoring yang digunakan berupa kuisioner yang diberikan secara Sampling Random (acak) kepada 10 (sepuluh) dari 14 operator Sub Satker Itwasum Polri. Teknik pengumpulan data digunakan adalah menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) untuk memperoleh data primer yang dilakukan secara berdiskusi dengan para operator yang merasakan langsung manfaat dari aplikasi tersebut. Penjabaran jawaban kuisioner dengan menggunakan metode perhitungan Skala Likert didapat hasil sebesar 88% hal ini menandakan bahwa hasil yang diperoleh memberikan manfaat bagi organisasi dan merupakan hal yang baru bagi organisasi sehingga perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.

 Kata Kunci : Sistem Informasi, Standar Operasional Prosedur, Pengajuan Ijin/Cuti

 

References

Gordon B. Davis, “Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1â€, PT Pustaka Binamas Pressindo, 1991.

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Istyadi Insani, “Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Daerah Dalam Rangka Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerahâ€, 2010.

John F. Nash, “Pengertian Sistem Informasiâ€, Jakarta, 1995.

Kertahadi, “Sistem Informasi Manajemenâ€, PT Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 2007.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.

Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).

Nazir, “Contoh Metode Penelitianâ€, 1988.

Riduwan & Engkos Achmad Kuncoro, “Analisis Jalurâ€, Bandung, Alfabeta, 2007.

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Sailendra, Annie, “Langkah-Langkah Praktis Membuat SOPâ€. Cetakan Pertama. Trans Idea Publishing, Yogyakarta, 2015.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€, CV. Alfabeta, Bandung, 2013.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Tjipto Atmoko, “Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Skripsi Unpad,

Wahyudi, W. (2018). The Influence Of Job Satisfaction And Work Experience On Lecturer Performance Of Pamulang University. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 221-230.

Wahyudi, W. (2020). KINERJA DOSEN: KONTRIBUSINYA TERHADAP AKREDITASI PERGURUAN TINGGI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 401-410.

Downloads

Published

2021-06-19