Optimalisasi Pelayanan Ijin/Cuti Bagi Personel di lingkungan Itwasum Polri Melalui Sistem informasi Pengajuan Ijin/Cuti
Abstract
Untuk mengoptimalisasikan kinerja Bagrendafung Rorenmin Itwasum Polri dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kepegawaian bagi Anggota dan PNS Polri di lingkungan Itwasum Polri, diperlukan adanya suatu perubahan dalam hal sistem informasi dengan tujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kepegawaian kepada seluruh personel di lingkungan Itwasum Polri khususnya pelayanan pengajuan ijin/cuti sehingga menjadi lebih cepat, tepat serta hemat pemakaian kertas. Alat dan instrumen monitoring yang digunakan berupa kuisioner yang diberikan secara Sampling Random (acak) kepada 10 (sepuluh) dari 14 operator Sub Satker Itwasum Polri. Teknik pengumpulan data digunakan adalah menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) untuk memperoleh data primer yang dilakukan secara berdiskusi dengan para operator yang merasakan langsung manfaat dari aplikasi tersebut. Penjabaran jawaban kuisioner dengan menggunakan metode perhitungan Skala Likert didapat hasil sebesar 88% hal ini menandakan bahwa hasil yang diperoleh memberikan manfaat bagi organisasi dan merupakan hal yang baru bagi organisasi sehingga perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Standar Operasional Prosedur, Pengajuan Ijin/Cuti
References
Gordon B. Davis, “Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1â€, PT Pustaka Binamas Pressindo, 1991.
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Istyadi Insani, “Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Daerah Dalam Rangka Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerahâ€, 2010.
John F. Nash, “Pengertian Sistem Informasiâ€, Jakarta, 1995.
Kertahadi, “Sistem Informasi Manajemenâ€, PT Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 2007.
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.
Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Nazir, “Contoh Metode Penelitianâ€, 1988.
Riduwan & Engkos Achmad Kuncoro, “Analisis Jalurâ€, Bandung, Alfabeta, 2007.
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
Sailendra, Annie, “Langkah-Langkah Praktis Membuat SOPâ€. Cetakan Pertama. Trans Idea Publishing, Yogyakarta, 2015.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€, CV. Alfabeta, Bandung, 2013.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Tjipto Atmoko, “Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Skripsi Unpad,
Wahyudi, W. (2018). The Influence Of Job Satisfaction And Work Experience On Lecturer Performance Of Pamulang University. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 221-230.
Wahyudi, W. (2020). KINERJA DOSEN: KONTRIBUSINYA TERHADAP AKREDITASI PERGURUAN TINGGI. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 401-410.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.