Pengaruh Kebijakan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Pada Indogrosir Ciputat

Authors

  • Siti Nurhalimah Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan harga terhadap kepuasan konsumen. Untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen. Untuk mengetahui pengaruh kebijakan harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen. Untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Harga terhadap keputusan pembelian. Untuk mengetahui pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian. Untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Harga dan Lokasi terhadap keputusan pembelian. Untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian. Alat analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan alat Smart PLS. Populasi yang diteliti adalah 60 konsumen Indogrosir Ciputat. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Ada Pengaruh Kebijakan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. 2) Ada Pengaruh Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. 3) Terdapat pengaruh Kebijakan Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen. 4) Ada pengaruh Kebijakan Harga terhadap Keputusan Pembelian. 5) Terdapat pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian. 6) Ada pengaruh Kebijakan Harga dan Lokasi terhadap keputusan pembelian. 7) Ada pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian

 Kata Kunci : Kebijakan Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian

References

Akbar, Adam. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 12, Nomor 2, Universitas Gunadarma, Depok.

Akmal Sutja. Dkk. 2014. Panduan Penulisan Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Jambi.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arslan, Muhammad. 2014. Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intetion A Study of retail Store in Pakistan, Research on Humanities and Social Sciences, Vol. 4, No. 22, Hal. 98-106.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.

Bouhlel, Olfa et all. 2011. “Brand Personality’s Influence On The Purchase Intention: A Mobile Marketing Caseâ€. International Journal of Business and Management, Vol. 6, No. 9; September 2011.

Dheany, Arumsari. 2012. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro : Semarang.

Diansyah. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Laptop Lenovo Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Moderating. Media Studi Ekonomi Volume 19 No. 2.

Erlina, Sri Mulyani. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi dan Manajemen, Medan: Cetakan Pertama USU Press.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha. Ilmu.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Herliza, Radita dan Saputri, Marheni Eka. 2016. Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara Di Mall PVJ Bandung. e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2.

Kotler Philip dkk. 2016. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Yogyakarta: Andi.

Kotler, dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kresnamurti, Agung dan Ariani Putri. 2012.†Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Oli Federal di Wilayah Jakarta Timurâ€. Econo Sains. Vol.10. No.1.

Kurniawati, Dewi & Suharyono, Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 14 No. 2.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Levy, Michael & Weitz, Barton A. 2012. Retailing Management. New York,. America: McGraw-Hill/Irwin.

Lutfiana, Astri Ayu, Saryadi dan Andi Wijayanto. 2013. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Antara Terhadap Loyalitas Konsumen Air Minum Merek Aqua. Jurnal Ilmu Administrasi bisnis.

Mudrajad Kuncoro. 2007. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: Erlangga.

Nigam, A., and Kaushik, R. 2011. Impact of Brand Equity on Costomer Purchase Decisions: an Empirial Investigation with Spesial Reference to Hatchback Car Owners in Central Harayana. IJCEM International Journal of Computational Engineering and Management, 12, 121 – 128.

Nova Juwita Hersanti dan Kusuma Ratnawati. 2012. Pengaruh Atmosfer Terhadap Kepuasan Pelanggan di Distro Inspired Kota Malang, (Universitas Brawijaya, Jurnal Pendidikan Manajemen), Vol 5, No 2, Hal 34-50.

Nurhayati, Risky. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2009 Pengguna Handphone Merek Nokia). Skripsi. Yogyakarta : UPN.

Prajati, Galih. 2013. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Sabun Wajah Merek Pond’s White Beauty (Studi Kasus Pada Mahasiswi Administrasi Bisnis Polsri). Palembang: Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jannah, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ridho, Muhammad & Suharyono. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan kartu prabyar Simpati, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 53 No. 1.

Riduwan. 2004. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rismawati S, Asina. 2018. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waroeng Steak & Shake Melati Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 5 No. 1.

Rizan, Mohammad, Basrah Saidani dan Yusiyana Sari. 2012. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botoh Sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1): 1-7.

Roring, B., Mekel, P. A., Soegoto, A. S. 2014. Pencitraan Merk, Penetapan Harga Dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Mobil Toyota Avanza Di Kota Manado. Jurnal Emba. 2(3) September: 1225-1236.

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Sari, Rita Novita. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Hypermarket Mall Samarinda Central Plaza di Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 2016, 4 (4): 1113-1126.

Savitri, Ida Ayu Putu Dian dan Wardana, I Made. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Setiawan, Heri dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Koperasi Rejo Agung Sukses Cabang Ngaliyan) Journal Of Management, Volume 2 No.2.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Swasta, Basu.2014. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

The Effect Of Green Intellectual Capital, Conservatism, Earning Management, To Future Stock Return And Its Implications On Stock Return

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI Offset.

Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta : PT. Rajafindo Persada.

Windasuri, H dan S. Hyacintha. 2017. Excellent Service. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yana, Ravita Dwi, & Suharyono, Yusri. 2015. Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 21 No. 1.

Yetty Husnul Hayati dan Gracia Sekartaji. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo, Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi (JIMFE), Volume 1 No. 1 Tahun 2015, Hal. 49-56, ISSN 2502-1400.

Downloads

Published

2021-06-19