Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Kesadaran Berderma Generasi Milenial pada Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap
Abstract
Penggunaan social media memiliki peran significant pada era yang disebut hyper connected society. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui apakah penggunaan media sosial memiliki peran dalam meningkatkan brand awareness dan kesadaran berderma generasi millenial pada lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif dipilih karena memiliki penekanan pada lingkungan yang alamiah, induksi, fleksibel, pengalaman secara langsung, kedalaman, partisipasi aktif dari partisipasi dan penafsir. Dalam penelitian ini digunakan, yang menekankan pada analisis deskriptif yang di dasarkan pada hasil interaktif sosial secara langsung dalam pembahaman atas simbol-simbol yang digunakan terhadap seluruh narasumber, lingkungan dan situasi dimana penelitian dilakukan. Aksi Cepat Tanggap merupakan lembaga sosial yang concern akan penggunaan media sosial untuk mengedukasi dan membangun awareness. Aksi Cepat Tanggap memiliki akun media sosial seperti facebook dengan followers 2.195.996. Instagram 899riu followers. Twitter 384,5ribu followrs. Yutube 334ribu subscribers. Linkedhin 8.811followers. ACTNews 1000dowloaders. ACTTV 5.000 downloaders. Dari hasil interview dan data dari tim Integrated Digitl Marketing ACT disebutkan bahwa jumlah donors terbanyak yang menyalurkan donasinya melalui ACT berada pada rentang usia 35 tahun, jika merujuk pada klasifikasi dan kategori generasi millenial bahwa generasi millenial lahir dari rentang tahun 1980 hingga tahun 1995. Maka dapat disimpulkan bahwa media sosial memiliki peran signifikan dalam meningkatkan brand awareness dan kesadaran berderma generasi millenial.
Kata Kunci: Media Sosial, Brand Awareness, Derma, Millenial, ACT
References
Amran, A., Widjaja, Y. R., & Kamelia, E. (2020). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen THE ROLE OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND WORD OF MOUTH IN BUILDING
Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.263
Barni, M. (2019). Tantangan Pendidik Di Era Millennial. Transformatif, 3(1), 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251
BRAND Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen. 8(2), 237–243.
Febrianti, F. D., Sugiyanto, S., & Fitria, J. R. (2020). Green Intellectual Capital Conservatism Earning Management, To Future Stock Return As Moderating Stock Return (Study Of Mining Companies In Indonesia Listed On Idx For The Period Of 2014-2019). The Accounting Journal Of Binaniaga, 5(2), 141-154.
Harono, J. (2020). Bias Di Penelitian dan Cara Mengatasinya.pdf (J. Hartono (ed.); 1st ed.). Irman Lailan, Ikhwan Hamdani, S. G. (2018). Tingkat Kesadaran terhadap Pelaksanaan Zakat
Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.
Kholifah, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Berbagi Pengalaman dari Lapangan.pdf
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25. https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22571
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Mardalis, A., & Hastuti, A. P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Membangun Kepercayaan Merk. Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017 “Perkembangan Konsep Dan Riset E-Business Di Indonesia,†50–62.
Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.
Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).
Profesi (Studi Kasus Universitas Ibn Khaldun Bogor). Iqtishoduna, 7(2), 165–184.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.
Rusilowati, U. J. A. (2019). Jurnal Ilmiah Feasible Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi. 1(1). Saleh, G.-, & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.†Jurna Komunikasi, 10(2), 103. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2673
Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.
S Sugiyanto, Fd Febrianti - The Indonesian Accounting Review, 2021 the Effect Of Green Intellectual Capital, Conservatism, Earning Management, To Future Stock Return And Its Implications On Stock Return
Secsio, W., Putri, R., Nurwati, R. N., & S, M. B. (n.d.). 7 pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja.
Stella Pantow, F., JFA Tumbuan, W., Ogi, I. W., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen, J. (2018). Analisis Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Kayu Manado Pada PT. Woloan Permai Perkasa (Vol. 6, Issue 3).
Sugiyanto, . (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853
Sugiyanto, . and Anggun Putri Romadhina, . (2020) Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 978-623-92764-4-7
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Widi, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Ti ndakan (R. K. Ayu (ed.); 1st ed.)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.