Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Kesadaran Berderma Generasi Milenial pada Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap

Authors

  • Suriadi Suriadi Universitas Pamulang

Abstract

Penggunaan social media memiliki peran significant pada era yang disebut hyper connected society. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui apakah penggunaan media sosial memiliki peran dalam meningkatkan brand awareness dan kesadaran berderma generasi millenial pada lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif dipilih karena memiliki penekanan pada lingkungan yang alamiah, induksi, fleksibel, pengalaman secara langsung, kedalaman, partisipasi aktif dari partisipasi dan penafsir. Dalam penelitian ini digunakan, yang menekankan pada analisis deskriptif yang di dasarkan pada hasil interaktif sosial secara langsung dalam pembahaman atas simbol-simbol yang digunakan terhadap seluruh narasumber, lingkungan dan situasi dimana penelitian dilakukan. Aksi Cepat Tanggap merupakan lembaga sosial yang concern akan penggunaan media sosial untuk mengedukasi dan membangun awareness. Aksi Cepat Tanggap memiliki akun media sosial seperti facebook dengan followers 2.195.996. Instagram 899riu followers. Twitter 384,5ribu followrs. Yutube 334ribu subscribers. Linkedhin 8.811followers. ACTNews 1000dowloaders. ACTTV 5.000 downloaders. Dari hasil interview dan data dari tim Integrated Digitl Marketing ACT disebutkan bahwa jumlah donors terbanyak yang menyalurkan donasinya melalui ACT berada pada rentang usia 35 tahun, jika merujuk pada klasifikasi dan kategori generasi millenial bahwa generasi millenial lahir dari rentang tahun 1980 hingga tahun 1995. Maka dapat disimpulkan bahwa media sosial memiliki peran signifikan dalam meningkatkan brand awareness dan kesadaran berderma generasi millenial.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Brand Awareness, Derma, Millenial, ACT

References

Amran, A., Widjaja, Y. R., & Kamelia, E. (2020). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen THE ROLE OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND WORD OF MOUTH IN BUILDING

Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.263

Barni, M. (2019). Tantangan Pendidik Di Era Millennial. Transformatif, 3(1), 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251

BRAND Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen. 8(2), 237–243.

Febrianti, F. D., Sugiyanto, S., & Fitria, J. R. (2020). Green Intellectual Capital Conservatism Earning Management, To Future Stock Return As Moderating Stock Return (Study Of Mining Companies In Indonesia Listed On Idx For The Period Of 2014-2019). The Accounting Journal Of Binaniaga, 5(2), 141-154.

Harono, J. (2020). Bias Di Penelitian dan Cara Mengatasinya.pdf (J. Hartono (ed.); 1st ed.). Irman Lailan, Ikhwan Hamdani, S. G. (2018). Tingkat Kesadaran terhadap Pelaksanaan Zakat

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Kholifah, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Berbagi Pengalaman dari Lapangan.pdf

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25. https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22571

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Mardalis, A., & Hastuti, A. P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Membangun Kepercayaan Merk. Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017 “Perkembangan Konsep Dan Riset E-Business Di Indonesia,†50–62.

Mukrodi, M. (2019). Membangun Motivasis Kerja. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(4), 431-440.

Mukrodi, M., & Wahyudi, M. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMITMEN PEGAWAI DI KANTOR-KANTOR KEMENTRIAN AGAMA SE PROPINSI BANTEN. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1).

Profesi (Studi Kasus Universitas Ibn Khaldun Bogor). Iqtishoduna, 7(2), 165–184.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Rusilowati, U. J. A. (2019). Jurnal Ilmiah Feasible Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi. 1(1). Saleh, G.-, & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.†Jurna Komunikasi, 10(2), 103. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2673

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

S Sugiyanto, Fd Febrianti - The Indonesian Accounting Review, 2021 the Effect Of Green Intellectual Capital, Conservatism, Earning Management, To Future Stock Return And Its Implications On Stock Return

Secsio, W., Putri, R., Nurwati, R. N., & S, M. B. (n.d.). 7 pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja.

Stella Pantow, F., JFA Tumbuan, W., Ogi, I. W., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen, J. (2018). Analisis Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Kayu Manado Pada PT. Woloan Permai Perkasa (Vol. 6, Issue 3).

Sugiyanto, . (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853

Sugiyanto, . and Anggun Putri Romadhina, . (2020) Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 978-623-92764-4-7

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Widi, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Ti ndakan (R. K. Ayu (ed.); 1st ed.)

Downloads

Published

2021-06-19