Analisis Pelatihan dan Analisis Pelatihan dan Pengembangan Digital Skill Peningkatan Sumber Daya Manusia (Studi pada Dosen Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung di Masa Pandemic Covid-19) Digital Skill Peningkatan Sumber Daya Manusia (Studi pada Dosen Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung di Masa Pandemic Covid-19)

Authors

  • Tri Susanto Universitas pamulang
  • Muamar Sidik Universitas pamulang
  • Irniyati Samosir Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Abstract

Perubahan secara signifikan terjadi diberbagai bidang karena pandemic Covid-19 belum selesai, salah satunya adalah dunia pendidikan untuk itu berbagai strategi harus dilakukan, salah satunya adalah peningkatan digital skill dalam pembelajaran online. Pada artikel ini penulis mencoba mengidentifikasi serta menganalisis pelatihan dan pengembangan Digital Skill yang dilakukan oleh Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung Sebagai bentuk upaya dalam peningkatan SDM dalam mempertahankan mutu pembelajaran atau kuliah jarak jauh. Pengembangan SDM khususnya dosen memiliki aspek penting dalam pembelajaran dan pendidikan di kampus salah satunya adalah melalui pelatihan. Metode yang dilakukan penulis adalah metode kualitatif yaitu dengan mewawancarai informan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini . Hasil dan analisis yang didapat dari penelitian ini serta kesimpulan yang didapat adalah dibutuhkan pelatihan yang lebih intensif dan peningkatan peralatan dalam menunjang pelatihan pembuatan media pembelajaran yang kreatif dan menarik.

 

Kata Kunci: Digital Skill, Pelatihan SDM, Pandemic Covid-19

References

AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung

Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Aswasulasikin. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kuliah Daring dimasa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). SALAM Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(10), 7–12.

Dessler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Edy, Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Kadim, A., Sunardi, N., Lesmana, R., & Sutarman, A. (2019). Revitalisasi Fungsi Masjid Sebagai Pusat Penguatan Manajemen Peternak Sapi Rakyat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (LEMPERMADU).(Studi Kasus di Masjid Ainul Yaqin Kel. Jontlak, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

L. Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. Human Resource Management (edisi 10). Jakarta : Salemba Empat.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis. London : Sage Publishers.

Rayinda Dwi Prayogi, R. E. (2019). KECAKAPAN ABAD 21: KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK MASA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 144-155.

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Sadikin, A., & Hakim, N. . (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA: Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4.0 Industrial Revolution on Ecosystem Material for High School Students. BIODIK, 5(2), 131-138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.759

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Yuniarsih, Tjutju. Dan Suwatno (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2021-06-19