Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Global Jet Express Cabang Sawangan, Depok

Authors

  • Wichak Uchiara Universitas Pamulang
  • Gandes Nurindah Sari Universitas Pamulang
  • Djuliati Djuliati Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial ataupun simultan. Objek dalam penelitian ini adalah karyawan PT Global Jet Express Cabang Sawangan Depok dengan jumlah sampel sebanyak 100 konsumen. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil penelitian, promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh baik secara parsial ataupun simultan terhadap kepuasan konsumen dan hasil Analisis regresi menunjukan Y=14,303+0,421x1+0,426x2+e sedangkan nilai koefisien korelasi menunjukan 0,662 pengaruh yang tinggi / kuat antara variabel promosi dan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Hal ini dilihat dari interprestasi berada di 0,60 s/d 0,799. Dan Uji determinasi nilai Adjusted rsquare 0,438 Artinya variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 44 %, sedangkan (100–43,8) = 56,2 % variabel kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel lain, misalnya harga, kualitas produk.

Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

References

Fandy Tjiptono Dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction.

Febrianti, F. D., Sugiyanto, S., & Fitria, J. R. (2020). Green Intellectual Capital Conservatism Earning Management, To Future Stock Return As Moderating Stock Return (Study Of Mining Companies In Indonesia Listed On Idx For The Period Of 2014-2019). The Accounting Journal Of Binaniaga, 5(2), 141-154.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spssâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2011.

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Rivai, Veithzal, "Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek". Pt. Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2011.

Robbins, Stephen P & Mary Coulter, "Manajemen Jilid 1/ Stephen P Robbins Dan Mary Coulter Diterjemahkan Oleh Bob Sabran, Wibi Hardani". –Ed.10, Cet13-. Jakarta: Erlangga, 2010.

Rudy, R., Sunardi, N., & Kartono, K. (2020). Pengetahuan Keuangan dan Love Of Money pengaruhnya terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi dan dampaknya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 4(1), 43-56.

Rusilowati, U., & Wahyudi, W. (2020, March). The Significance of Educator Certification in Developing Pedagogy, Personality, Social and Professional Competencies. In 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019) (pp. 446-451). Atlantis Press.

Sugiyanto, . And Luh Nadi, . And I Ketut Wenten, . (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (Ypsim), Serang. Isbn 978-623-7815563

Sugiyanto, S., & Fitria, J. R. (2020, November). Effect Of Csr And Leverage To Tax Aggressiveness With Managerial Ownership As Moderating. In Proceedings International Seminar On Accounting Society (Vol. 2, No. 1, Pp. 58-65).

Sugiyanto, S., Febrianti, F. D., & Suripto, S. (2020). Good Corporate Governance And Tax Avoidance To Cost Of Debt With Growth Opportunityas Moderating (Empirical Study On Manufacturing Company And Finance Service Listed In Idx 2015-2019). The Accounting Journal Of Binaniaga, 5(2), 123-140.

Sugiyanto, S., Febrianti, F. D., & Suripto, S. (2020). Good Corporate Governance And Tax Avoidance To Cost Of Debt With Growth Opportunityas Moderating (Empirical Study On Manufacturing Company And Finance Service Listed In Idx 2015-2019). The Accounting Journal Of Binaniaga, 5(2), 123-140.

Sugiyanto,. (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (Ypsim), Banten. Isbn 9786237815853

Sugiyanto,. And Anggun Putri Romadhina, . (2020) Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Dan Makro. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (Ypsim), Banten. Isbn 978-623-92764-4-7

Sugiyono. “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode)â€. Alfabeta, Bandung. Cetakan Ke-3, 2016.

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Suripto, S., & Sugiyanto, S. (2020). Intellectual Capital Determinant Towards Company’s Competitive Advantage And Performance And Its Impact On Company’s Values. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).

Terry, George R & Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-Dasar Manajemenâ€, Jakarta Bumi Aksara, Jakarta, 2010.

Terry, George R."Dasar-Dasar Manajemen/ George R Terry Diterjemahkan G.A Ticoalu". – Cet.11-. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Tjiptono, Fandy., 2012, Pemasaran Jasa. Jogjakarta: Penerbit Andi. Jogjakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy., 2014, Strategi Pemasaran. Jogjakarta: Penerbit Andi.

Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).

Downloads

Published

2021-06-19