Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Sudjatmoko Sudjatmoko
  • Mukadi Mukadi

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 1000 pelanggan yang pernah berbelanja minimal dua kali atau lebih di Indomaret. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling, maka sampel yang digunakan adalah 100 pelanggan. Serta teknik analisis pengolahan data menggunakan statistik dengan program SPSS versi 24 untuk mengetahui signifikasi dari Regresi Linier Sederhana, serta uji t, dan Koefisien Determinasi. Tujuan penelitian dalam ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indomarco Prismatama’ Untuk mengetahui dan menganalisis harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Indomarco Prismatama.  Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Indomarco Prismatama’ Untuk mengetahui dan menganalisis harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Indomarco Prismatama, Untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Indomarco Prismatama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Z). Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Z). Kepuasan Pelanggan (Y) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Z).

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan, Loyalitas

References

Kotler, dan Keller. 2016. Marketing Management, 15th. Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2017. Principles of Marketin, 12th. Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.

Sunyoto, Danang. 2015. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Yogyakarta : CEPS.

Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Amalia, S., Sutisna, A., & Deni, D. (2022). How To Increase Income Through Cross Training System Skill On MSME Depok. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 20-27.

Baeli, J. (2021). Analysis Of Tax Compliance Based On Psychological Factors And Tax Administration. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(3), 87-94.

Fajri, C., Rahman, Y. T., & Wahyudi, W. (2021). MEMBANGUN KINERJA MELALUI LINGKUNGAN KONDUSIF, PEMBERIAN MOTIVASI DAN PROPORSIONAL BEBAN KERJA. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(1), 211-220.

Fauziah, F., Hamzah, A., & Rozy, A. (2021). IMPLEMENTATION OF MANAGEMENT IN WASTE BANKS TO INCREASE ECONOMIC VALUE. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 37-43.

Fitriah, S. (2021). Children with Special Needs In the Eyes of Islamic Law and the State. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 77-86.

Guntur, M. (2021). AL-QURAN TEACH THE IMPORTANCE OF TAKING CARE OF HEALTH PHYSICAL: Tafseer Surat Al-Baqarah. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 50-58.

Handayani, H., & Caesario, A. (2021). A Culture of Savings Solutions for Consumptive Behavior and Care for the Future. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(2), 67-72.

Harras, H., Sugiarti, E., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa.

Juliati, F. (2021). The Influence Of Organizational Culture, Work Ethos And Work Discipline On Employee Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 34-39.

Karim, I. N. (2021). CORRELATION ANALYSIS: Are Religious Scavengers More Motivated?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 59-67.

Mahmudin, M., Caesario, A., & Saputra, A. (2021). ENTREPRENEURSHIP: Soft Skill of Life. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 19-28.

Majid, I. K. (2021). Governance-Based Library Management, More Effective and Efficient. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 68-76.

Malik, J. (2021). STUDY AL-QURAAN: Understanding Verses That Has Meaning Ta'arud. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 42-49.

Nurhusna, S., & Wahyudi, W. (2021). PERFORMANCE DETERMINANTS OF STATE CIVIL SERVICES (ASN) IN THE COVID-19 PANDEMIC. Inovasi, 8(1), 54-61.

Nuriman, H. (2021). The Analysis Of Competence And Career Development Impact On Work Motivation And Its Implication Toward Employee’s Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 10-17.

Nursoleh, N. (2022). Location Analysis of Interest in Buying Housing in South Tangerang City. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(1), 35-42.

Ridwan, M. (2022). Purchasing Decision Analysis in Modern Retail. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(1), 1-9.

Ridwan, R. (2021). THE EFFECT OF LEADERSHIP ON PERFORMANCE: Analysis of School Management Ability and Attitude. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 59-67.

Samsudin, S., & Ayu, D. (2022). Standards Management Of Covid-19 Prevention According To world Health Organization (WHO). Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 28-33.

Sanitias, S., & Dani, M. (2022). Optimization Of Msmes Marketing Using Whatsapp. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 1-10.

Solahuddin, M. (2021). Being Creative Early on is the Main Capital for Entrepreneurship. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(2), 73-78.

Sugiarti, E. (2018). Building Work Commitment of Bppt Employee. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 1(2), 171-180.

Sugiarti, E. (2022). The Influence of Training, Work Environment and Career Development on Work Motivation That Has an Impact on Employee Performance at PT. Suryamas Elsindo Primatama In West Jakarta. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Ulfah, M. (2021). Building Teacher Performance Based Islam Religious Values. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 9-17.

Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia).

Yanti, L. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Berdasarkan Aspek Kepribadian Diri. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 27-33.

Downloads

Published

2022-07-01