Analisis Pengaruh Biaya Promosi terhadap Keberhasilan Penerimaan Siswa Baru pada Yayasan Putra Pertiwi

Authors

  • Ainun Nur Anita Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh biaya promosi terhadap keberhasilan penerimaan siswa baru pada Yayasan Putra Pertiwi. Metodologi yang digunakan  Biaya Biaya promosi yang dikeluarkan perusahaan disesuaikan dengan kemampuan perusahaan, perhitungan efisiensi dan efektifitas, dan situasi pasar. Bauran promosi adalah strategi yang mengkombinasikan seluruh unsur unsur promosi yang digunakan dengan tujuan mencapai tujuan perusahaan. Tekhnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.0, dengan persamaan regresi sebagai berikut: Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3  Pennelitian ini meneliti biaya promosi yang terdiri dari biaya iklan, biaya promosi penjualan, dan biaya hubungan masyarakat dan publisitas Yayasan Putra Pertiwi mulai dari tahun 2017 sampai 2022. Hasil penelitian menunjukan bauran promosi  secara simultan berpengaruh pisitif dan signifikan terhadap jumlah penerimaan siswa baru. Sedangkan uji secara passial  biaaya iklan dan biaya promosi penjualan tidak berpengaruh  terhadap keberhasilan penerimaan siswa baru, dan hubungan masyarakat publisitas berpengaruh signifikat terhadap nilai penerimaan peserta didik baru sekolah Putra Pertiwi.

Keywords: Promosi, Bauran Promosi, Biaya Promosi, Iklan, Hubungan Masayrakat Dan Publikasi,  Penjualan.

References

Ambarwati, Dwi Asri Mudji Rachmat Ramelan dan Afri Arifin. 2016. Manajemen Promosi. Unila. Lampung

Fatihudin, Didin dan M Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa. CV Budi Utama. Yogyakarta

Firmansyah, M Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (planning & Strategy). CV Qiara Media. Surabaya

Firmansyah, Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV Penerbit Qiara Media. Pasuruan

Kottler, P. (2006). According To Kotler Tokoh Paling Kompeten Dalam Pemasaran Menjawab Pertanyaan Anda, Jakarta PT Bhuana Ilmu Populer Kelompo Gramedia. Jakarta

Nadi, L., & Wenten, I. K. (2020). Studi Kelayakan Bisnis.

Romadhina, A. P. (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro.

Romadhina, A. P. (2020). Sugiyanto.". Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Dan Makro.

Sitorus, Onny Fitriana dan Novelia Utami. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Univ Uhamka. Jakarta

Sugiyanto, S. (2022). The effect of the audit opinion, financial distress, and good corporate governance on audit delay. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 72-82

Sugiyanto, S., & Febrianti, F. D. (2021). The effect of green intellectual capital, conservatism, earning management, to future stock return and its implications on stock return. The Indonesian Accounting Review, 11(1), 93.

SUGIYANTO, S. (2018). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pemoderasi Kepemilikan Institusional. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(1), 82-96.

Sugiyanto, E. M. (2018). Earning Management, Risk Profile And Efficient Operation In The Prediction Model Of Banking: Eviden From Indonesia.

Sugiyanto, . And Luh Nadi, . And I Ketut Wenten, . (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (Ypsim), Serang. Isbn 978-623-7815563

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Sugiyanto, . And Anggun Putri Romadhina, . (2020) Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Dan Makro. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (Ypsim), Banten. Isbn 978-623-92764-4-7

Sugiyanto, . (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (Ypsim), Banten. Isbn 9786237815853

Syafrizal, S., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Capital Intensity, Intensitas Persediaan, dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan Pertambangan Terdaftar Idx 2017-2021). SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 829-842.

Zainal, Mukarom dan Muhibudin Wijaya Laksana, 2015. Manajemen Public Relation. CV Pustaka Setia. Bandung

Downloads

Published

2023-06-30