Analisis Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan pada Startup Kuliner Mangkokku

Authors

  • Surya Budiman Universitas Pamulang
  • Engkus Kuswandi
  • Mayga Ayu Ananda
  • Reyra Humaera

Abstract

Salah satu produk yang memberikan pengalaman pembelian dan kepuasan kuliner yang menarik minat cukup signifikan saat ini adalah produk Mangkokku dari PT.Pemuda Cari Cuan. PT. Pemuda Cari Cuan (Mangkokku) adalah salah satu perusahaan rintisan dalam bidang kuliner yang didirikan oleh seorang chef ternama Indonesia Arnold Poernomo, pengusaha kuliner Randy Kartadinata, dan kakak beradik Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis strategi pemasaran tujuh elemen (seven elements marketing mix) untuk menentukan strategi yang digunakan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis sikap konsumen terhadap layanan kuliner Mangkokku dengan mengidentifikasi faktor internal (meliputi: produk, harga, distribusi dan promosi) dan faktor eksternal (meliputi: kebijakan pemerintah, selera konsumen, peluang pasar, pesaing, ekonomi penduduk dan teknologi). Implementasi dari strategi pemasaran jasa yang dilakukan oleh Mangkokku adalah menerapkan tujuh elemen bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, proses, dan bukti fisik. Mangkokku memiliki beberapa produk unggulan seperti ragam menu, kualitas bahan baku berkualitas tinggi, citra tradisional, inovasi menu, kebersihan dan keamanan. Lokasi Mangkokku memiliki 40 gerai yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung dan Malang dan menjual lebih dari 200.000 mangkok setiap bulannya dan memilih untuk mendekat ke area residensial dibandingkan pusat perbelanjaan. Proses pelayanan dan kinerja Mangkokku didukung oleh fasilitas yang memadai seperti gedung, peralatan dan perlengkapan, bahan baku, dekorasi, tempat parkir, komputer, logo, dan transportasi.

Kata kunci : Strategi Bauran Pemasaran, Tren Konsumen, Persaingan, Diferensiasi, Reputasi Merk.

References

(Daryanto, 2018). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

(Kotler, P., & Keller, K. L, 2016). Marketing management. Pearson Education Limited.

(Kotler, P. & Armstrong, G, 2017). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.

Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456–463

Nurul Fadhilah, Anis, & Abidin, Z. (2021). Analisis Keberhasilan Strategi Pemasaran Mangkokku sebagai Pelopor Konsep "Build-Your-Own-Bowl" di Surabaya. Journal of Business and Management, 8(2), 199-209.

Ramadhani, A. R., & Pratiwi, R. (2020). Analysis of Brand Equity Mangkokku in Surabaya. Journal of Business and Management, 7(2), 143-155.

Kusumo, A., & Murti, B. (2019). Penerapan Konsep "Build Your Own Bowl" dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Mangkokku Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 7(2), 215-224

Mangkokku.(2022). Our Journey. https://www.mangkokku.com/our-story

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-06-30