Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja di Alfamart Raya Semplak Bogor

Authors

  • Atiah Atiah universitas pamulang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan minimarket di Indonesia. Dengan persaingan yang ketat, perusahaan dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan menyesuaikan keinginan konsumen serta memahami faktor apa yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja dan faktor dominan apa yang dapat dijadikan peluang atau keunggulan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja di Alfamart Raya Semplak Bogor dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik serta faktor dominan apa yang mempengaruhi konsumen berbelanja di Alfamart Raya Semplak Bogor.

Keywords: Faktor yang mempengaruhi.

References

Agustina, Rini, Riyanti. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. UB Proses.

Gifar. 2015. MEA 2015: Ritel Lokal Perlu Diperkuat Hadapi Gempuran Asing. Bandung 4 Januari 2015.

Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Kotler dan Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2012. Principle of Marketing. Edisi 14. New Jersey: Prentice Hall Published.

Kotler dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler dan Keller. 2016. Marketing Management. 15 th Edition. Pearson Education, Inc.

Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mulina, Maria, Mukery. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Tupperware pada PT. Indrakinarya Mugisantoso. Universitas Pandanaran Semarang.

Noviandi. 2012. Analisis Perilaku Konsumen Beras Organik dan Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Program Studi Manajemen dan Bisnis. Sekolah Pasca Sarjana IPB.

Saidani. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Mnajamen Sains Indonesia (JRMSI). Volume 3 No 1.

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta: Gramedia.

Simamora. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia.

Solomon. (2015:28). Definisi Perilaku Konsumen. Jurnal Unpas.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV.Alfabeta.

Sukodjo, Radix. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol 1 No 2 Okrober 2010. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia.

Supomo. 2013. Persaingan Minimarket di Indonesia

Utami. 2011. Analisis Pilihan Konsumen dalam Mengkonsumsi Beras Organik di Kabupaten Sragen. Mediagro. Vol 7.

Sugianto dan Ugeng Budi.2020. Manajemen Pemasaran Inspiring The Salesmanship.Tanggerang Selatan:Yayasan Pendidikan Sosial.

Sugiyanto, S., & Febrianti, F. D. (2021). The effect of green intellectual capital, conservatism, earning management, to future stock return and its implications on stock return. The Indonesian Accounting Review, 11(1), 93.

Syafrizal, S., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Capital Intensity, Intensitas Persediaan, dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan Pertambangan Terdaftar Idx 2017-2021). SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 829-842.

Sugianto, S. (2018). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pemoderasi Kepemilikan Institusional. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(1), 82-96.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-06-30