Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PT Indofood CBP Sukses Makmur

Authors

  • Surya Budiman Universitas Pamulang
  • Ning Euis Kristiyanti
  • Iqbal Maulana Yusuf
  • Chahyowiguno Chahyowiguno
  • Nica Lisandria

Abstract

Perkembangan dan Persaingan Bisnis semakin meningkat dan kompleksitas. Strategi Pemasaran memegang Peranan yang sangat urgent. PT. Indofood Sukses Makmur sebagai salah satu Perusahaan consumer good dalam memperluas pangsa pasar dan meningkatkan volume penjualan telah menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Pemilihan target pasar untuk seluruh varian produknya, Perancangan Strategi pemasaran berdasarkan target pasar dan positioning productnya sehingga mampu membangun image dalam benak konsumen. Strategi segmentasi, penentuan sasasran dan positioning produk menjadi landasan bagi PT. Indofood Sukses Makmur dalam mengimplementasikan Strategi Pemasaran yaitu strategi Bauran Pemasaran atau marketing Mix. Sedangkan analisis SWOT pada PT. Indofood merupakan dasar dalam mengidentifikasi peluang-peluang, evaluasi pesaing dan menilai kekuatan serta kelemahan perusahaan.  Implementasi dari analisis SWOT adalah pentuan segmentasi pasar, pemiihan target pasar dan positioning produk produk dari PT. Indofood dibenak konsumen. Implementasi Strategi pemasaran PT. Indofood   berdasarkan analisis SWOT adalah menerapkan empat elemen bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi tanggung jawab sosial perusahaan dan Strategi Internasional. Ketiga strategi pemasaran tersebut mampu meningkatkan volume penjualan melalui penguasaan pangsa pasar global.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmentasi Pasar, Marketing Mix dan Penjualan

References

Ameera.republika.co.id. 2015. Indofood Keluarkan Indomie My Noodlez untuk Anak-Anak. Diakses pada 11 Mei 2023, dari https://ameera.republika.co.id/berita/nwigq8359/indofood-keluarkan-indomie-my-noodlez-untuk-anakanak

Balqiah, E.T. 2010. Perilaku Konsumen, Edisi 1 tahun. Jakarta: Universitas Terbuka, Jakarta

Bussines.co.id. 2022. Analisis SWOT PT Indofood Lengkap dengan Penjelasannya. Diakses pada 10 Mei 2023, dari https://bussines.co.id/analisis-swot-pt-indofood-lengkap-dengan-penjelasannya/.

Harsasi. 2013. Pengembangan Produk, edisi ke2. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta

Indofood.com. Annual Report. Diakses Pada 11 Mei 2023, dari https://www.indofood.com/investor-relation/annual-report.

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. 2012. Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition: Pearson Education

Koontz, Harold and Heinz Weihrich. 1993. Management A Global Perspective: McGraw- Hill, Inc.

Kotler Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Mardatillah, Heriyanto, Firmansyah. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Internasional Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Jakarta: Stiami Jakarta.

Mediaindonesia.com. 2017. Indofood Luncurkan Snack Sehat untuk Bayi. Diakses pada 11 Mei 2023, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/111442/indofood-luncurkan-snack-sehat-untuk-bayi.

Mubarok, M.H. 2014. Strategi Pertumbuhan Berkelanjutan Indofood di Pasar Kompetitif. Kudus: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus

Santana, Wolok, Niode. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Delta Pasific Indotuna Bitung. Gorontalo: Universitas negeri Gorontalo.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-06-30