Analisis Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Indonesia

Authors

  • Puput Purnamawati Universitas Pamulang
  • Farid Hidayat Putra
  • Rahmat Levaji
  • Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

Permasalahan utama adalah masih rendahnya keputusan masyarakat yang beragama muslim memilih bank syariah sebagai solusi finansial, rendahnya sosialisasi dan literasi bank syariah di masayarakat luas dan rendahnya pemahaman masyarakat terhadap bank syariah. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi Bank Syariah Indonesia menarik minat nasabah, mengetahui apa yang menjadi pertimbangan nasabah dalam memilih Bank Syariah Indonesia sebagai solusi financial dan mengetahui apakah keyakinan nasabah berperan dalam pengambilan keputusan memilih Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif, yaitu metode masalah yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi dan atau memotret situasi yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa Bank Syariah Indonesia menggunakan strategi mapping target consumer untuk menentukan target business target audience yaitu millennial, dilanjutkan dengan mapping product champion, yaitu memilih produk yang dijadikan hero product, kemudian dilanjutkan dengan communications integrated marketing communications dan dilakukan serangkaian aktivitas promosi dan meningkatkan awareness dan interest. Disamping itu, melakukan transformasi layanan melalui customer engagement, shifting transaction to digital dan simplifikasi service process. Pertimbangan nasabah dalam mengambil keputusan memilih BSI Cabang Ciputat cukup beragam, keinginan sendiri untuk menjauhi riba, pengaruh orang lain, tawaran marketing, motivasi perhitungan bagi hasil yang relatif lebih besar dan sekedar coba-coba. Keyakinan dan kepercayaan umat muslim akan syariat agama islam cukup baik memunculkan kesadaran untuk menjauhi riba serta membantu dalam proses pengambilan keputusan untuk memilih BSI Cabang Ciputat.

Kata Kunci: Keputusan Nasabah, Bank Syariah Indonesia

References

A Muri Yusuf, (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Alma, Buchari, (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Apriyanti, Lia, (2021). Analisis Faktor-faktor yang Berpengagruh Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 7, No. 3.

Armstrong, Kotler, (2015). Marketing an Introducing. Pretiece Hall twelfth edition. England: Pearson Education, Inc.

Darmadi, Hamid ,(2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Kasmir, (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir, (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip, (2014). Manajemen Pemasaran. Ed. 13. Jilid 2. Jakarta: Prenhalindo.

Machfoedz, M, (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Akademi Pemasaran.

Moleong, Lexy J, (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution, Mislah Hayati dan Sutisna, (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Internet Banking. Jurnal Nisbah. Vol. 1 No.1.

Pangestuti dkk, (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung pada Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 4, No. 1.

Sangadji, Etta M., dan Sopiah, (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.

Sufitrayati dan Nailufar, Fanny (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syari’ah di Kota Banda Aceh. Jurnal Ihtiyath Vol. 2 No. 1,

Sugiyanto, (2020) Manajemen Pemasaran: Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten

Sugiyanto., dan Anggun Putri Romadhina, (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro Dan Makro. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten.

Sugiyanto, . And Luh Nadi, . And I Ketut Wenten, . (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten.

Sugiyanto, S. (2022). The effect of the audit opinion, financial distress, and good corporate governance on audit delay. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 72-82

Sugiyanto, S., & Febrianti, F. D. (2021). The effect of green intellectual capital, conservatism, earning management, to future stock return and its implications on stock return. The Indonesian Accounting Review, 11(1), 93.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Wiryaningtyas, Dwi Perwitasari (2016). Pengaruh Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Pada Bank Kredit Desa Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Growth. Vol.14, No. 2.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-06-30