Aktivitas Customer Relations PT. Trimegah Auto Plaza BSD dalam Menangani Keluhan Pelanggan tentang Recall Fuel Pump Mobil Honda Brio (Periode Januari - April 2023)

Authors

  • Putri Maulina Universitas Pamulang
  • Andri Sepian
  • Fakhrana Elkhalisha Bahar
  • Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

Dalam dua tahun silam dunia ototmotif khususnya brand mobil Honda mengeluarkan press release tentang penarikan part komponen fuelp ump mobil Honda salah satunya adalah Brio karena terindikasi bermasalah, dan baru dikampanyekan untuk perbaikan pada tahun 2021 lalu hingga tahun ini. Hal tersebut menimbulkan komplain yang menjadikan sebagai topik keluhan pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas customer relations dalam menangani keluhan pelanggan tentang recall fuel pump mobil Honda Brio di PT. Trimegah Auto Plaza. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah pihak yang bisa memberikan informasi terkait seperti kepala bengkel, divisi CRM specialist Handling Complain, dan customer relations officer sebagai key informan dan dua orang pelanggan PT. Trimegah Auto Plaza sebagai informan. Hasil penelitian dilakukan penerapan pada aktivitas customer relations dalam menagani keluhan pelanggan tentang recall fuel pump di PT. Trimegah Auto Plaza BSD, menjalankan bentuk komunikasi organisasi dalam mentuntaskan keluhan pelanggan, memahami tipe-tipe pelanggan yang sering dijumpai dalam penanganan keluhan, dan memberikan pengedukasian kepada pelanggan terkait aplikasi Honda E-Care.

Kata Kunci: Aktivitas, Customer Relations, Komunikasi Organisasi, Tipe Pelanggan

References

Alo Liliweri, (2017). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta. Grasindo.

Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Reltions. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arni, Muhammad. 2017. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Prenadaedia Group.

Clampitt, P. G. (2017). Communication for Managerial Effectiveness: Challenges, Strategies, Solutions (Sixth). SAGE.

Cutlip, Scott M, Allan H. centre, & Glen M. Brown, 2006, Effective Public Relations, Prentice Hall, New Jersy

Effendy, Onong Uchjana, 1986. Dimensi Dimensi Komunikasi, Bandung : Alumni.

Jorge Reina Schement. (2002). Encyclopedia of Communication and Information (Vols. 2). New York: Macmillan Reference USA

Kasali, Rhenald. (2005). ManajemenPublicRelationsKonsepsi Dan AplikasinyaDiIndonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Moore, Frazier. 2004. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung : PT. Remaja

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. (2012). Komunikasi dan Public Relation. Bandung: CV Pustaka Setia

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 2013. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Terj. Deddy Mulyana. Bandung: PT Remaja RosdaKarya

Romadona M. R & Setiawan S.(2020).Komunikasi Organisasi Dalam Fenomena Perubahan Organisasi Dilembaga Penelitiandan Pengembangan vol5 (1) hal 91-104.

Romadhina, A. P. (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro.

Sugiyanto, L. N., & Wanten, I. K. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Penerbit Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten 2020. Cetak Perdana.

Sugiyanto, S., & Candra, A. (2019). Good Corporate Governance, Conservatism Accounting, Real Earnings Management, And Information Asymmetry On Share Return. Jiafe (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 4(1), 9-18.

Schement, Jorge [ed] (2002). Encyclopedia Of Communication AndInformation. New York: McMillan Reference.

Suryadi. (2007). Strategi Mengelola Public Relations Organisasi. Jakarta: Edsa Mahkota

Sugiyanto, S. (2022). The effect of the audit opinion, financial distress, and good corporate governance on audit delay. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 72-82

Sugiyanto, S., & Febrianti, F. D. (2021). The effect of green intellectual capital, conservatism, earning management, to future stock return and its implications on stock return. The Indonesian Accounting Review, 11(1), 93.

Syafrizal, S., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Capital Intensity, Intensitas Persediaan, dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan Pertambangan Terdaftar Idx 2017-2021). SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 829-842.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-06-30