Analisa strategi Pemasaran dengan Menggunakan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan (studi Kasus pada PT. Mayora Indah tbk)

Authors

  • Surya Budiman Universitas Pamulang
  • Muhammad Maulana Akbar
  • Kiki Oktapitri
  • Sapinatul Umah

Abstract

Pemasaran digital merupakan bagian penting dalam strategi bisnis modern. Saat ini, terdapat banyak orang yang lebih memilih untuk mencari informasi produk atau layanan melalui situs online, dari pada melakukan kunjungan langsung ke toko fisik. Dalam era digital, konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan informasi yang mudah diakses hanya dengan beberapa kali klik. Maka dari itu, pemasaran digital menjadi salah satu cara efektif untuk memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan penjualan, serta memperkenalkan merek secara lebih luas. Dalam era serba digital saat ini, perusahaan dapat memanfaatkan beragam platform digital seperti media sosial, iklan online, email marketing, hingga website untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang didasarkan pada data sekunder dalam menganalisa strategi pemasaran dengan menggunakan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan (studi kasus pada PT. Mayora Indah Tbk.).  Strategi pemasaran PT. Mayora Indah Tbk juga dianalisis dengan menggunakan SWOT.

Kata Kunci: Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, Penelitian Kualitatif

References

Kotler, P., Keller, K.L. 2020, Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga dengan Power MacPro

Elida, T., Raharjo, A. 2019, Pemasaran Digital. Bogor: PT. Penerbit IPB Press

Mohammed T. Nuseir, Ghaleb A. El Refae. 2021. The Influence of Digital Marketing Channels on The Consumer Buying Behavior : Moderating Role of Marketing Strategies. Abu Dhabi: Academy of Strategic Management Journal. Vol. 20, Special Issue 6, 2021

Anna Amalyah Agus, Gatot Yudoko, Nurbudi Mulyono, Taliya Imaniya. 2021. E-Commerce Performance, Digital Marketing Capability and Supply Chain Capability within E-Commerce Platform: Longitudinal Study Before and After COVID-19. International Journal of Technology. 2021

Maria Camila Bermeo-Giraldo, Alejandro Valencia-Arias, Javier D. Ramos de Rosas, Martha Benjumea-Arias, Juan Amilcar Villanueva Calderon. 2022. Factors Influecing the Use of Digital Marketing by Small and Medium-Sized Enterprises during COVID-19. Basel: MDPI, Vol. 86, 9, 2022.

Shubham Pandey, Nitin A Salunkhe. 2022. Digital Marketing: Strategies for Engaging Digital Generation on Social Media. Yantrapur: Phronimos: The Kiams Journal. Vol.-02 Issue-02, 2022.

Nilima Das. 2021. Digital Marketing: Problems and Prospects, Odisha: Elite Hall Publishing House. Vol. 13, No. 2, 2021.

Olivia Doina Negoita, Anca Alexandra Purcarea, Mirona Popescu, Andrei Niculescu, Catalin Nicolae Coman. 2018. Digital Marketing Tools Used by Companies. Bucharest: FAIMA Business & Management Journal. Vol. 6, Issue 4, 2018.

PT. Mayora Indah Tbk. 2023. Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan Tahun 2022. Jakarta

Surya Budiman, Uus Susriati, Nurhaedah, Maulina Hanum. 2022. Marketing Strategy Analysis in Improving Jet Express (J&T Expres) Competitiveness to Global Market Competition. Pamulang: Humanis. Vol. 3, No. 1, 2022.

https://binus.ac.id/bandung/creativepreneurship/2022/04/10/implementasi-strategi-pemasaran-pt-mayora-indah-tbk-bagi-umkm.

https://swa.co.id/swa/trends/management/mayora-indah-inovasi-hasilkan-produk-yang-memimpin#:~:text=Untuk%20menjaga%20kualitas%20dan%20efisiensi,pada%20pencapaian%20yang%20lebih%20lagi.

https://katadata.co.id/ekarina/brand/5f6e1ce799412/mayora-hadapi-kendala-pemasaran-digital-bisnis-makanan

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-06-30