Strategi Bisnis Asuransi Jiwa Dalam Penerapan Environmental, Social, And Government (Esg)

Authors

  • Hafizh Khaerudin Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir muncul tren baru di kalangan para investor bahwa dalam mengukur kinerja perusahaan harus mempertimbangkan faktor Environmental, Social, and Government (ESG). Oleh karena itu dibutuhkan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kinerja industri jasa keuangan seperti perusahaan asuransi jiwa di Indonesia melalui implementasi Environmental, Social and Governance (ESG) secara terencana, terukur, dan berkelanjutan. Penulisan paper ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana strategi bisnis ESG dalam perusahaan asuransi jiwa. Jenis metode penelitian yang dipilih pada penelitian ini adalah deskriptif analisis. Penerapan prinsip ESG pada asuransi jiwa sangat penting karena mendukung Prinsip Asuransi Berkelanjutan (PSL), potensi pilihan investor dari institusi yang lebih besar, mendukung prinsip invesyasi yang bertanggung jawab, berdampak dan bertanggung jawab secara sosial, serta menaikkan potensi permintaan yang bertambah. investasi yang sedang berlangsung menambah peningkatan risiko hukum yang sering diabaikan, menjadi penghalang bagi penerapan prinsip-prinsip ESG secara umum di perusahaan asuransi jiwa. Masalah lainnya adalah panjangnya proses penerapan prinsip-prinsip ESG di Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, Perusahaan dan pemerintah harus berkolaborasi untuk memastikan keberhasilan investasi yang berkelanjutan sekaligus mengelola risiko ESG dengan sukses.

Kata Kunci : ESG, Asuransi, Investasi, Strategi

References

Eccles, R. e. (2012). How To Become A Sustainable Company. MIT Sloan management Review. Vol 53. No.4.

Hariadi, B. (2003). Strategik manajemen, Jakarta: Bagumedia Publishing

Hartono. (2000 ). Asuransi dan Hukum Asuransi di Indonesia. Semarang : IKIP Press.

Hartono. (2001). Hukum Asuransi dan Perusahaan Asuransi. Jakarta: Sinar Grafika.

Hutauruk, D. M., & Handoyo. (2022). Ini Inisiatif Tokio Marine Life dalam Penerapan ESG. Retrieved from https://keuangan.kontan.co.id/news/ini-inisiatif-tokio-marine-life-dalam-penerapan-esg

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya. Nadar. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nisaputra, R. (2022). Penerapan Prinsip ESG di Asuransi Jiwa Butuh Waktu Panjang. Retrieved from https://infobanknews.com/penerapan-prinsip-esg-di-asuransi-jiwa-butuh-waktu-panjang/

OJK. (2015). Integrasi Lingkungan Sosial dan Tata Kelola bagi Bank Panduan untuk Memulai Implementasi. https://ojk.go.id/id/Documents/Pages/Keuangan-Berkelanjutan/panduan%20implementasi.pdf.

Peterdy, K. (2022). ESG (Environmental, Social and Governance). Retrieved from https://corporatefinanceinstitute.com/resources/knowledge/other/esg-environmental-social-governance/

PSI project team member companies. (2022). Managing environmental, social and governance risks in life & health insurance business. PSI ESG Underwriting Guide for Life & Health Insurance (Version 1.0).

PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia. (2021). LAPORAN BERKELANJUTAN PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia TAHUN 2020. Retrieved from https://www.tokiomarine.com/content/dam/id/Life/About%20Us/Life%20Insurance/laporan%20berkelanjutan%202021_CP_v.2%20(002)_Rev300721.pdf

Respati, A. R. (2022). AAJI Dorong Investasi Industri Asuransi ke ESG. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2022/07/01/170800026/aaji-dorong-investasi-industri-asuransi-ke-esg

Sugiyanto, S., & Febrianti, F. D. (2021). The effect of green intellectual capital, conservatism, earning management, to future stock return and its implications on stock return. The Indonesian Accounting Review, 11(1), 93.

Sugiyanto, S. (2022). The effect of the audit opinion, financial distress, and good corporate governance on audit delay. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi, 7(1), 72-82

Sugiyanto, S., & Febrianti, F. D. (2021). The effect of green intellectual capital, conservatism, earning management, to future stock return and its implications on stock return. The Indonesian Accounting Review, 11(1), 93.

Sugiyanto, E. M. (2018). Earning Management, Risk Profile And Efficient Operation In The Prediction Model Of Banking: Eviden From Indonesia.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tripomo, Tedjo. (2005). Manajemen Strategi. Rekayasa Sains: Bandung

UNEP. (2022). Historic day in the campaign to beat plastic pollution: Nations commit to develop a legally binding agreement. Retrieved from unep.org/news-and-stories/press-release/historic-day-campaign-beat-plastic-pollution-nations-commit-develop

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-06-30