Implementasi SIM Berbasis Digital pada Rumah Sakit di Indonesia

Authors

  • Sarno Sarno Universitas Pamulang
  • Nurul Hikmah Adawiyah
  • Rio Maruli Hamonangan
  • Novalina Pasaribu
  • Taswanda Taryo

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang pesat telah menyebar ke berbagai sektor termasuk kesehatan, salah satunya adalah dunia telemedika. Telemedika adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (termasuk telekomunikasi, komputer, dan elektronika) di bidang biomedika untuk mengirim dan menerima berbagai informasi kedokteran dari tempat satu ke tempat lainnya guna meningkatkan pelayanan klinis dalam mendiagnosa dan terapi kesehatan serta pendidikan medis. Telemedika, untuk pelayanan kesehatan masyarakat, berpeluang memiliki pengaruh yang lebih penting bagi negara berkembang seperti Indonesia bila dibandingkan dengan negara maju. Telemedika di Indonesia sudah berkembang cukup signifikan, dimana telemedika telah berkembang sejak abad 90-an. Telemedika berkembang sangat pesat, diakibatkan oleh pesatnya perkembangan bidang-bidang yang mendukungnya, tersedianya prasarana dan sarana teknologi, meningkatnya pemahaman pelaku terhadap bidang-bidang tersebut, serta kebutuhan nyata untuk menyelesaikan masalah pelayanan kesehatan masyarakat. Berbagai jenis aplikasi yang dikemukakan adalah pencatatan & pelaporan, pengelolaan wabah, resep elektronik, pengelolaan pasien TBC, sistem telemedika bergerak, e-psychology, mobile e-health, berbagai jenis sistem e-health dengan pengolahan citra, serta sistem open-EHR. Metode pada pembahasan ini adalah dengan melakukan berbagai kajian pustaka mengenai perkembangan teknologi telemedika yang telah dikembangkan di Indonesia Melihat perkembangan dan dampak yang ada, penggunaan telemedika di Indonesia terus mengalami berbagai kemajuan dan perlu memperoleh perhatian yang berkelanjutan untuk pengembangan dan penerapannya di Indonesia.Rumah sakit merupakan salah satu lembaga publik yang berorientasi pada pelayanan masyarakat, dimana sistem informasi merupakan salah satu faktor penting penunjang pelayanan kesehatan yang diberikan. Untuk dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien, pelayanan berbasis komputerisasi perlu dilakukan. Begitu halnya yang seharusnya dilakukan rumah sakit. Dalam menunjang pelayanan kesehatan yang diberikan di Rumah Sakit harus terus berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan yang dilakukan salah satunya dengan menerapkan sistem pelayanan kesehatan berbasis komputerisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem informasi pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Sistem pelayanan kesehatan di Rumah Sakit mencakup tiga hal pokok yakni sub sistem masukan (input) yang mencakup kegiatan registrasi pasien serta pencatatannya, sub sistem proses yang merupakan kegiatan mengolah dan menyimpan data yang telah didapatkan menggunakan aplikasi tertentu dengan bantuan komputer dan sub sistem keluaran (output) dimana proses ini merupakan hasil dari data yang didapatkan sebelumnya yang berupa informasi (laporan). Dalam pelaksanaannya kegiatan sistem informasi pelayanan kesehatan Rekam medis menjadi semacam “harta karun†berupa informasi kesehatan pasien yang sangat penting dalam membantu para tenaga medis melakukan diagnosis, keputusan perawatan dan pengobatan. Rekam medis berisi tentang berbagai informasi tentang riwayat kesehatan pasien mulai dari penyakit bawaan, hasil lab, alergi dan sebagainya. Itulah sebabnya, rekam medis memiliki kedudukan penting dalam proses pemeriksaan.

Keyword : Sistem Informasi , Rumah Sakit , Digital , Pasien

References

https://aviat.id/smart-hospital-masa-depan-layanan-kesehatan/ dibuat PT Karya Prima Putra Perkasa diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://aviat.id/tahapan-penerapan-aviat-sirem-pada-sistem-rumah-sakit/ dibuat PT Karya Prima Putra Perkasa diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://aviat.id/bangun-sistem-layanan-kesehatan-bersama-aviat/ dibuat PT Karya Prima Putra Perkasa diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://aviat.id/sistem-informasi-manajemen-rs/ dibuat PT Karya Prima Putra Perkasa diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://aviat.id/fitur-fitur-aviat-untuk-mendukung-penerapan-smart-hospital/ dibuat PT Karya Prima Putra Perkasa diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://aviat.id/4-manfaat-implementasi-rekam-medis-elektronik/ dibuat PT Karya Prima Putra Perkasa diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://aviat.id/aviat-sirem-solusi-menyeluruh-implementasi-rekam-medis-elektronik/ dibuat PT Karya Prima Putra Perkasa diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://aviat.id/bagaimana-aviat-simrs-mendukung-digitalisasi-rumah-sakit/ dibuat PT Karya Prima Putra Perkasa diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://www.medcom.id/teknologi/tech-and-life/3NOPLYpb-3-prioritas-untuk-rumah-sakit-cerdas-masa-depan dibuat Medcom.id diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

https://www.ui.ac.id/teknologi-mahadata-potensi-pelayanan-kesehatan-di-masa-depan/ diakses 10 Juni 2023 oleh Sarno

Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG-KFER, MPH, Wakil Direktur IMERI-FKUI teknologi mahadata (big data) yaitu sebuah potensi pelayanan kesehatan di masa mendatang, dalam kegiatan Seminar Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia (UI)

Eric Ananda, Country Manager Indonesia, Zebra Technologies Asia Pacific

D’Public Health by Aprilia Paramitasari, S. Ked (Coas FKUNAIR)

Purnamanita, Syahrir A. Pasinringi, Alimin Maidin. Kinerja Balai Kesehatan Mata Masyarakat Makassar Dengan Perspektif Balanced Scorecard. 2012;12. 46-52

Siswanto. 2010. Analisis Trade Off dalam Reformasi Sistem Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Jakarta. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan

Trisnantoro L. 2005. Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit. Umar, Husein (2001), Strategi Management in Action, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit

Wahjono, Sentot Imam. Marina, Anna. Wardhana, Andi. Darmawan, Akhmad. 2019. Pengantar Manajemen. Penerbit RajaGrafindo, Jakarta, Indonesia.

Wiyono. 2000. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Edisi II. University Press, Surabaya: Airlangga

Yuwono SR. Evaluasi Kinerja Dengan Rerangka Balanced Scorecard sebagai Bahan Penyusunan Rencana Kinerja Peningkatan Pemanfaatan Rawat Inap Paviliun RSUD dr. Soetomo. Program Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya. 2001

Zacharis S. 2011. Sistem Manajemen Strategik berbasis Balanced Scorecard di Rumah Sakit Emanuel. Tesis Pascasarjana Universitas Soedirman

Kerzner, Harold (2001), Project Management: A System Approach to Planning, Scheduling and Controlling. New York:

John Wiley. Kotler, Philip. & Amstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing (10th Ed). New Jersey: Prentice Hall.

Obeng, Kofi & Ugboro, Isaiah. (2008). Effective Strategic Planning in Public Transit Systems. Transportation Research 2008. Hal. 420-439.

https://omnicare.co.id/blog/tag/manajemen-rumah-sakit/

Abbaspour, H., Drebenstedt, C., Badroddin, M., & Maghaminik, A. (2018). International Journal Of Mining Science And Technology Optimized Design Of Drilling And Blasting Operations In Open Pit Mines Under Technical And Economic Uncertainties By System Dynamic Modelling. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijmst.2018.06.009

Barlas, Y. (1989). Multiple Tests For Validation Of System Dynamics Type Of Simulation Models *, 42, 59–87. Bertho, M., Andeka, Rocky, T., & Melkior, Nikolar, Ngalumsine, S. (2017). Analisa Kinerja Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Untuk Menunjang Kinerja Karyawan Menggunakan Framework It Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Wi-Fi Universitas Kristen Satya Wacana), 4(4), 318– 332. Https://Doi.Org/10.25126/Jtiik.201744499

Chang, W.-L., & Chang, H.-C. (2011). A Dynamic System Of E-Service Failure , Recovery , And Trust. Guo, Q., Wang, E., Nie, Y., & Shen, J. (2018). Pro Fi T Or Environment ? A System Dynamic Model Analysis Of Waste Electrical And Electronic Equipment Management System In China. Journal Of Cleaner Production, 194, 34–42. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jclepro.2018.05.112

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Hasan, N., Suryani, E., & Hendrawan, R. (2015). Analysis Of Soybean Production And Demand To Develop Strategic Policy Of Food Self Sufficiency : A System Dynamics Framework. Procedia - Procedia Computer Science, 72, 605–612. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2015.12.169

Itumalla, R. (2012). Information Technology And Romadhon & Suryani, Pemodelan Simulasi Sistem Dinamik… 589 Service Quality In Health Care : An Empirical Study Of Private Hospital In India, 3(4), 1–4. Kumar, D. (2014). Modelling Rural Healthcare Supply Chain In India Using System Dynamics. Procedia Engineering, 97, 2204–2212. Https://Doi.Org/10.1016/J.Proeng.2014.12.464 Law, A. M. (1991). Simulation Analysis.

Lee, J., Mccullough, J. S., & Town, R. J. (2013). The Impact Of Health Information Technology On Hospital Productivity, 44(3), 545–568.

Lee, M. (2015). Financial Analysis Of National University Hospitals In Korea. Osong Public Health And Research Perspectives, 6(5), 310– 317. Https://Doi.Org/10.1016/J.Phrp.2015.10.007

Lee, M. (2016). Competitive Strategy For Successful National University Hospital Management In The Republic Of Korea. Osong Public Health And Research Perspectives, 7(3), 149–156. Https://Doi.Org/10.1016/J.Phrp.2016.02.002

Adikoesoemo, Manajemen rumah sakit Jakarta : pustaka Sinar Harapan, 2003

Downloads

Published

2023-06-30