Perancangan Startegi Bebasis Analisis Pestle Dalam Aplikasi Bisnis Franchise UMKM Kuliner Di Tangerang Selatan

Authors

  • Ayu Andita Universitas Pamulang
  • Sindi Sindi
  • M. Samsul Arip
  • Muhammad Irji Fachriji
  • Hadi Supratikta

Abstract

Pertumbuhan sektor ekonomi nasional Indonesia merupakan sektor utama dalam menggerakkan perekonomian nasional. Salah satu analisis strategi yang dapat di gunakan untuk upaya dalam peningkatan UMKM Kuliner yang ada di Tangerang Selatan pasca covid-19 adalah menggunkan PESTLE Analysis yang mana dapat menyediakan kerangka yang digunakan untuk menginvestigasi lingkungan eksternal dengan menggunakan pertanyaan pada setiap faktor-faktor permasalahaan eksternal, yaitu Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Hukum, dan Lingkungan. Penerapan m-commerce dalam bentuk aplikasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengelola kegiatan bisnisnya menjadi lebih efisien dan fleksible untuk meningkatkan layanan francahise. Proses migrasi ke m-commerce berbasis aplikas merupakan proses kompleks yang melibatkan teknologi komunikasi seluler dan teknologi nirkabel, berdampak luas pada proses bisnis, model bisnis, strategi, dan perubahan sistem perusahaan Harapan nya dengen mengetahu analisis PESTLE dalam UMKM Kuliner yang ada di Tangerang bisa membentuk dasar untuk sebagian data yang di gunakan dalam membuat keputusan startegi yang akan di pilih oleh pemilik usaha di masa mendatang

Kata kunci: Perancangan Strategy, Analisis PASTLE, Aplikasi Bisnis Frachise, UMKM

References

Abdullah, Fathi S.M. (2009). PESTEL Framework and Porter’s Five Forces Model. Retrieved January 20, 2020 from: https://www.scribd.com/doc/16171096/PESTEL-Framework-and-Porter-s-FiveForces-Model.

David Hess, “The Lowa Franchise Act : Toward Protecting Reasonable Expectations of Franchisees and Franchisorsâ€, Vol 80. Januari 1995.

E-sakip.tangerangselatankota.go.id pertama kali diindeks oleh Google pada November 2018 https://e-sakip.tangerangselatankota.go.id/assets/UPLOAD/lkt/603a140ad0bbf-LKT-2020.pdf

Gunawan Widjaja, “Seri Hukum Bisnis : Lisensiâ€, Rajawali Pers, Jakarta, 2001.,

Harian Kompas, “Aspek Hukum dari Franchiseâ€, Edisi tanggal 21 Maret 1990.

Hartono. (2019). UMKM Sumbang Rp8.400 Triliun ke Perekonomian Nasional pada 2018. Okezone.Com.https://economy.okezone.com/read/2019/06/19/320/2068296/umkm-sumbang-rp8-400-triliun-ke-perekonomian-nasional-pada-2018

Hermawan. A. (2021). Analisis Strategi dan Model Bisnis Start-Up untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis Start-Up di Tasikmalaya. Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis 21 (1) (2021) 23 – 30

Indonesia, “Peraturan Pemerintah Republik tentang Waralaba, P.P. No. 42 tahun 2007.

Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, “Peta Pewaralabaan (Franchising) di Dunia Manajemenâ€, Jakarta, 1992.

Jeffrey L. Harrison, “Law and Economicsâ€, Wet Publishing Company, St. Paul-Minnesota, 1995.

Kristanto, Titus. Muliawati, Eka. (2007). Perancangan Stategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada PT Sunan Inti Perkasa. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V

Pujadi, Tri. Kristoanto. Tommy Andre. (2007) Analisis Untuk Perancangan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi Pada PT. Ritrans Cargo. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007).

R. Soebekti, “Hukum Perjanjianâ€, PT. Intermasa, Jakarta, 1998.

Ridhwan Khaerandy, “Aspek Aspek Hukum Franchise dan Keberadaannya Dalam Hukum Indonesiaâ€, Majalah Anisa. Yogjakarta : UII, Yogjakarta, 1992.

Robert W. Emerson, “Franchise Contract Clauses and the Franchisor’s Duty of Care Towards It Franchiseesâ€, Nort Carolina Law Review. Vol 72. April 1994.

Robson, Wendy. (1997). Strategic Management & Information Systems second edition. Prentice Hall, Londo.

Salim H.S, “Perkembangan Hukum Kontrak Innominat di Indonesiaâ€, Cet. Pertama, Sinar Grafika Offset, Jakarta, 2003.

Setiawan, Anis. Safitri Anisa. (2020). Strategi Pemasaran UMKM era Pasar Digital Melalui Pelatihan Kewirausahaan di Kota Tangerang. Jurnal Inovasi Pengabdian masyarakat (JIPKM)

Suharnoko, “Hukum Perjanjian : Teori dan Analisa Kasusâ€, Cet. 1, Kencana, Jakarta, 2004.

Sumarga, Hendi. Febriantom, Hendra. Fitriana, Amalia. (2022). Keputusan pembelian produk umkm kuliner di kota Tangerang: digital marketing dan influencer. Volume. 24 Issue 3 (2022) Pages 537-546.

Tracey A. Nicastro, “Note : How the Cokie Crumbles: the Good Requirement for Terminating Franchise Agreementâ€, Valparaso University Law Review. Vol 28. Winter, 1994.

Warren J. Keegen, “Global Marketing Managementâ€, Prentice Hall International, New York, 1989.

Yüksel, I. (2012). Developing a Multi Criteria Decision Making Model for PESTEL Analysis. International Journal of Business and Management,7(24), 52–66. From: https://doi.org/10.5539/ijbm.v7n24p52.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-06-30