Pengaruh Kualitas Layanan Digital Universitas Pamulang Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pamulang Sebagai Pengguna Studi Kasus : Layanan E-Learning Dan E-Library

Authors

  • Apriana N.Y.G. universitas pamulang
  • Nurfadhlini Nurfadhlini
  • Oci Y.
  • Anwar M.
  • Elzius F.L.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan digital Universitas Pamulang (UNPAM), dalam hal ini sebagai studi kasus pada layanan e-library dan e-learning terhadap kepuasan mahasiswa pasca sarjana UNPAM sebagai penggunanya. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui Google Form kepada 95 responden mahasiswa pasca sarjana yang pernah menggunakan layanan e-library dan e-learning di UNPAM. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Adapun pembagian sampelnya dibagi menjadi empat program studi yaitu magister akuntansi sebanyak 5 responden, Magister ilmu hukum sebanyak 39 responden, magister manajemen sebanyak 42 responden, dan magister teknik informatika sebanyak 9 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Antara kualitas layanan digital Universitas Pamulang dengan kepuasan mahasiswa Universitas Pamulang sebagai pengguna. Hal ini tergambar dalam nilai hasil perhitungan didapatkan nilai signifikan sebesar 0.000. Nilai ini < 0.05, dengan demikian variabel Kualitas Layanan Digital  memiliki pengaruh terhadap variabel Y yaitu Kepuasan Mahasiswa Universitas Pamulang sebagi pengguna layanan

Kata kunci: kualitas layanan digital;kepuasan mahasiswa

References

Fiona Darasanti, Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Indonesia Di Surabaya, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 4, Nomor 6, Februari 2020

Paulyna Carolinsca Seke, Tinneke M. Tumbel, Danny D.S Mukuan, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Aplikasi Pegadaian Digital Cabang Megamas Kota Manado, Productivity, Vol. 3 No. 3, 2022.

Sulistiyani, S., & Pratama, A. (2023). Pengukuran Pembelajaran E-Learning dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Journal on Education, 5(2), 4369-4380. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1156

Sugiyono, Metode penelitian Manajemen, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2022

Mukhadis, Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Pendidikan: Dialektika Prosuder Penelitian Mixwd Methods, Penerbit Media Nusa Creative, Jakarta, 2021

C.Prihandoyo, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan, Jurnal Geo Ekonomi, 2019 DOI: https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.59

Mirna Ayu Novia, Baharuddin Semmaila, Imaduddin, Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan, Tata Kelola, Vol.7, No. 2, Desember 2020

Andi Mehna Mutiara Adha, Eddy Soegiarto, Umi Kulsum, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV. Bengawann Motor Samarinda, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol.10, No.2, 2021

Komaling, S. D., & Kurniawan, P. H., Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Sanrish Indonesia, Jurnal Scientia, Vol.7, No.2, 2020

Crawford J, Cifuentes-Faura J. 2022. Sustainability in higher education during the COVID-19 pandemic: A systematic review. Sustainability 14(3): 1879.

Adisantoso J. 2021. Pembelajaran di era digital: kesiapan teknologi informasi perguruan tinggi. Di dalam: Prosiding Seminar Nasional Transformasi Pembelajaran Nasional (Trapenas 2021) Vol 1: Peluang dan Tantangan Pembelajaran Digital di Era Industri 4.0 Menuju Era 5.0; Pasuruan, Agustus 2021. Pasuruan(ID): PGRI Wiranegara University. hlm 1-9.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Rohrer C. 2014. When to use which user-experience research methods [Internet]. [diakses 2022 Mei 25]; https://www.nngroup.com/articles/which-ux-research-methods.

Sinclair S, Rockwell G. 2015. Getting started. Voyant Tools [Internet]. [diakses 2022 Mei 25]; https:// voyant-tools.org/docs/#!/guide/start.

Downloads

Published

2023-06-30