Strategi Pemasaran untuk Penjualan Battery Vehicle (BEV) di Indonesia

Authors

  • Andre Purwantoro Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • A Faisal

Abstract

Polusi udara adalah salah satu isu global yang menjadi perhatian berbagai negara di dunia. Indonesia salah satu dari negara yang memiliki konsentrasi untuk masalah polusi udara di beberapa kota besar. DKI Jakarta memiliki kadar polusi udara yang tinggi berada di angka 152 dengan polutan utama PM 2,5 berdasarkan data IQAir per 19 Juni 2023. Negara G20 pada tahun lalu di Bali menyepakati beberapa poin untuk isu lingkungan salah satunya yaitu suistanable finance. Pendanaan yang dimaksud adalah agar dapat merangkul sector ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini telah terwujud dan sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No.38 tahun 2023 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah tahun Anggaran 2023 pada 29 Maret 2023. Pelaporan Kementerian ESDM menyebutkan bahwa BEV sangat menguntungkan karena memiliki efisiensi sebesar 29% dibandingkan dengan kendaraan basis BBM hanya sebesar 6%. Beberapa metode strategi pemasaran dapat dilakukan untuk penjualan kendaraan listrik atau BEV. Strategi pemasaran dengan menggunakan Key Opinion Leader, Influencer, Pameran Otomotif, SEO dan Social Media Advertising, dan kolaborasi dengan pemerintah untuk Car Green Day. Key Opinion Leader (KOL) dan influencer dapat membantu meningkatkan brand awareness ke masyarakat melalui media sosial atau platform lainnya. KOL dan influencer berperan juga sebagai public relation dari perusahaan pemilik brand ke konsumen dimana pengikut di media sosial. Pameran otomotif adalah pilihan lainnya untuk strategi pemasaran dengan calon pembeli datang langsung dan mencoba kendaraan listrik atau BEV secara langsung. Search engine optimation (SEO) adalah usaha memaksimalkan website agar dapat muncul di halaman terdepan pada mesin pencarian seperti Google. Perusahaan produksi BEV dapat bekerjasama dengan pemerintah dan NGO untuk membuat program Car Green Day untuk menekan dan memaksa masyarakat untuk membeli kendaraan listri atau BEV.

Kata Kunci: Polusi Udara, Kendaraan Listrik, Strategi Pemasaran

References

Abu Mallouh, M., Abdelhafez, E., Alajlouni, S., & Salah, M. (2021). Battery Electric Vehicle Powertrain Modeling, Simulation, and Performance Analysis. International Review on Modelling and Simulations (IREMOS), 14(6), 466. https://doi.org/10.15866/iremos.v14i6.21088

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027

Triyono, R., Mutia, Y. A., Purwansya, Y. G., & Hidayati, N. (2022). Strategi Social-Interactive Marketing Dalam Rangka Menciptakan Brand Awareness dan Brand Image Produk Mobil BEV (Battery Vehicle) Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(4), 505–520. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i4.247

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12