Strategi Pemasaran untuk Penjualan Battery Vehicle (BEV) di Indonesia
Abstract
Polusi udara adalah salah satu isu global yang menjadi perhatian berbagai negara di dunia. Indonesia salah satu dari negara yang memiliki konsentrasi untuk masalah polusi udara di beberapa kota besar. DKI Jakarta memiliki kadar polusi udara yang tinggi berada di angka 152 dengan polutan utama PM 2,5 berdasarkan data IQAir per 19 Juni 2023. Negara G20 pada tahun lalu di Bali menyepakati beberapa poin untuk isu lingkungan salah satunya yaitu suistanable finance. Pendanaan yang dimaksud adalah agar dapat merangkul sector ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini telah terwujud dan sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No.38 tahun 2023 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Roda Empat Tertentu dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bus Tertentu yang Ditanggung Pemerintah tahun Anggaran 2023 pada 29 Maret 2023. Pelaporan Kementerian ESDM menyebutkan bahwa BEV sangat menguntungkan karena memiliki efisiensi sebesar 29% dibandingkan dengan kendaraan basis BBM hanya sebesar 6%. Beberapa metode strategi pemasaran dapat dilakukan untuk penjualan kendaraan listrik atau BEV. Strategi pemasaran dengan menggunakan Key Opinion Leader, Influencer, Pameran Otomotif, SEO dan Social Media Advertising, dan kolaborasi dengan pemerintah untuk Car Green Day. Key Opinion Leader (KOL) dan influencer dapat membantu meningkatkan brand awareness ke masyarakat melalui media sosial atau platform lainnya. KOL dan influencer berperan juga sebagai public relation dari perusahaan pemilik brand ke konsumen dimana pengikut di media sosial. Pameran otomotif adalah pilihan lainnya untuk strategi pemasaran dengan calon pembeli datang langsung dan mencoba kendaraan listrik atau BEV secara langsung. Search engine optimation (SEO) adalah usaha memaksimalkan website agar dapat muncul di halaman terdepan pada mesin pencarian seperti Google. Perusahaan produksi BEV dapat bekerjasama dengan pemerintah dan NGO untuk membuat program Car Green Day untuk menekan dan memaksa masyarakat untuk membeli kendaraan listri atau BEV.
Kata Kunci: Polusi Udara, Kendaraan Listrik, Strategi Pemasaran
References
Abu Mallouh, M., Abdelhafez, E., Alajlouni, S., & Salah, M. (2021). Battery Electric Vehicle Powertrain Modeling, Simulation, and Performance Analysis. International Review on Modelling and Simulations (IREMOS), 14(6), 466. https://doi.org/10.15866/iremos.v14i6.21088
Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027
Triyono, R., Mutia, Y. A., Purwansya, Y. G., & Hidayati, N. (2022). Strategi Social-Interactive Marketing Dalam Rangka Menciptakan Brand Awareness dan Brand Image Produk Mobil BEV (Battery Vehicle) Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(4), 505–520. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i4.247
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.