Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Dan Komunikasi Perubahan Perilaku

Authors

  • Andreas Bona Christy Manalu Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Media sosial merupakan strategi pemasaran untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakanmediadigital. Pemasaran melalui media sosial dapat memberikan kemudahan dan keutungan yang signiï¬kan kepada UKM/wirausaha. Pemasaran sosial menggunakan media sosial merupakan inovasi baru seiring dengan meningkatnya pengguna aktif media sosial. Inovasi tersebut juga mendukung adaptasi kebiasaan baru untuk menghindari kerumunan dalam upaya promosi usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya optimalisasi penggunaan media sosial dalam pemasaran dan komunikasi perubahan perilaku. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode literature review. Sumber data didapatkan melalui database online Google Scholars dan LibGen antara bulan November 2017 hingga bulan Maret 2018. Beberapa penelitian juga diperoleh dengan mencari daftar referensi dari beberapa publikasi yang berkualitas tinggi. Demikian pula, e-book yang sesuai dipilah dan diambil informasinya yang relevan.

Kata kunci : media sosial, pemasaran sosial, komunikasi perubahan perilaku, mengintegrasi media sosial dan pemasaran sosial, komunikasi perubahan perilaku menggunakan sosial media

References

Adewuyi, Emmanuel Olorunleke. 2016. “Behavior Change Communication Using Social Media : A Review Behavior Change Communication Using Social Media : A Review.†The International Journal of Communication and Health 1 (9): 9.

Apriansyah. 2018. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Sumsel.†Jurnal Digital Teknologi Informasi 1 (2): 64–70.

Aurelia Putri, Andhini, and Diansanto Prayoga. 2021. “MEDIA KESEHATAN

MASYARAKAT INDONESIA Pemasaran Sosial Menggunakan Media Sosial Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19: Tinjauan Literatur.†Ejournal.Undip.Ac.Id 20: 144–49. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkmi.

Gunadi, R. 2021. “Perubahan Perilaku Komunikasi Interpersonal Keluarga Akibat Penggunaan Media Sosial Online.†https://idr.uinantasari.ac.id/id/eprint/17488%0Ahttp://idr.uinantasari.ac.id/17488/2/Awal.pdf.

Hatta, M. 2019. “Media Sosial, Sumber Keberagamaan Alternatif Anak Milenial Fenomena

Cyberreligion Siswa SMA Negeri 6 Depok Jawa Barat.†Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan 22 (1): 1–30. https://doi.org/10.15408/dakwah.v22i1.12044.

Korda, Holly, and Zena Itani. 2013. “Harnessing Social Media for Health Promotion and Behavior Change.†Health Promotion Practice 14 (1): 15–23. https://doi.org/10.1177/1524839911405850.

Laranjo, Liliana, Amaël Arguel, Ana L. Neves, Aideen M. Gallagher, Ruth Kaplan, Nathan

Mortimer, Guilherme A. Mendes, and Annie Y.S. Lau. 2014. “The Influence of Social Networking Sites on Health Behavior Change: A Systematic Review and Meta-Analysis.†Journal of the American Medical Informatics Association 22 (1): 243–56. https://doi.org/10.1136/amiajnl-2014-002841.

Lubis, N R A. 2022. “Informasi Berbasis Media Sosial Pada Perpustakaan Digit al.†Jurnal Pari 8: 53–56. http://ejournal- balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/article/view/11517%0Ahttp://ejournal- balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/article/download/11517/7958.

Mumtahana, Hani Atun, Sekreningsih Nita, and Adzinta Winerawan Tito. 2017. “Pemanfaatan Web E-Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran.†Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika 3 (1): 6–15. https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309.

Setiawan, K. 2018. “Pemasaran Melalui Sosial Media.†Www.Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/kendysetiawan/5ded08fd097f3607cc402753/pemasaran- melalui-sosial-media.

Taufik, Muhammad. 2020. “Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Dan Informasi Organisasi Yang Efektif.†2020. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/meulaboh/id/data- publikasi/artikel/2862-media-sosial.html.

Thackeray, Rosemary. 2012. “Integrating Social Media and Social Marketing: A Four-Step Process.†Social Marketing and Health Communication 13. https://www.jstor.org/stable/26739546.

Thackeray, Rosemary, Brad Neiger, and Heidi Keller. 2012. “Integrating Social Media and Social Marketing: A Four-Step Process.†Health Promotion Practice 13 (March): 165–68. https://doi.org/10.1177/1524839911432009.

Yulia, Irla. 2018. “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review).†Hearty 6 (2). https://doi.org/10.32832/hearty.v6i2.1276.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12