Analisis Bauran Promosi Unit Pemasaran Studi Kasus di Klinik Medika Sejahtera

Authors

  • Andrianus Yoga Bimantara

Abstract

Pada tahun 2022, jumlah pasien di Klinik Medika Sejahtera akan berkurang setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran yang meliputi 7P (Product, Price, Promotion, Place, People, Process dan Physical evidence) untuk memastikan bahwa bisnis klinik berjalan dengan baik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi langsung di klinik Medika Sejahtera dengan empat informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi (lokasi) pemilihan lokasi klinik cukup strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat, bauran produk (produk) pelayanan yang diberikan oleh klinik cukup lengkap, kombinasi (harga) produk pelayanan yang diberikan oleh klinik cukup terjangkau, dan sesuai dengan yang disediakan Konsisten dengan fasilitas, sumber daya manusia untuk memberikan layanan campuran (pribadi) Klinik cukup memuaskan pasien, kombinasi aplikasi klinik (proses) cukup baik, tidak rumit untuk membingungkan pasien, dan kombinasi fasilitas klinik yang menarik dan lingkungan sekitar (bukti fisik) Klinik cukup bersih, namun karena Areanya sempit, tempat parkir tidak cukup, bauran promosi (promosi) yang dijalankan oleh klinik tidak maksimal

Kata kunci : Bauran Pemasaran, Promosi, Klinik

References

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027

’Kotler, P., & ’Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition (L. Albelli & S. Jackson, Eds.; 17th ed.). Pearson.

Purba, I. A., & Maghfiroh, S. F. (2022). PERAN MODEL BISNIS BANCASSURANCE MELALUI NASABAH BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PT AJS AL-AMIN KEDIRI. Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 1. https://doi.org/10.35194/arps.v2i1.2323

Wauran-Wicaksono, I. (2015a). AKTIVITAS BANCASSURANCE DALAM DUNIA PERBANKAN: ADAKAH PRAKTIK BUNDLING YANG MELANGGAR HUKUM PERSAINGAN USAHA? Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1), 77. https://doi.org/10.24246/jrh.2015.v9.i1.p77-90

Wauran-Wicaksono, I. (2015b). AKTIVITAS BANCASSURANCE DALAM DUNIA PERBANKAN: ADAKAH PRAKTIK BUNDLING YANG MELANGGAR HUKUM PERSAINGAN USAHA? Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1), 77. https://doi.org/10.24246/jrh.2015.v9.i1.p77-90

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12