Marketing Intelligence Sebagai Stratejik Bisnis Dalam Mencari Potensi Bisnis Funding Institusi : Studi Kasus Industri Televisi

Authors

  • Bastian Ramadhan Dwi Putra Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sri Yanthy Yosepha

Abstract

Kondisi ekonomi dunia yang penuh ketidakpastian membuka peluang-peluang risiko terbuka lebar. Hal ini mengakibatkan adanya kebijakan moneter yang ketat di beberapa negara termasuk Indonesia. Bank Inndonesia meningkatkan BI7DRR dari 3,50 menjadi 5,75 pada Januari 2023. Peningkatan suku bunga BI7DRR ini mengakibatkan penyesuaian bunga deposito di sektor perbankan. Kebijakan internal perbankan mempertahankan nasabah pareto dan mengganti nasabah yang nominal kecil dan bunga deposito besar menjadi nasabah yang lebih menguntungkan. Pencarian penggantian nasabah ini harus didukung oleh kebijakan stratejik oleh pihak internal perbankan. Marketing intelligence dapat membantu Menyusun kebijakan tersebut dengan meliputi customer insight, market understanding , product intelligence  dan competitor intelligence. Pada penelitian ini memilih industri televisi karena memiliki peluang bisnis funding yang sangat besar dari lini bisnis iklan televisi. Terdapat 695 stasiun televisi seluruh Indonesia, namun terdapat 12 televisi nasional. Penyeleksian stasiun televisi dengan menggunakan bahan informasi public yaitu harga iklan di masing-masing televisi dan jumlah penonton. Penyeleksian ini digunakan untuk membuat fokus menggali potensi bisnis pada ruang lingkup nasabah yang kecil tetapi memiliki ukuran tiket yang besar. Dari 12 stasiun televisi nasional menjadi 7 stasiun televisi dengan menggunakan nilai Batasan bawah 5,0 untuk jumlah penonton. Pengelompokkan 7 stasiun televisi menjadi 3 kelompok berdasarkan perusahaan holding yaitu Trans Corp, MNC dan EMTEK. Namun Trans Corp tereliminasi karena sangat jauh dari kedua holding lainnya. Metode selanjutnya adalah informasi penggunaan jasa funding perbankan yang telah digunakan dari kedua holding tersebut dari laporan keuangan. Skenario optimis 10% dari total nominal dana pihak ketiga dari kedua holding dengan batasan minimal bunga deposito yang sama dengan BI7DRR menjadi usulan penawaran ke kedua holding company. Namun, usulan penawaran membutuhkan analisa dan perhitungan lebih lanjut untuk perbankan syariah.Karena prinsip perbankan syariah menggunakan perhitungan nisbah bukan bunga untuk produk deposito

Kata Kunci:      BI7DRR, Customer Insight, Competitor Intelligence, Deposito, Marketing Intelligence, Market Understanding

References

Budi HH, S. (2013). Industri Televisi Swasta Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Politik. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 1(1). https://doi.org/10.24002/jik.v1i1.156

Ichsan, N. (2014). PENGELOLAAN LIKUIDITAS BANK SYARIAH. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 6(1). https://doi.org/10.15408/ijies.v6i1.1371

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027

Kotler, P., & ’Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition (L. Albelli & S. Jackson, Ed.; 17 ed.). Pearson.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12