Marketing Intelligence Sebagai Stratejik Bisnis Dalam Mencari Potensi Bisnis Funding Institusi : Studi Kasus Industri Televisi
Abstract
Kondisi ekonomi dunia yang penuh ketidakpastian membuka peluang-peluang risiko terbuka lebar. Hal ini mengakibatkan adanya kebijakan moneter yang ketat di beberapa negara termasuk Indonesia. Bank Inndonesia meningkatkan BI7DRR dari 3,50 menjadi 5,75 pada Januari 2023. Peningkatan suku bunga BI7DRR ini mengakibatkan penyesuaian bunga deposito di sektor perbankan. Kebijakan internal perbankan mempertahankan nasabah pareto dan mengganti nasabah yang nominal kecil dan bunga deposito besar menjadi nasabah yang lebih menguntungkan. Pencarian penggantian nasabah ini harus didukung oleh kebijakan stratejik oleh pihak internal perbankan. Marketing intelligence dapat membantu Menyusun kebijakan tersebut dengan meliputi customer insight, market understanding , product intelligence dan competitor intelligence. Pada penelitian ini memilih industri televisi karena memiliki peluang bisnis funding yang sangat besar dari lini bisnis iklan televisi. Terdapat 695 stasiun televisi seluruh Indonesia, namun terdapat 12 televisi nasional. Penyeleksian stasiun televisi dengan menggunakan bahan informasi public yaitu harga iklan di masing-masing televisi dan jumlah penonton. Penyeleksian ini digunakan untuk membuat fokus menggali potensi bisnis pada ruang lingkup nasabah yang kecil tetapi memiliki ukuran tiket yang besar. Dari 12 stasiun televisi nasional menjadi 7 stasiun televisi dengan menggunakan nilai Batasan bawah 5,0 untuk jumlah penonton. Pengelompokkan 7 stasiun televisi menjadi 3 kelompok berdasarkan perusahaan holding yaitu Trans Corp, MNC dan EMTEK. Namun Trans Corp tereliminasi karena sangat jauh dari kedua holding lainnya. Metode selanjutnya adalah informasi penggunaan jasa funding perbankan yang telah digunakan dari kedua holding tersebut dari laporan keuangan. Skenario optimis 10% dari total nominal dana pihak ketiga dari kedua holding dengan batasan minimal bunga deposito yang sama dengan BI7DRR menjadi usulan penawaran ke kedua holding company. Namun, usulan penawaran membutuhkan analisa dan perhitungan lebih lanjut untuk perbankan syariah.Karena prinsip perbankan syariah menggunakan perhitungan nisbah bukan bunga untuk produk deposito
Kata Kunci: BI7DRR, Customer Insight, Competitor Intelligence, Deposito, Marketing Intelligence, Market UnderstandingReferences
Budi HH, S. (2013). Industri Televisi Swasta Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Politik. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 1(1). https://doi.org/10.24002/jik.v1i1.156
Ichsan, N. (2014). PENGELOLAAN LIKUIDITAS BANK SYARIAH. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 6(1). https://doi.org/10.15408/ijies.v6i1.1371
Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027
Kotler, P., & ’Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition (L. Albelli & S. Jackson, Ed.; 17 ed.). Pearson.
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.