Pengaruh Influencer Untuk Strategi Pemasaran Digital Era Modern di Sosial Media

Authors

  • Cahya Widi Setiyani Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • M. Subagio

Abstract

Penjualan barang dagang melalui fitur broadcast message di Blackberry pada awal tahun 2010-an adalah awal mula perdagangan digital yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun pengecekan pembayaran untuk transaksi jual beli secara manual, perdagangan melalui fitur ini sangat tinggi. Namun seiring munculnya banyak marketplace digital, masyarakat Indonesia beralih melakukan transaksi jual beli melalui platform lain seperti media sosial. Istilah engagement media sosial sangat penting dalam masa ini. Istilah tersebut digunakan untuk melihat intensitas pengguna lain untuk berkunjung ke akun halaman media sosial kita. Namun beberapa kali algoritma media sosial berubah sehingga trik peningkatan engagement selalu gagal. Rendahnya engagement media sosial ini dapat diselesaikan dengan menyewa jasa influencer di media sosial. Berdasarkan data statistik, penggunaan influencer tiap tahun makin tinggi sehingga jasa influencer masih sangat diminati. Tetapi risiko tinggi penggunaan influencer muncul karena sejumlah 10% dari total akun media sosial adalah akun palsu atau akun bot. Sehingga langkah mencegah risiko tersebut, brand harus mengecek statistik engagement calon influencer yang akan disewa. Selain itu, wawasan influencer terhadap product knowledge yang akan ditawarkan melalui media sosial harus diperhatikan. Karena sekitar 20% brand bingung memilih influencer yang cocok dengan brand. Berdasarkan penelitian tentang penyewaan jasa influencer dii Tokopedia yang dilakukan oleh Herianto dan Hasbi (2021) bahwa variabel Social Media Influencer, pernyataan yang mendapatkan skor terendah adalah influencer mampu memberikan informasi tentang Tokopedia dengan sangat baik ", peneliti menyarankan agar PT. Tokopedia dapat membantu influencer memberikan informasi yang dibutuhkan seperti diskon dan promo yang sedang berlangsung pada Tokopedia ataupun influencer dapat memiliki salah satu toko di Tokopedia. Hal ini dapat disimpulkan bahwa influencer masih dapat dinilai mampu untuk meningkatkan penjualan suatu brand di era masa modern digital.

Keywords: engagement ,digital, influencer, penjualan digital

References

Cooley, D., & Parks-Yancy, R. (2019). The Effect of Social Media on Perceived Information Credibility and Decision Making. Journal of Internet Commerce, 18(3), 249–269. https://doi.org/10.1080/15332861.2019.1595362

Freberg, K., Graham, K., McGaughey, K., & Freberg, L. A. (2011). Who are the social media influencers? A study of public perceptions of personality. Public Relations Review, 37(1), 90–92. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2010.11.001

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027

Zaki, M. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14–23. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.350

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Published

2023-08-12