Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone

Authors

  • Devia Fairus Bilqis Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sri Widodo

Abstract

Keputusan pembelian smartphone merupakan hal yang penting dan kompleks bagi konsumen di era digital saat ini. Konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan merek dan model smartphone yang berbeda, sehingga mereka harus mempertimbangkan berbagai faktor sebelum membuat keputusan pembelian. Kualitas produk dan citra merek merupakan faktor penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Hasil ini juga menunjukkan bahwa model penelitian ini yaitu variabel Citra Merek dan Kualitas Produk memiliki hubungan yang cukup kuat, artinya Citra Merek, Kualitas Produk dan variabel Keputusan Pembelian memiliki keterkaitan yang kuat dan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan Keputusan Pembelian secara signifikan. Kualitas produk serta citra merek mempengaruhi tingkatan kepuasan konsumen pengguna smartphone. Kualitas produk yang baik hendak menaikkan tingkat kepuasan pelanggan sebab produk tersebut sanggup memenuhi kebutuhan ataupun harapan konsumen. Tidak hanya itu, citra merek yang kuat pula berfungsi berarti dalam membentuk anggapan positif pada benak konsumen mengenai suatu brand.

Kata kunci : Kualitas Produk, Citra Merek dan Kepuasan Konsumen

References

Akbar, M. F. D., Lubis, N., dan Listyorini, S. (2014) Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk

Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pemilik Iphone (Studi Pada Mahasiswa S1

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Administrasi

Bisnis

Ali, H., Narulita, E., & Nurmahdi, A. (2018). Saudi Journal of Business and Management Studies ( SJBMS ) The Influence of Service Quality , Brand Image and Promotion on Purchase Decision at MCU Eka Hospital. Business and Management Studies. https://doi.org/10.21276/sjbms.2018.3.1.12

Carlos Mena dkk (2020) dalam jurnal "The impact of quality management practices on innovation in the food industryâ€

Elizabeth Cudney (2019) dalam jurnal "An empirical investigation of the relationship between manufacturing flexibility and product quality"

Goodstats.id (2022) Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone di Indonesia

Hapzi Ali, C. M. A., Augustina Kurniasih, M. E., & Siti Hairiyah, M. M. (2017). Customer Decision Analysis in Taking Multipurpose Loan: Promotions, location and Credit Procedures (A Case of the Bank" PQR Jakarta").

K. L. Keller (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity (4th edition). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson EducationLimited.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). A framework for marketing management, sixth edition, global edition. England: Pearson

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13.Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Kuo-Ching Wang dan lain-lain (2018) The impact of e-service quality, customer satisfaction and loyalty on e-marketing: Moderating effect of perceived value

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2019). Perilaku konsumen. Bandung: Refika Aditama. Maria, M., & Anshori, M. Y. (2013). Jurnal Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, (1), 50–51. Diambil dari https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/article/view/2654.

Mulyanto (2013). Analisis Kualitas Produk, Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Di Supermarket Giant Tlogosari. Skripsi. Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

N. R. Nurhayati dkk (2021) dalam jurnal The Effect of Corporate Social Responsibility on Brand Image and Customer Loyalty in the Hotel Industry

Nugroho, T, D. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Rokok Surya. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen(JRMM) Vol. 3 No. 1.

Ratnasari, M. D., Seno, A. H., dan Listyorini, S. (2014) Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fisip Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Politic.

S. Kim et.,al (2017) dalam jurnal "The Impact of Country-of-Origin Image on Consumer Perceptions of Product Quality and Risk"

Sari, R., & Novianti, F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Smartphone Android Merek Samsung di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya Ilir (JMB-SI), 3(2), 305-316.

Sutisna (2002) Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Andi.

(2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

(2015) Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi

Yulihasri (2017) dalam prosiding seminar nasional "Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Bus Antar Kota"

Sari, R., & Novianti, F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Smartphone Android Merek Samsung di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya Ilir (JMB-SI), 3(2), 305-316.

Sutisna (2002) Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Andi.

(2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

(2015) Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi

Yulihasri (2017) dalam prosiding seminar nasional "Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Bus Antar Kota"

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12