Penentuan Brand Ambasador Sebagai Usaha Marketing Communication Strategy Bimbel Ruangguru Di Masa Wabah Corona Virus Disease 2019

Authors

  • Ika Isnawati Universitas Dirgantara MarsekaL Suryadarma

Abstract

Upaya pendidikan di Indonesia dilakukan meskipun kehancuran akibat tsunami dengan keberanian yang luar biasa. Perlu adanya bantuan berupa materi-materi pendidikan, seperti yang disediakan oleh kantor fakultas. Alat pendidikan digital berbasis internet dibuat tersedia untuk siswa dan instruktur dalam konteks pengaturan sekolah tradisional. Agar Ruang Guru tetap selangkah lebih maju dari para pesaingnya, perusahaan perlu menggunakan sarana komunikasi pemasaran yang efisien, seperti menemukan dan mempromosikan duta merek. Pada tahun 2021, masing-masing dari lima perusahaan rekaman besar akan memilih lima musisi baru untuk menjadi perwakilan resmi mereka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses penyusunan strategi komunikasi pemasaran Ruang Guru melalui proses pemilihan brand ambassador dan menganalisis reaksi audiens terhadap brand ambassador tersebut. Metode penelitian melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pada tahun 2021, seorang Brand Ambassador Guru akan dipilih. Individu ini akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan nilai positif merek organisasi. Teknik tarik, dorong, dan profil adalah beberapa contoh ide komunikasi pasar yang telah berhasil digunakan. Empat puluh orang berpartisipasi dalam penelitian tersebut, dan temuan akhir mengungkapkan bahwa mereka semua setuju dengan pemilihan duta merek. Dua puluh delapan persen dari orang-orang itu memilih Prilly Latuconsina sebagai "Brand Ambassador" yang paling cocok di kelas. Selain itu, sejumlah besar klien berpendapat bahwa lima Duta Merek teratas dipilih karena tingkat profesionalisme yang tinggi yang dimiliki masing-masing, serta profesionalisme dan reputasi positif yang dibawa masing-masing ke perusahaan. semua. Ada kemungkinan bahwa anggota SDM yang tersisa akan diberikan rekomendasi bahwa mereka harus meningkatkan kualitas materi mereka dan lebih berhati-hati dalam memilih duta merek yang sejalan dengan tujuan perusahaan.

Kata kunci : Brand Ambasador, Marketing Comunication Strategy dan Bimbel Ruangguru

References

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129.

Agustin, M. (2020). Implementasi Teknologi Pendidikan Berbasis Digital dalam Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa: (Studi Kasus Pada Start-Up Bimbingan Belajar dalam Jaringan Ruangguru di Kota Yogyakarta) [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo].

Anjarsari, D. F., & Hendriyani, C. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Terpaan Iklan, dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Berlangganan. Universitas Sebelas Maret.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218

Caturini, R. (2018). Perluas Pasar, Ruangguru Teken Kerja Sama dengan Pemkab Banyuwangi. Kontan.Co.Id.

Hidayat, M. (2020). Ruangguru Dapuk 4 Brand Ambassador Baru. Liputan6.Com.

Joo-Young, J., & Moro, M. (2012). Cross-Level Analysis of Social Media: Toward the Construction of an Ecological Framework. J Soc Sci, 53–74.

Krisnawati. et all, E. (2016). Studi Kasus Perilaku Remaja di Kota Salatiga dalam Penggunaan Media. Komunikatif, 5(1), 43–69.

Kurniandari, R. (2018). Bikin Bangga! Kurang dari 2 Tahun, Iqbaal Ramadhan Lulus Pendidikan di AS, Begini Potretnya Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Bikin Bangga! Kurang dari 2 Tahun, Iqbaal Ramadhan Lulus Pendidikan di AS, Begini Potretnya. TribunJakarta.Com.

Lea-Greenwood, G. (2013). Fashion Marketing Communications E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187– 196.

Muhamad, S. V. (2021). Pandemi Covid-19 Sebagai Persoalan Serius Banyak Negara di Dunia. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XIII(13), 7–12.

Pakpahan, S. P. (2011). Gaya Belajar Dan Strategi Belajar Mahasiswa Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh Medan. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 12(1), 49–65

Puspitasari, A. (2021). 5 Brand Ambassador Baru Ruangguru untuk Temani BelajarMakin Seru. Ruangguru.Com. https://www.ruangguru.com/blog/brandambassador-baru-ruangguru

Putra, M. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 12(1), 83211

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71–90.

Setiawati, N. S. R. dan 2Mia. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru†Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 241–246.

Shoumi, A. Z. (2019). Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2.23.1-2.23.6.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, Pub. L. No. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O 1 (2020).

Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167– 185.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12