Optimalisasi Strategi Pemasaran Dengan Facebook Ads
Abstract
Digital marketing merupakan cara baru untuk meningkatkan pertumbuhan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi digital/internet. Terdapat beberapa macam iklan yang disediakan oleh Facebook Ads. Jika dilihat dari bentuknya terdapat iklan video dan iklan gambar. Facebook Ads juga memiliki beberapa kategori iklan yang dilihat dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya. Pemasaran digital diartikan sebagai strategi pemasaran dengan menggunakan internet (Wardhana, 2015). Internet menjadi bagian dari gaya hidup yang mempengaruhi pola hidup manusia (Roger dan Rahardjo, 2011) dengan ciri-ciri internet digunakan Interactivity, Demassification, Asynchronous. Selain itu pemakaian digital marketing dalam strategi pemasaran dengan beberapa keunggulan seperti jangkauan global, biaya murah, hasil yang bisa dilacak dan terukur, profiling, keterbukaan, mata uang sosial dan tingkat konversi yang tinggi. Pembuatan akun Facebook adalah syarat utama untuk memanfaatkan Facebook Ads. Setelah membuat halaman bisnis di media sosial Facebook, pengusahan online harus membuat Facebook Ads. Pada pengujian hipotesis yang telah dilakukan sebelumnya didapatkan bahwa iklan detailed targeting dengan iklan Lookalike berbeda signifikan. Fitur Lookalike yang digunakan berasal dari custom audience yang dibuat berdasarkan data nomor handphone konsumen toko online sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua iklan dengan fitur Lookalike memiliki hasil yang paling baik. Hal ini mungkin disebabkan oleh data nomor handphone yang digunakan merupakan data historis yang cukup lama bukan data terbaru took online. Menurut hasil penelitian Sari dkk (2021) dengan melakukan pengujian iklan Facebook dengan fitur ad set yaitu Lookalike, Detailed Targeting, Detailed Targeting + Page dan Like. Pengujian hipotesis kedua adalah perbandingan iklan detailed targeting dengan detailed targeting + page like. Perbedaan hasil kedua iklan tersebut cukup jauh tetapi secara statistik disimpulkan bahwa kedua iklan tersebut tidak jauh berbeda
Kata Kunci : Facebook, Facebook Ads, Pemasaran Digital
References
Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085
Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027
’Kotler, P., & ’Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition (L. Albelli & S. Jackson, Eds.; 17th ed.). Pearson.
Pritama, A. D., & Aziz, I. R. (2021). PELATIHAN BERIKLAN DI FACEBOOK (FB ADS) DI PONDOK MODERN AZ ZAHRA AL GONTORY SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 59. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.30980
Sari, H., Salim, A. L., & Setiaboedi, A. P. (2021). Perancangan Profil Target Audience Pada Facebook Ads untuk Toko Online XYZ. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(1), 1–17. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i1.1-17
Taryono, T. (2023). Konsep Digital Marketing Berbasis Facebook Ads Dalam Strategi Pemasaran. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 24(1), 90–101. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v24i1.983
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.