Optimalisasi Strategi Pemasaran Dengan Facebook Ads

Authors

  • Jajuli Jajuli Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sri Yanthy Yosepha

Abstract

Digital marketing merupakan cara baru untuk meningkatkan pertumbuhan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi digital/internet. Terdapat beberapa macam iklan yang disediakan oleh Facebook Ads. Jika dilihat dari bentuknya terdapat iklan video dan iklan gambar. Facebook Ads juga memiliki beberapa kategori iklan yang dilihat dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya. Pemasaran digital diartikan sebagai strategi pemasaran dengan menggunakan internet (Wardhana, 2015). Internet menjadi bagian dari gaya hidup yang mempengaruhi pola hidup manusia (Roger dan Rahardjo, 2011) dengan ciri-ciri internet digunakan Interactivity, Demassification, Asynchronous. Selain itu pemakaian digital marketing dalam strategi pemasaran dengan beberapa keunggulan seperti jangkauan global, biaya murah, hasil yang bisa dilacak dan terukur, profiling, keterbukaan, mata uang sosial dan tingkat konversi yang tinggi. Pembuatan akun Facebook adalah syarat utama untuk memanfaatkan Facebook Ads. Setelah membuat halaman bisnis di media sosial Facebook, pengusahan online harus membuat Facebook Ads. Pada pengujian hipotesis yang telah dilakukan sebelumnya didapatkan bahwa iklan detailed targeting dengan iklan Lookalike berbeda signifikan. Fitur Lookalike yang digunakan berasal dari custom audience yang dibuat berdasarkan data nomor handphone konsumen toko online sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua iklan dengan fitur Lookalike memiliki hasil yang paling baik. Hal ini mungkin disebabkan oleh data nomor handphone yang digunakan merupakan data historis yang cukup lama bukan data terbaru took online. Menurut hasil penelitian Sari dkk (2021) dengan melakukan pengujian iklan Facebook dengan fitur ad set yaitu Lookalike, Detailed Targeting, Detailed Targeting + Page dan Like.  Pengujian hipotesis kedua adalah perbandingan iklan detailed targeting dengan detailed targeting + page like. Perbedaan hasil kedua iklan tersebut cukup jauh tetapi secara statistik disimpulkan bahwa kedua iklan tersebut tidak jauh berbeda

Kata Kunci : Facebook, Facebook Ads, Pemasaran Digital

References

Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027

’Kotler, P., & ’Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition (L. Albelli & S. Jackson, Eds.; 17th ed.). Pearson.

Pritama, A. D., & Aziz, I. R. (2021). PELATIHAN BERIKLAN DI FACEBOOK (FB ADS) DI PONDOK MODERN AZ ZAHRA AL GONTORY SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 59. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.30980

Sari, H., Salim, A. L., & Setiaboedi, A. P. (2021). Perancangan Profil Target Audience Pada Facebook Ads untuk Toko Online XYZ. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(1), 1–17. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i1.1-17

Taryono, T. (2023). Konsep Digital Marketing Berbasis Facebook Ads Dalam Strategi Pemasaran. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 24(1), 90–101. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v24i1.983

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12