STUDI LITERATUR: Analisis Penetapan Harga Jual Terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Marcellino Dwi Tirta Wahyudi Sasminto Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami strategi dalam penentuan harga jual dengan metode literature review dalam menjalankan usaha. Pada studi literatur penelitian ini, terdapat kegunaan teori dalam aktivitas kewirausahaan. Dalam menjalankan bisnis pentingnya penentuan harga jual dalam pertumbuhan usaha. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan penjualan dalam mempertahankan konsumen ketika permintaan menurun atau meningkat. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan mengidentifikasi cara penentuan harga pokok penjualan untuk harga jual agar mendapatkan kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa terdapat strategi penentuan harga jual dalam mengelola usaha dapat memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga penjualan dapat meningkat. Hasil penelitian ini diharapakan dapat menjadi panduan untuk menjadi strategi bagi semua orang yang mau memulai aktivitas kewirausahaan agar dapat berjalan dengan sempurna.

Kata Kunci: Studi Literatur, Penetapan Harga, Kepuasan Konsumen

References

Baxter, J., Chua, W. F., Elharidy, A. M., Nicholson, B., Scapens, R. W., & Gurd, B. (2008).

Qualitative Research in Accounting & Management"Remaining consistent with method? An analysis of grounded theory research in accounting. Qualitative Research in Accounting & Management Qualitative Research in Accounting & Management Qualitative Research in Accounting & Management, 5(7), 101–121. https://doi.org/10.1108/11766090810888917

Bustami, B dan Nurlela. (2010). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bustami, B dan Nurlela. (2010). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Halim, A. Et al., (2013). Akuntansi Manajemen: Akuntansi Manajerial. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Komara, Bintang dan Sudarma, Ade. 2016. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi dengna Metode Full

Costing sebagai Dasar Penetapan Harga Jual pada CV Salwa Meubel. Sukabumi: Universitas

Muhammadiyah Sukabumi ISSN 20886969 Vol. 5 Edisi 9, Okt 2016.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi

Manajemen Perusahaan YKPN.

Mursyidi. (2010). Akuntansi Biaya. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muslihana, M. (2019). Evaluasi Product Life Cycle (Plc) Untuk Menentukanstrategi Bauran

Pemasaran Pada Bebek Galak 88.

Nurul, I. N. 2015. Pengaruh Sikap Kewirausahaan, Norma Subyektif, dan Efikasi Diri Terhadap Perilaku Berwirausaha Melalui Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan Volume 3, Nomor 1, Tahun 2015 Halaman 5- 20 http://ojs.jurnalepk.web.id.

Ririn Tri Ratnasari & Mastuti. 2011 Manajemen Pemasaran Jasa, ghalia Indonesia

Supriyono. (2013). Akuntansi Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPEF. Widilestariningtyas. Et al., (2012). Akuntansi Biaya. Edisi Kesatu. Graha Ilmu: Yogyakarta Zulkarnaen, Wandy dan Amin, Neneng Nurbaeti. 2018. Pengaruh Strategi Penetapan Harga terhadap

Kepuasan Konsumen (Studi terhadap Rema Laundry dan Simply Fresh Laundry di Jalan Cikutra

Bandung. Bandung: STIE Muhammadiyah Bandung ISSN: 2541.5255 Vo;. 2 No. 1 2018.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12