Analisis Strategi Brand Ambasador dan Membangun Brand Awareness E-Commerce Shoppee di Medsos dalam Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Muhammad Khafid Faizal Universitas Dirgantara MarsekaL Suryadarma

Abstract

Shopee adalah bagian penting dari sektor ekonomi e-bisnis dan e-commerce yang berkembang pesat di zaman modern. Pertumbuhan ini dimungkinkan oleh penerapan teknologi informasi yang inovatif dalam upaya mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar internasional. Shopee telah memasuki pasar dengan strategi yang dirancang untuk menyudutkannya, seperti menawarkan insentif yang menarik kepada penggunanya untuk melakukan pembelian melalui platformnya, serta strategi yang melibatkan penggunaan nama merek untuk menarik pelanggan dalam upaya meningkatkan penjualan. Ini hanyalah dua contoh dari jenis strategi yang digunakan Shopee. Pesatnya pertumbuhan bisnis yang dilakukan secara online telah meningkatkan tingkat persaingan. Perusahaan dituntut untuk bersaing untuk mendapatkan loyalitas klien dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meningkatkan tingkat kesadaran pelanggan mengenai produk dan layanan yang mereka tawarkan. Shopee menjual dagangannya tidak hanya di platformnya sendiri, tetapi juga melalui jejaring media sosial, yang sangat membantu dalam meningkatkan target audiensnya. Inilah salah satu alasan mengapa Shopee menerapkan teknik yang efisien untuk membangun kesadaran merek dan basis kliennya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan analisis tentang duta merek dan strategi kesadaran merek yang diterapkan oleh platform e-commerce Shopee di berbagai platform media sosial dalam upaya untuk meningkatkan penjualan secara keseluruhan. Kami menganut pendekatan yang sepenuhnya kuantitatif. Hasil dari penelitian ini akan dimasukkan ke dalam strategi brand ambassador Shopee. Shopee adalah platform e-commerce yang telah menerapkan teknik ini untuk meningkatkan penjualan dari tahun ke tahun. Shopee Indonesia melihat peningkatan volume transaksi yang signifikan pada kuartal kedua tahun 2020 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan 71,5 juta pengunjung unik pada kuartal pertama tahun 2020. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Meluasnya penggunaan media sosial dan kemudahan mengakses banyak platformnya memungkinkan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang terbukti cukup berhasil. Strategi-strategi tersebut berfokus pada peningkatan kesadaran konsumen akan keberadaan suatu merek melalui berbagai saluran online. Ada kemungkinan bahwa sebagian besar kesuksesan Shopee di Indonesia dapat dikaitkan dengan penggunaan pemasaran media sosial yang unik oleh perusahaan. Hal ini membantu perusahaan membedakan dirinya dari para pesaingnya dan mendorongnya ke garis depan pemikiran konsumen di Indonesia. Peningkatan basis pelanggan Shopee berkontribusi pada pertumbuhan eksponensial pendapatan perusahaan.

Kata Kunci: Strategi, Brand Ambasador, Brand Awarenes, Shopee, dan Penjualan

References

Akbar.Ali S.T. (2005). Menguasai Internet Plus Pembuatan Web. Bandung: M2S.

Anggraini, C. A., Perbawasari, S., & Budiana, H. R. (2018). Cyberbranding Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness Shopee Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Media. 2(2): 72.

Assauri, Sofjan. (2011). “Manajemen Pemasaran†edisi pertama, Jakarta: Rajawali Pers

Assauri, Sofjan. (2019). “Manajemen Pemasaranâ€. Jakarta: Rajawali Pers

Assumpta Rumanti, Sr Maria. (2002). “Dasar-dasar Public Relationss: Teori dan praktikâ€. Jakarta: PT. Grasindo

Basu Swastha dan Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta Diponegoro, Semarang.

Febriyan. & Supriono, S. (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awareness Pada Produk Internasional. Jurnal Administrasi Bisnis. 61(1): 74–79

Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen. 3(1): 1–18.

Iskandar. (2009). “Metodologi Penelitian Kualitatifâ€, Jakarta: Gaung Persada.

Komang Ayu Novita Sari. (2015). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, EJurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 10, oct. 2015

M. Nafarin. (2009). “Penganggaran Perusahaan†Jakarta: Salemba Empat

M. Nafarin. (2009). “Penganggaran Perusahaanâ€, Penerbit Salemba 4. Jakarta

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Pasuruan : Qiara MediaPenjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis. 29(1): 1–9.

Moleong, Lexy. (2002). “Metodologi Penelitian Kualitatifâ€, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pakpahan, Efendi. (2009). “Volume Penjualanâ€, Jakarta: PT. Bina Intitama Sejahtera Pembelian Via Internet pada Toko Onlineâ€. Jurnal Ekonomi Manajemen. Universitas

Pradana, M. (2015). Klasifikasi Jenis-Jenis Bisnis E-Commerce. Jurnal Neo-Bis. 9(2): 32–40.

Royan, Frans M. (2004). “Marketing Selebritiesâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santana K,Septiawan. (2005). “Jurnalime Kontemporerâ€, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Srisadono, Wahyu. (2018). Strategi Perusahaan E-Commerce Membangun Brand Community di Media Sosial Dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Jurnal Pustaka Komunikasi. 1(1): 167–179.

Sumarwan, Ujang. (2003). “Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaranâ€, Cetakan Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia

Tjiptono, Fandi. (2008). “Pemasaran strategiâ€,Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Yusiana, Rennyta dan Maulida, Rifaatul. (2015). Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond’s Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12