Strategi Pemasaran Produk Bancassurance Kolaborasi Dengan Perbankan
Abstract
Pada tahun 2014, masalah dan tuduhan kasus monopoli perdagangan oleh pihak asuransi yan dijual dengan paket bundling di produk perbankan pada PT Bank Rakyat Indonesia. Arahan Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk harmonisasi dengan ketentutan industri perbankan dengan penyelenggaraan produk Bank Umum (POJK 13/POJK.03/2021) dan mempermudah untuk izin kerja sama pemasaran produk asuransi pada bancassurance dengan tujuan memberikan perlindungan kepada nasabah. Model bisnis Bancassurance merupakan suatu program kerjasama antara suatu bank dengan perusahaan asuransi, dimana bank akan menjual produk asuransi dari perusahaan asuransi tersebut kepada para nasabahnya. Dalam model bisnis ini terdapat tiga cara yang dapat dilakukan, antara lain referensi, distribusi dan integrasi produk. Dalam Laporan Kinerja Industri Asuransi Jiwa Indonesia yang diumumkan AAJI pada Selasa (14/9/2021) dalam artikel koranbogor.com tanggal 9 Desember 2021, industri asuransi jiwa mencatatkan kenaikan total pendapatan sebesar Rp 46,74 triliun, menjadi Rp Rp 119,74 triliun di semester pertama tahun 2021. Model bisnis yang dilakukan oleh Perusahaan Asuransi dan Bank dapat menciptakan peluang pengembangan produk asuransi. Namun perlu pemetaan pemasaran yang baik, serta meningkatkan kerjasama dalam rangka memperluas pemasar (Agustina, dkk, 2021). Sejalan dengan sebuah penelitian bahwa Kerjasama Bancassurance perlu di kelola dengan baik, melalui pengembangan produk, segmentasi pelanggan, serta penggunaan teknologi digital dalam menghadapi era modern di masa depan (Abiyyu dan Asmara, 2020). Presentase pertumbuhan pendapatan di perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan BSI Kediri Kediri mencapai 23,76% dengan kontribusi pendapatan sebesar 8.264.541.621,96 pada tahun 2020 dan sebesar 11.357.769.973,50 pada tahun 2021 yang berasal dari mitra Kerjasama BSI di wilayah pemasaran Kediri. Kemudian kontribusi sebesar 2.269.937.723,82 pada tahun 2020 dan 2.459.193.071,44 pada tahun 2021 yang berasal dari mitra Kerjasama BPRS di wilayah pemasaran Kediri.
Kata Kunci : Asuransi, Bancassurance, Perbankan
References
Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027
’Kotler, P., & ’Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition (L. Albelli & S. Jackson, Eds.; 17th ed.). Pearson.
Purba, I. A., & Maghfiroh, S. F. (2022). PERAN MODEL BISNIS BANCASSURANCE MELALUI NASABAH BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PT AJS AL-AMIN KEDIRI. Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 1. https://doi.org/10.35194/arps.v2i1.2323
Wauran-Wicaksono, I. (2015a). AKTIVITAS BANCASSURANCE DALAM DUNIA PERBANKAN: ADAKAH PRAKTIK BUNDLING YANG MELANGGAR HUKUM PERSAINGAN USAHA? Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1), 77. https://doi.org/10.24246/jrh.2015.v9.i1.p77-90
Wauran-Wicaksono, I. (2015b). AKTIVITAS BANCASSURANCE DALAM DUNIA PERBANKAN: ADAKAH PRAKTIK BUNDLING YANG MELANGGAR HUKUM PERSAINGAN USAHA? Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1), 77. https://doi.org/10.24246/jrh.2015.v9.i1.p77-90
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.