Penggunaan Hashtag Untuk Strategi Pemasaran Di Sosial Media

Authors

  • Reyhan Raafianto Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sri Yanthy Yosepha

Abstract

Keberadaan internet saat ini sangat mengubah beberapa bagian yang pentin dalam dunia komunikasi dan pemasaran. Menurut Kotler & Amstrong (2017) bahwa penggunaan internet yang luas dan teknologi yang terbarukan dan kuat memiliki dampak signifikan untuk hubungan antara konsumen dan penjual. Internet telah berhasil mengubah hubungan dan cara interaksi antara konsumen dan penjual (Chistodoulides, 2009). Perusahaan Meta mengumumkan bahwa lebih dari 45 juta penduduk Indonesia adalah pengguna aktif di platform media sosial di tahun 2017. Angka tersebut adalah angka yang sangat signifikan untuk peningkatan jika dibandingkan dengan awal tahun 2016 yang hanya 22 juta pengguna aktif. Beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh manajemen perusahaan suatu brand untuk mempromosikan produk atau jasanya melalui media sosial seperti Instagram. Penggunaan fitur tanda tagar atau hashtag, tautan akun atau mention, tagging, dan pembagian lokasi atau location tagging  serta promosi berbayar atau paid promote. Bagi perusahaan menggunakan dan menciptakan hashtag engagement semakin meningkat, hal ini disebabkan persaingan yang kompetitif sejak pendirian program Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2015. Menurut Agustin dkk (2023), perusahan sebaiknya memiliki satu posisi jabatan yaitu social media officer (SMO) untuk melakukan semua aktifitas di media sosial. SMO melakukan juga sebuah penelitian dengan unsur 3 pertanyaan untuk kategori konten media sosial yang akan diunggah. SMO juga harus analisis seluruh hasil analitik media sosial yang telah disediakan di masing-masing platform. Analisa tiga lapis untuk mengetahui efektifitas penggunaan hashtag dan isi konten media sosial juga harus dilakukan. Tiga lapis analisa yaitu analisis media, analisi percakapan dan analisis jaringan.

Kata Kunci : Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran, Tanda Tagar

References

Cahyono, M. R. (2021). Fungsi komunikasi dan motivasi pengguna tanda tagar (#) di media sosial Indonesia. Islamic Communication Journal, 6(2), 191–210. https://doi.org/10.21580/icj.2021.6.2.7998

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing. Journal of Historical Research in Marketing, 9(2), 203–208. https://doi.org/10.1108/JHRM-11-2016-0027

’Kotler, P., & ’Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17th Edition (L. Albelli & S. Jackson, Eds.; 17th ed.). Pearson.

Rahmayanie, A. M., Afiffah, A. V., Anggraini, I. D., Hermawan, H. D., Mukhlasin, L., & Kurniawan, D. (2022). Efektivitas Digital Marketing Sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Marketing di Konveksi BUMDes. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19186

Zaki, M. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14–23. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.350

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12